Sukses

Harga Kripto Hari Ini 29 Maret 2024: Bitcoin Cs Kompak Parkir di Zona Hijau

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat. Bitcoin naik 2,45 persen dalam 24 jam dan 8,18 persen sepekan.

Liputan6.com, Jakarta Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Jumat (29/3/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat. Bitcoin naik 2,45 persen dalam 24 jam dan 8,18 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 70.821 atau setara Rp 1,12 miliar (asumsi kurs Rp 15.874 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) turut menguat. ETH naik 1,62 persen sehari terakhir dan 2,33 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 56,6 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga kembali menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB terbang 1,65 persen dan 5,16 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 9,25 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) masih berada di zona merah. ADA melemah 0,45 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 3,16 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 10.358 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali perkasa. SOL terbang 1,96 persen dalam sehari dan 5,54 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 2,99 juta per koin. 

XRP terpantau kembali berada di zona hijau. XRP menguat 2,33 persen dalam 24 jam tetapi masih melemah 1,63 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 9.988  per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) masih menguat. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 17,89 persen dan 43,35 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 3.460 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 2,67 triliun atau setara Rp 42.384 triliun. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Regulator Inggris Keluarkan Aturan Terkait Peredaran Meme Kripto di Medsos

Sebelumnya, regulator jasa keuangan Inggris mengumumkan aturan baru bagi perusahaan jasa keuangan dan influencer media sosial dalam membuat meme atau tentang mata uang kripto dan investasi lainnya.

Aturan tersebut dikeluarkan dalam upaya mengurangi risiko penipuan.Melansir CNBC International, Kamis (28/3/2024) Otoritas Perilaku Keuangan (FCA) Inggris mengatakan setiap pemasaran produk keuangan, termasuk yang diungkapkan dalam meme harus adil, jelas, dan tidak menyesatkan.

Badan pengawas tersebut mengatakan, influencer di sektor keuangan, atau "finfluencer" harus mendapat persetujuan dari perwakilan yang ditunjuk FCA sebelum menerbitkan iklan dan meme tentang produk dan layanan keuangan.

"Promosi bukan hanya soal suka, tapi soal hukum. Kami akan mengambil tindakan terhadap mereka yang menggembar-gemborkan produk keuangan secara ilegal," kata Lucy Castledine, direktur investasi konsumen di FCA.

"Media sosial tidak selalu menjadi tempat terbaik untuk mempromosikan produk yang kompleks. Perusahaan perlu mempertimbangkan apakah platform yang menawarkan karakter atau ruang terbatas adalah tempat yang tepat untuk melakukannya," tandasnya.

FCA mencatat, pada 2022, mereka menghapus lebih dari 10.000 iklan menyesatkan tentang jasa keuangan di Inggris. Badan tersebut juga menemukan bahwa penggunaan meme dalam promosi sangat lazim di industri mata uang kripto.

Meme kripto sangat lazim di Telegram, platform populer di kalangan penggemar mata uang digital. Reddit menjadi salah satu platform di mana kripto dibahas secara luas.

3 dari 3 halaman

Temuan di Sejumlah Plarform

FCA mendapati promosi menggunakan meme untuk meningkatkan investasi tertentu di ruang obrolan seperti Reddit dan Telegram.

Maka dari itu FCA mengingatkan, pengguna ruang obrolan dan forum perlu menyadari bahwa promosi finansial di saluran tersebut harus tetap tunduk pada aturan.

Penipuan meningkat tajam selama pandemi Covid-19 karena semakin banyak konsumen yang beralih ke platform online untuk kebutuhan perbankan dan investasi mereka.

FCA dilaporkan menjadi sangat agresif dalam periklanan kripto. Pada Oktober 2023, FCA mulai mewajibkan perusahaan yang ingin mempromosikan investasi kripto konsumen di Inggris diberi izin atau terdaftar pada regulator, atau pemasarannya disetujui oleh perusahaan resmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini