Sukses

Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman: Kripto Tak Bisa jadi Mata Uang, Kecuali Ada Kerangka Aturan

Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman menekankan, mata uang di India harus diterbitkan oleh bank sentral.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman mengklarifikasi sikap negaranya terhadap kripto di acara India Today Conclave 2024 pekan lalu.

"Menilai kembali posisinya? Posisinya selalu seperti ini, bahwa aset yang dibuat atas nama kripto dapat menjadi aset untuk diperdagangkan, aset untuk spekulasi, aset untuk menghasilkan uang, aset untuk banyak hal lainnya," ungkap Nirmala Sitharaman, menanggapi pertanyaan tentang apakah India akan menilai kembali posisinya terhadap kripto sehubungan dengan pemulihan harga Bitcoin.

"Saat itu kami belum mengaturnya. Kami belum mengaturnya sampai sekarang," kata Nirmala Sitharaman, dikutip dari News.bitcoin, Senin (18/3/2024).

Dia menambahkan, dirinya melihat Kripto tidak bisa menjadi mata uang. "Itulah yang selalu saya pegang dan itu juga merupakan posisi pemerintah India," katanya.

Sitharaman menekankan, bahwa mata uang di India harus diterbitkan oleh bank sentral, mengatakan kripto adalah “aset yang diciptakan untuk spekulasi, untuk perdagangan, atau untuk tujuan apa pun, dan masih tidak diatur di India."

Menteri Keuangan India melanjutkan: "Dan itulah mengapa kami pikir hal ini pantas untuk diangkat di forum G20 karena hal ini sangat didorong oleh teknologi dan akan berdampak pada pembayaran lintas batas dan sebagainya."

Ia memperingatkan: "Jika satu negara mengaturnya (kripto) dan negara lain tidak, hal ini akan menjadi cara yang mudah untuk mengalirkan uang, melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, atau mendanai obat-obatan, atau bahkan terorisme dan sebagainya."

"Hal ini telah diterima dengan sangat baik dan saya yakin akan ada kerangka kerja yang muncul," bebernya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin 18 Maret 2024: Bitcoin dan Etherum Bertahan Unggul

Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau mengalami pergerakan yang beragam pada Senin (18/3/2024).

Data dari Coinmarketcap per Senin (18/3/2024) menunjukkan bahwa nilai Bitcoin (BTC), kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar naik 2,09 persen dalam 24 jam.

Saat ini, harga BTC berada di level Rp. 1,052,154,496.60. Selanjutnya adalah Ethereum (ETH) yang naik 0,87 persen dalam 24 jam terakhir, saat ini berada di level Rp. 55,949,210.47 per koin.

Kripto selanjutnya, USDT kini berada di urutan ketiga terbesar namun nilainya turun 0,81 persen menjadi Rp15,635.45.

Adapun Solana (SOL) yang naik hingga 6,38 persen kini di level Rp. 3,065,876.42, dan Binance coin (BNB) turun 3,98 persen dalam 24 jam terakhir menjadi Rp. 8,661,239.85.

Kemudian XRP yang berada di zona hijau hari ini, naik 0,51 persen menjadi Rp9,721.78, sedangkan USC Coin (USDC) turun 0,81 persen menjadi Rp15,647.50.

ADA naik 0,56 persen dalam 24 jam terakhir, saat ini pada level Rp. 10,382.44 per koin, serta Koin Meme Dogecoin (DOGE) naik 5,69 persen, membuatnya diperdagangkan di level Rp2,417.38 per token.

Kemudian ada AVAX dengan kenaikan 7,56 persen dan kini bernilai Rp891,689.75 per koin.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level Rp 40,570.42 triliun, meningkat 1.94 persen selama sehari terakhir.

"Volume pasar kripto total selama 24 jam terakhir adalah Rp 2,171.18 triliun, yang membuat meningkat 2.16 persen," demikian tertulis dalam Coinmarketcap.

3 dari 4 halaman

India Pertahankan Pajak Kripto Tinggi

Sebelumnya diberitakan, Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman menyampaikan anggaran tahunan pemerintah untuk mempertahankan kebijakan pengurangan pajak di sumber (TDS) yang kontroversial untuk transaksi kripto. 

Banyak pihak berekspektasi akan ada perubahan pajak, tetapi tidak ada perubahan pajak pada transaksi kripto, termasuk pajak keuntungan sebesar 30% dan TDS sebesar 1% pada semua transaksi.

Hal ini terjadi meskipun ada upaya dari industri kripto dalam negeri dan studi dari lembaga yang berusaha keras untuk mengurangi TDS. Kurangnya perubahan pada kebijakan TDS sangat mengecewakan bagi industri kripto, mengingat hal ini telah menjadi masalah besar sejak diperkenalkan dua tahun lalu. 

Pertukaran kripto India telah berjuang untuk bertahan hidup, dengan banyak yang terpaksa memperluas landasannya sebagai respons terhadap TDS 1%. 

Ketua Bharat Web3 Association, Dilip Chenoy, badan kebijakan yang mengadvokasi sektor Web3 India, menyatakan optimisme yang hati-hati, dengan menyatakan mereka tidak mengharapkan perubahan signifikan dalam anggaran sementara namun sangat menantikan perubahan setelah pemilu. 

Chenoy menyoroti dampak negatif dari tingginya TDS dan tarif pajak penghasilan, yang menyebabkan pembuat dan konsumen pindah dari India, sehingga mempengaruhi prospek Web3 di negara tersebut.

Sebuah studi oleh Esya Center mengungkapkan pajak pemerintah telah mendorong sebanyak lima juta pedagang kripto untuk memindahkan transaksi mereka ke luar negeri, sehingga merugikan potensi pendapatan pemerintah sebesar USD 420 juta atau setara Rp 6,6 triliun sejak Juli 2022.

Meskipun pemerintah belum mengurangi pajak dalam dua tahun terakhir, baru-baru ini pemerintah mengambil tindakan terhadap bursa kripto luar negeri, yang pada gilirannya membawa aktivitas kripto kembali ke bursa India.

 

4 dari 4 halaman

Seorang Insinyur di India Jadi Korban Penipuan Kripto Senilai Rp 1,7 Miliar

Sebelumnya diberitakan, seorang insinyur di India berusia 53 tahun baru-baru ini menjadi korban penipuan investasi mata uang kripto yang mengakibatkan kerugian hingga USD 114.230 atau setara Rp 1,7 miliar (asumsi kurs Rp 15.656 per dolar AS).

Dilansir dari Coinmarketcap, Selasa (23/1/2024), korban yang tidak curiga, dibujuk ke dalam penipuan oleh seseorang bernama Sonia Shenoy, yang ia temui di Instagram dua tahun lalu. Shenoy dimaksudkan untuk mewakili perusahaan investasi global yang menangani Bitcoin (BTC).

Insinyur tersebut mempercayai representasi Shenoy dan memutuskan untuk menginvestasikan BTC senilai lebih dari USD 114.000 pada Januari 2023 lalu, menurut laporan. 

Pada Juli lalu, Shenoy, yang menjalin jaringan penipuan, memberi tahu korban keuntungan besar sebesar USD 240.000 atau setara Rp 3,6 miliar menantinya. 

Namun, untuk mendapatkan keuntungan ini ada syaratnya, Shenoy meminta korban membayar sejumlah uang untuk pengurangan pajak di sumber. Korban yang mempercayai Shenoy, mendapatkan jumlah yang diminta dengan mengambil pinjaman dari berbagai bank.

Seiring berjalannya waktu, kenyataan pahit muncul di benak sang insinyur keuntungan yang dijanjikan tidak lebih dari sekedar tipuan. Keuntungan yang diharapkan tidak pernah datang, membuat korban bergulat dengan kesadaran yang menyedihkan ia telah ditipu.

Kasus seperti ini bukan hal baru Bengaluru. Pada 2021, seorang pedagang kripto pemula dan dosen perguruan tinggi yang tinggal di kota tersebut kehilangan USD 12.000 atau setara Rp 184,9 juta karena penipu yang menyarankan agar ia diizinkan mengelola akun perdagangannya. Penipu menjanjikan keuntungan besar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.