Sukses

Ratusan Orang Tandatangani Petisi Menolak Penayangan Film Music Sia karena Menyinggung Autisme

Liputan6.com, Jakarta Aktivis Autisme meminta Sia, Penyanyi dari Australia untuk membatalkan perilisan film Music yang ia sutradarai karena keliru menggambarkan autisme.

Para aktivis autisme beserta orang-orang dengan spektrum autisme menganggap film tersebut menyinggung mereka karena representasi efek visual dan stereotip pemeran utamanya, Maddie Ziegler, yang berperan sebagai remaja dengan autisme nonverbal.

Hannah Marshall, seorang wanita dengan autisme dari Carolina Utara berhasil mengumpulkan lebih dari 500 orang yang menandatangani petisi yang ia sebarkan secara online untuk membatalkan pemutaran perdana film tersebut.

Adapun yang mereka kritisi dari trailer tersebut yaitu:

- Sia menggambarkan autisme dengan kemampuan khusus daripada disabilitas

- Sia mendapuk pemeran utama yang non autisme untuk memerankan remaja dengan autisme nonverbal

"Sebagai individu autisme, saya meminta agar film ini dibatalkan. Ini sangat menyinggung saya dan individu autisme lainnya. Sia tidak menunjukkan penyesalan dan melukai perasaan komunitas," tulis Marshall di petisi tersebut.

“Film ini tidak akan berdampak besar pada sejarah. Membatalkannya akan mengungkapkan bahwa intoleransi terhadap neurodivergence tidak dapat diterima dalam masyarakat saat ini. Sia dan rekan-rekannya memiliki jalan lain untuk menumpuk uang. Mereka akan bertahan meskipun tidak ada uang yang dihasilkan dari film autisme ini,” lanjutnya.

 

2 dari 4 halaman

Tanggapan Sia

Sia menanggapi, ia membuat film berdasarkan masukan dari beberapa orang dengan autisme yang ia temui. Ia bahkan sempat mencoba bekerja bersama seorang gadis muda cantik non verbal dengan spektrum autisme. "Namun gadis tersebut merasa proses pembuatan film ini tidak menyenangkan dan membuat stres. Oleh karena itu saya meng-casting Maddie," jawab Sia menanggapi komentar di bawah postingan trailer "music"-nya di twitter.

Sia menjelaskan alasannya menyutradarai film ini, "Film ini adalah surat cinta untuk pengasuh dan komunitas autisme. Saya memiliki pandangan unik saya sendiri tentang komunitas, dan merasa komunitas itu kurang terwakili dan terdorong untuk membuatnya." Ia bahkan sampai mengungkapkan bahwa jika filmnya membuatnya menjadi orang jahat, "saya lah yang jahat, tapi niatku luar biasa."

Rencananya, film Music yang juga dibintangi oleh Kate Hudson dan Leslie Odom Jr., akan dirilis di bioskop pada Februari 2021.

3 dari 4 halaman

Infografis 3 Kelompok Harus Dilindungi Saat Jaga Jarak Cegah Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: