Sukses

Bos JPMorgan Kembali Sebut Kripto Skema Ponzi

Ketika ditanya apakah ada harapan untuk kripto, Dimon mengatakan jika banyak yang mengira kripto adalah mata uang, maka tidak ada harapan untuk itu. Menurutnya, kripto adalah skema Ponzi.

Liputan6.com, Jakarta Kepala eksekutif JPMorgan Chase, Jamie Dimon, belum berubah pikiran tentang bitcoin. Eksekutif tersebut masih bersikeras cryptocurrency adalah penipuan. Hal tersebut dia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg baru-baru ini.

“Kripto seperti bitcoin, saya selalu bilang itu penipuan,” kata Dimon dalam wawancara dengan Bloomberg, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (24/4/2024). 

Ketika ditanya apakah ada harapan untuk kripto, Dimon mengatakan jika banyak yang mengira kripto adalah mata uang, maka tidak ada harapan untuk itu. Menurutnya, kripto adalah skema Ponzi.

Namun, dia menjelaskan jika itu adalah koin kripto yang dapat melakukan sesuatu seperti, kontrak pintar, maka kripto tersebut memiliki nilai. 

“Akan ada kontrak pintar, dan blockchain berfungsi. Sejauh kripto mengakses hal-hal blockchain tertentu, ya itu mungkin memiliki beberapa nilai,” ujar Dimon. 

Dimon telah menjadi kritikus vokal terhadap bitcoin dan mata uang kripto secara keseluruhan. Pada Maret, CEO JPMorgan Chase menegaskan dia tidak akan pernah berinvestasi secara pribadi dalam bitcoin. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dia sering menyatakan kasus penggunaan cryptocurrency yang sebenarnya adalah perdagangan seks, penghindaran pajak, pencucian uang, dan pendanaan terorisme. Selama sidang Senat, dia mengatakan jika dia adalah pemerintah, dia akan menutup cryptocurrency. 

“Saran pribadi saya adalah jangan terlibat. Tapi saya tidak ingin memberi tahu siapa pun apa yang harus dilakukan. Ini adalah negara bebas,” jelasnya. 

Sambil mempertahankan sikap anti-bitcoinnya, Dimon mengakui minat kliennya terhadap mata uang kripto dan mendukung kebebasan mereka untuk berinvestasi. Bank investasinya adalah peserta resmi untuk dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) Blackrock, Ishares Bitcoin Trust (IBIT).

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini