Sukses

Menparekraf Sandiaga Uno: Individu Autisme Bisa Hasilkan Karya Luar Biasa Jika Diasah

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa orang-orang dengan autisme dapat terlibat dalam bidang ekonomi kreatif di Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno dalam Peringatan Bulan Peduli Autisme Sedunia 2021 yang diselenggarakan secara virtual pada Minggu (25/4/2021).

Mengutip siaran di Youtube Yayasan Autisma Indonesia, Sandiaga mengatakan bahwa individu dengan autisme memiliki cara pikir unik yang menurutnya bisa menjadi cikal bakal sebuah kreativitas.

"Apabila diasah dan diberi wadah akan menghasilkan karya-karya yang luar biasa," kata Sandi.

Dalam pesan yang direkam di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat itu, Sandi mengatakan bahwa perbedaan cara berpikir sesungguhnya merupakan kekayaan dari para penyandang autisme.

2 dari 4 halaman

Belajar Berpikir Out of the Box

"Kita justru dapat belajar bagaimana cara berpikir secara out of the box," kata Sandiaga Uno.

"Dan ini merupakan sudut pandang yang sangat dibutuhkan untuk bisa mewujudkan cita-cita kita semua membangun industri ekonomi kreatif Indonesia yang berjaya," tambahnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan bahwa para individu dengan spektrum autisme di Indonesia memiliki talenta yang beragam.

Sandi pun mengajak agar masyarakat Indonesia untuk bisa membuka kesempatan bagi orang-orang dengan autisme untuk bisa mengambil bagian dalam ekonomi kreatif di Tanah Air.

"Khususnya para pekerja kreatif Indonesia untuk bersama-sama merangkul dan membuka kesempatan bagi individu autistik agar dapat ikut berkarya dan menjadi bagian dari masyarakat ekonomi kreatif Indonesia," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini