Sukses

Harga Bitcoin Tembus Rp 1 Miliar, Upbit Indonesia Ingatkan Investor Jangan Terlena

Upbit menyebutkan bahwa faktor kunci momentum bullish harga kripto Bitcoin tersebut adalah proses halving yang dijadwalkan akan terjadi pada bulan April 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin menembus rekor tertinggi dan berada di atas Rp 1 miliar atau setara dengan USD 69.202 memasuki kuartal I 2024 ini. Ini adalah capaian harga tertinggi dalam sejarah yang sebelumnya dicetak pada November 2021 di harga USD 68.999.

Chief Operation Officer Upbit Indonesia Resna Raniadi mengatakan, kenaikan harga Bitcoin ini cukup fenomenal karena di atas prediksi banyak analis. Coingecko di akhir tahun lalu mempreiksi harga Bitcoin hanya akan tembus di angka USD 42.500 atau setara dengan 665 juta.

“Kenaikan nilai Bitcoin yang sudah melebihi Rp 1 miliar adalah pencapaian baru bagi seluruh ekosistem kripto. Ini menunjukkan kepercayaan yang semakin meningkat dari berbagai pihak terhadap peran Bitcoin dalam transformasi keuangan global, hal ini terlihat dengan naiknya harga Bitcoin juga mempengaruhi kenaikan harga-harga alt coin lain.” jelas dia dalam keterangan tertulis, Minggu (10/3/2024).

Upbit pun menyebutkan bahwa faktor kunci momentum bullish tersebut adalah proses halving yang dijadwalkan akan terjadi pada bulan April 2024, peluncuran BlackRock Bitcoin ETF pada bulan Januari sebelumnya, serta didukung oleh sentimen positif pasca peluncuran Bitcoin tersebut.

Tidak hanya itu, Upbit pun menyebutkan investor juga masih memperhatikan keputusan Ketua The Fed yang akan terjadi pada 6 - 7 Maret 2024 mengenai potensi kenaikan suku bunga. Keputusan tersebut berpotensi mempengaruhi sentimen pasar di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap inflasi dan potensi penyesuaian suku bunga.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Volatilitas Jadi Ciri Khas

Dalam pandangan Upbit, kenaikan Bitcoin tersebut menunjukkan adanya kepercayaan yang semakin meningkat yang kebanyakan berasal dari perusahaan besar maupun kecil terhadap potensi jangka panjang mata uang digital ini.

Dapat diartikan, institusi sudah mulai membuka diri terhadap aset digital. Hal tersebut juga mencerminkan perubahan dalam paradigma keuangan global, dimana aset digital semakin diterima dan dianggap sebagai bagian integral dari portofolio investasi modern.

Namun demikian, Upbit juga menekankan pentingnya untuk tetap waspada terhadap volatilitas yang merupakan ciri khas dari pasar kripto.

“Meskipun kenaikan nilai Bitcoin menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, volatilitas pasar kripto tetap menjadi faktor yang penting untuk diperhatikan. Kami menyarankan kepada para investor untuk melakukan riset dengan teliti, memantau pasar secara berkala, dan memahami risiko yang terkait dengan investasi dalam aset digital.”

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Hari Ini Sabtu 9 Maret 2024: Bitcoin Masih Perkasa Tapi Ethereum Terjungkal

Gerak harga kripto jajaran teratas terpantau tak kompak pada perdagangan Sabtu (9/3/2024). Harga bitcoin masih tetap di posisi hijau tetapi Ethereum mengalami tekanan.

Dikutip dari Coinmarketcap.com, harga kripto kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) menguat 1,05 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga bitcoin melambung 7,93 persen.

 Saat ini, harga bitcoin berada sekitar USD 68.192 atau kurang lebih Rp 1,06 miliar (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.638).

Harga kripto Ethereum (ETH) menguat melemah 0,29 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga Ethereum mampu menguat 11,42 persen. Kini, harga Ethereum berada di posisi Rp 60,69 juta.

Harga binance coin (BNB) catat penguatan terbesar dalam 24 jam terakhir. Harga BNB melesat 2,12 persen. Sedangkan dalam sepekan terakhir, harga BNB melambung 17,15 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi Rp 7,55 juta.

Harga solana (SOL) turun 0,57 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, harga solana melonjak 9,68 persen dalam sepekan terakhir. Kini, harga solana berada di posisi Rp 2,26 juta.

Berbeda dengan harga kemarin yang mampu melambung,harga XRP hari ini turun 2,06 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga XRP hanya mmapu menguat 0,88 persen. Saat ini, harga XRP berada di posisi Rp 9.644.

Harga cardano (ADA) turun dalam 3,76 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga ADA anjlok 4,46 persen. Kini, harga cardano berada di posisi Rp 11.256.

 

4 dari 4 halaman

Coin Lainnya

Sementara itu, harga dogecoin (DOGE) naik 4,84 persen selama 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga dogecoin terbang 12,28 persen. Kini, harga dogecoin berada di posisi Rp 2.601.

Harga shiba inu (SHIB) juga melambung tipis 12,77 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga SHIB meroket 79,35 persen. Saat ini, harga shiba uni berada di posisi Rp 0,5644.

Harga kripto hari ini seperti stablecoin tether USDT (USDT) turun 0,73 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDT turun 1,26 persen. Kini, harga USDT berada di posisi Rp 15.567.

Sementara itu, harga USDC turun 0,80 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDC melemah 1,44 persen. Saat ini, harga USDC berada di posisi Rp 15.541.

Kapitalisasi pasar kripto global melesat 1,64 persen menjadi Rp 40,192 triliun dalam satu hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini