Sukses

Wapres Ma'ruf Amin: Penyandang Disabilitas Tidak Butuh Santunan Tapi Pemenuhan Hak

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengatakan bahwa saat ini, penyandang disabilitas tidak lagi diposisikan sebagai mereka yang membutuhkan bantuan atau santunan. 

"Kita sudah memposisikan disabilitas ini sekarang tidak pada rezim kesejahteraan sosial tapi rezim hak asasi manusia," kata Wapres di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Selasa (3/12/2019).

Dalam sambutannya di perayaan Hari Disabilitas Internasional 2019, wapres mengatakan yang harus dipenuhi oleh penyandang disabilitas saat ini adalah hak, bukan santunan. 

Wapres mengatakan, ke depannya, negara akan mendorong kebijakan yang lebih inklusif terhadap penyandang disabilitas.

"Saat ini yang sedang diupayakan adalah mendorong koordinasi dan sinkronisasi program lintas kementerian dan lembaga, dan mengupayakan adanya insentif bagi pemerintag daerah yang mampu menciptakan pembangunan regional yang inklusif," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Dukungan dari dunia usaha

Selain itu, Ma'ruf juga berterimakasih kepada dunia usaha yang memberikan kesempatan bagi para penyandang disabilitas untuk berkembang tanpa mengesampingkan kebutuhan mereka. 

"Misalnya agar pekerja penyandang disabilitas tidak mengalami stres, perusahaan memberikan target produksi yang berbeda dan penyandang disabilitas diberikan kebebasan menentukan ritme kerja sendiri," katanya. 

 

3 dari 3 halaman

Upaya Pemerintah

Ma'ruf juga mengatakan pemerintah juga sedang berupaya meningkatkan sensitivitas pemahaman pendidikan dan perilaku berbagai pihak terhadap penyandang disabilitas.

Salah satunya melalui strategi kampanye publik yang komprehensif untuk mengurangi stigma dan memberikan materi pendidikan yang inkulsif dalam pembelajaran. 

"Kita berupaya agar masyarakat tidak memposisikan disabilitas secara diskriminatif. Jadi kita ingin membangun budaya masyarakat untuk menghargai dan memperlakukan disabilitas tidak lagi diskriminatif," kata Ma'ruf Amin. 

Ma'ruf Amin juga memberikan pesannya kepada para penyandang disabilitas. 

"Kobarkan terus semangat untuk meningkatkan kemampuan," katanya

"Jangan sekali-sekali berputus asa. Sumbangan saudara-saudara bagi bangsa dan negara, sangat dibutuhkan," tambah Ma'ruf Amin. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Kisah Nerissa Cannon, Lakukan Perjalanan Sejauh 3.700 KM Dengan Kursi Roda
Artikel Selanjutnya
Ma'ruf Amin Minta Kampus Islam Redam Penyebaran Paham Radikal