Sukses

Rp 22,4 Triliun Raib Imbas Pencurian Kripto pada Kuartal I 2024

Peretas menggandakan pencurian mata uang kripto lebih dari 2 kali lipat pada paruh pertama tahun 2024 dibandingkan dengan tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Peretas menggandakan pencurian mata uang kripto lebih dari dua kali lipat pada paruh pertama tahun 2024 dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal itu diungkapkan dalam laporan yang disusun oleh perusahaan riset blockchain, TRM Labs.

Mengutip CNBC International, Rabu (10/7/2024) laporan TRM Labs mengungkapkan bahwa peretas telah menjarah kripto senilai USD 1,38 miliar atau sekitar Rp.22,4 triliun antara periode 1 Januari dan 24 Juni 2024.

Jumlah tersebut menandai kenaikan lebih dari dua kali lipat dari USD 657 juta atau Rp.10,7 triliun yang dilaporkan pada periode yang sama tahun lalu.

Seperti tahun lalu, beberapa serangan besar mendorong peningkatan jumlah kripto yang dijarah, dengan lima peretasan teratas menyumbang 70% dari jumlah yang dicuri pada paruh pertama tahun ini.

Vektor serangan teratas pada tahun 2024 mencakup kompromi kunci pribadi dan frase awal, ungkap TRM Labs.

Sebagai informasi, frase awal adalah rangkaian kata acak yang menyimpan informasi yang diperlukan untuk mengakses atau memulihkan dompet kripto.

Pencurian terbesar sepanjang tahun ini terjadi pada aset kripto Bitcoin senilai lebih dari USD 300 juta atau Rp.4,8 triliun dari bursa kripto Jepang DMM Bitcoin.

Dilaporkan, peretas menggunakan kunci pribadi curian di mana penyerang mengirimkan sejumlah kecil kripto dari dompet dengan alamat serupa yang dibuat untuk meniru alamat pengguna atau penerima , dengan tujuan untuk mengelabui korban agar mengirim dana ke dompet yang salah.

Alamat kripto sendiri merupakan rangkaian karakter yang panjang dan rumit dan sulit untuk dihafal atau dimasukkan secara manual tanpa membuat kesalahan.

TRM Labs mengatakan belum ada perubahan mendasar dalam keamanan ekosistem kripto yang dapat berkontribusi pada peningkatan pencurian kripto tersebut.

Dikatakan bahwa jumlah serangan dan vektor serangan tidak berbeda secara signifikan dari tahun ke tahun.

Namun perusahaan tersebut mencatat bahwa harga kripto rata-rata lebih tinggi pada paruh pertama tahun ini, yang mungkin berkontribusi pada nilai yang lebih tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sasaran Peretasan

Perusahaan kripto sering menjadi sasaran peretasan dan serangan siber

Ini bukan pertama kalinya pencurian kripto melanda bursa.

Pada tahun 2014, pertukaran Crypto Mt. Gox mengajukan kebangkrutan pada tahun 2014 setelah serangkaian peretasan mencuri hingga 950,000 Bitcoin, yang bernilai lebih dari USD 54 miliar dengan harga saat ini.

Pada bulan November, sekitar USD 115 juta dicuri dari bursa HTX dan Heco Chain, dua platform kripto yang terkait dengan pengusaha terkenal Justin Sun.

Perusahaan kripto dapat memerangi peretasan dan eksploitasi dengan strategi pertahanan berlapis, termasuk langkah-langkah seperti audit keamanan rutin dan enkripsi yang kuat, menurut TRM Labs.

"Membimbing karyawan dan menerapkan strategi respons insiden yang komprehensif juga dapat membantu melindungi perusahaan," katanya.

3 dari 4 halaman

Arus Keluar Bitcoin Sentuh Rp 61,9 Triliun

Sebelumnya, Bitcoin (BTC) telah mengalami penurunan yang signifikan sejak awal bulan. Menariknya, meskipun terjadi penurunan, terdapat penarikan yang signifikan dari bursa. Baru-baru ini, Bitcoin telah menunjukkan pola yang menarik mengenai alirannya di bursa.

Dilansir dari Coinmarketcap, (9/7/2024), analisis data aliran di CryptoQuant mengungkapkan ada arus keluar yang lebih besar daripada arus masuk dalam beberapa hari terakhir. Data tersebut menyoroti tanggal 5 Juli sebagai hari yang penting, dengan arus keluar bersih lebih dari -68.500 BTC.

Selain itu, nilai ini merupakan yang tertinggi pada tahun ini, senilai sekitar USD 3,8 miliar atau setara Rp 61,9 triliun (asumsi kurs Rp 16.290 per dolar AS). Hari berikutnya juga mencatat arus keluar yang besar, dengan lebih dari -12,550 BTC meninggalkan bursa, bernilai sekitar USD 730,9 juta atau setara Rp 11,9 triliun.

Biasanya, pergerakan seperti itu dapat ditafsirkan sebagai sinyal bullish, yang menunjukkan bahwa pemegang aset memilih untuk mempertahankan asetnya daripada menjualnya, bahkan ketika Bitcoin menembus level support.

Perilaku ini sering kali mencerminkan ekspektasi kolektif di kalangan investor harga akan pulih, sehingga mendorong mereka untuk menarik kepemilikannya ke dompet mereka.

Di sisi lain, analisis AMBCrypto terhadap Bitcoin pada grafik jangka waktu harian menyoroti rata-rata pergerakan panjangnya, yang digambarkan oleh garis biru, saat ini bertindak sebagai level resistensi langsung. 

Analisis dari IntoTheBlock yang berfokus pada profitabilitas pemegang Bitcoin menunjukkan bahwa banyak yang saat ini mengalami kerugian. Indeks Global In/Out of Money mengungkapkan sekitar 5,43 juta alamat, terhitung hampir 64% dari seluruh pemegang, mengalami kerugian pada Bitcoin.

Sebaliknya, sekitar 2,87 juta alamat, mewakili hampir 34% pemegangnya, memberikan keuntungan.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Hari Ini 9 Juli 2024: Bitcoin Dkk Menguat Terbatas

Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada Selasa (9/7/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali pulih. Bitcoin naik tipis 0,37 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 9,95 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 56.651 atau setara Rp 922,8 juta (asumsi kurs Rp 16.290 per dolar AS).

Ethereum (ETH) turut menguat. ETH naik 2,72 persen sehari terakhir, tetapi masih terkoreksi 11,98 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 49,24 juta per koin.

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali naik. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat 3,61 persen, tetapi masih lesu 11,50 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 8,32 juta per koin.

Kemudian Cardano (ADA) kembali berada di zona hijau. ADA pulih 5,28 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih merosot 8,49 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 6.020 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali perkasa. SOL terbang 4,96 persen dalam sehari, tetapi masih terkoreksi 4,38 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 2,28 juta per koin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini