Sukses

Harga Bitcoin Anjlok ke Level Rp 972,90 Juta, Ether hingga XRP Ikut Tergelincir

Harga Bitcoin terakhir kali lebih rendah 4 persen pada USD 64,061.09. Pada 24 jam terakhir, harga bitcoin merosot 5,14 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin memperpanjang penurunannya pada Selasa, 19 Maret 2024 dengan susut lebih dari USD 10.000 dari level tertinggi sepanjang masa pekan lalu.

Menurut Coin Metrics, nilai Bitcoin terakhir kali lebih rendah 4 persen pada USD 64,061.09. Sebelumnya, nilai Bitcoin sempat turun ke level USD 62,320.30, setelah mencapai rekor USD 73,679 pekan lalu. Pada perdagangan Rabu, 20 Maret 2024, harga bitcoin masih tertekan.

Harga bitcoin turun 5,14 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga bitcoin (BTC) anjlok 14,64 persen.Saat ini, harga bitcoin sentuh USD 61.836,74 atau sekitar Rp 972,90 juta (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.733)

"Ketika ETF membeli pasokan Bitcoin yang tersedia di pasar terbuka dan terus mengurangi likuiditas, kejadian ini bisa menjadi lebih sering terjadi, dan mungkin menyebabkan orang kehilangan kepercayaan terhadap integritas harga Bitcoin dan mulai mencari lebih jauh ke aset kripto lainnya," kata Bartosz Lipiński, CEO Cube.Exchange, dikutip dari CNBC International, Rabu (20/2/2024).

Langkah ini membantu menyeret  kripto lainnya lebih rendah.Ether menurun lebih dari 4 persen dan baru-baru ini diperdagangkan pada USD 3,304.61, setelah melampaui USD 4,000 pekan lalu untuk pertama kalinya sejak Desember 2021, penurunan yang telah diperkirakan beberapa analis setelah peningkatan jaringan Dencun.

Token yang terkait dengan Solana juga turun 8 persen, dogecoin turun 7 persen dan XRP tergelincir 2 persen. Di antara saham-saham terkait kripto, proxy bitcoin MicroStrategy anjlok 15 persen, sementara bursa kripto Coinbase turun 8 persen.

Saham pertambangan turun secara keseluruhan, dengan saham terbesar, Riot Platforms dan Marathon Digital, masing-masing turun sebesar 7 persen dan 8 persen.

"Secara keseluruhan, masuk akal jika kemunduran ini tidak berlangsung lama dan reli kembali terjadi, meskipun prospek resesi tahun depan membayangi pasar dan dapat meredam reli dengan cara yang tidak dapat kita perkirakan," ungkap Lipiński.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda Pelemahan Terlihat Pekan Lalu

Pelemahan Bitcoin dimulai pekan lalu ketika para pedagang mulai mengambil keuntungan setelah Bitcoin melonjak sekitar 70 persen dari awal tahun hingga puncaknya pada Rabu lalu.

Data dari CryptoQuant menunjukkan, terjadi lonjakan besar pada pemegang jangka pendek yang menjual Bitcoin mereka untuk mendapatkan keuntungan pada 12 Maret.

Selain itu, aksi ambil untung tersebut menyebabkan lonjakan likuidasi jangka panjang pada posisi leverage Bitcoin.

Sekitar USD 142 juta likuidasi panjang telah terjadi di seluruh bursa terpusat selama 24 jam terakhir pada hari Senin, menurut CoinGlass.

3 dari 4 halaman

Investor Dihimbau Hati-hati

Keberhasilan pengenalan dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin di AS awal tahun ini telah menjadi kontributor utama kenaikan Bitcoin, yang dimulai bahkan sebelum ETF diluncurkan untuk mengantisipasi persetujuan peraturan mereka.

Pada saat yang sama, minat investor dan permintaan Bitcoin yang lebih tinggi juga menyebabkan peningkatan leverage dan peningkatan volatilitas frekuensi tinggi.

Investor dan analis telah memperingatkan bahwa pedagang harus berhati-hati pada bulan Maret karena pergerakan harga yang lebih fluktuatif, dikombinasikan dengan peningkatan volume perdagangan, akan menyebabkan kemunduran dari tren naik jangka panjang Bitcoin.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

4 dari 4 halaman

Nilai Kepemilikan Bitcoin El Salvador Melonjak jadi Rp 3,1 Triliun

Sebelumnya diberitakan, kepemilikan bitcoin El Salvador memiliki laba yang belum direalisasi sebesar USD 84 juta atau setara Rp 1,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.491 per dolar AS) dari kepemilikan yang pertama kali diperolehnya pada September 2021.

Dilansir dari CoinDesk, Rabu (13/3/2024), kenaikan harga Bitcoin sebesar 250% selama setahun terakhir telah melambungkan perbendaharaan bitcoin negara Amerika Tengah menjadi lebih dari USD 206 juta atau setara Rp 3,1 triliun pada Selasa.

Ini merupakan peningkatan sebesar 69% dari modal awal sejauh ini. El Salvador menampung 2.681 BTC, data menunjukkan, memperoleh lebih dari 12 pembelian terpisah dengan biaya rata-rata USD 42.600 atau setara Rp 659,9 juta.

Pada 2021 jadi momen bersejarah El Salvador karena menjadi negara pertama yang mengakui bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Sejak itu, barang, jasa, dan pajak semuanya dapat dibayar dengan bitcoin.

Oleh karena itu, Presiden El Salvador, Nayib Bukele mengindikasikan dalam postingannya pada Selasa negara tersebut menghasilkan lebih banyak bitcoin dalam bentuk pendapatan dari layanan lain. 

Ini termasuk pendapatan dari program paspor kewarganegaraan, yang mengubah bitcoin menjadi dolar AS untuk bisnis lokal, penambangan bitcoin, dan pendapatan dari layanan pemerintah.

El Salvador juga memperkenalkan “VISA Kebebasan” pada Desember, membagikan tempat tinggal kepada maksimal 1.000 orang per tahun yang menginvestasikan setidaknya USD 1 juta atau setara RP 15,4 miliar dalam bentuk stablecoin bitcoin atau tether (USDT). 

Pendaftar yang berhasil menerima izin tinggal jangka panjang dan memiliki jalur menuju kewarganegaraan penuh, seperti yang dilaporkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.