Sukses

Tips Aman Saat Memasak Bagi Tunanetra, Harap Dimengerti

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan memasak bagi sebagian orang adalah hal biasa. Namun, bagi penyandang tunanetra kegiatan ini dapat terasa sulit dan membahayakan.

Dilansir dari Newz Hook, tunanetra sebetulnya dapat melakukan kegiatan ini. "Yang diperlukan hanyalah beberapa perubahan dalam penyimpanan dan penyusunan barang-barang di dapur."

Selain itu, produk yang tepat dapat membantu memastikan tunanetra memiliki pengalaman yang menyenangkan dan aman walau dengan gangguan penglihatan.

Seorang penyandang tunanetra, Shirin Kheriwala, mengadakan kelas memasak untuk orang-orang tunanetra di Mumbai. Ia sendiri belajar memasak dari ibunya.

"Ibu saya tidak ingin saya tumbuh dengan bergantung pada orang lain karena saya tunanetra. Dia mengajar saya ketika saya masih sangat muda," ujarnya pada Newz Hook.

Kheriwala mengatakan, dia ingin remaja, anak laki-laki dan perempuan tunanetra, merasakan rasa percaya diri yang sama di dapur.

2 dari 3 halaman

Mengatur Tata Letak

Cara yang efektif untuk bisa memasak sendiri adalah dengan menyusun tata letak alat dan bahan masakan. Kemudian, tempat menyimpan bumbu yang digunakan memiliki karakteristik masing-masing.

Misal, gula di botol kaca, garam di kaleng, dan sebagainya. Ini dapat membantu mengenali tekstur dengan mudah sebelum menggunakannya.

Untuk orang dengan gangguan penglihatan, tekstur dan bau sangatlah penting. "Saya selalu memastikan saya mencium bau bumbu yang saya butuhkan sebelum menaruhnya di masakan."

Keselamatan adalah aspek penting dan sementara beberapa luka bakar dan luka ringan tidak dapat dihindari untuk semua orang, tunanetra atau lainnya, penting untuk melindungi diri sebanyak mungkin.

Kheriwala menyimpan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting di gelas plastik kecil di sudut khusus meja dapur. "Selalu simpan gas yang lebih ringan dan pisau di tempat di mana Anda tidak akan menyenggolnya agar mengurangi kemungkinan terluka."

Ia juga menyarankan untuk hati-hati ketika memasak jangan sampai menyentuh wajan. Spatula yang direkomendasikan adalah spatula dengan gagang kayu.

"Semua ini mungkin terdengar sulit tetapi mengikuti secara teratur akan membuatnya menjadi kebiasaan dan mudah."

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: