Sukses

China Bentuk Grup Standarisasi untuk Metaverse

Grup standardisasi akan diintegrasikan oleh beberapa entitas termasuk universitas China, dan perusahaan seperti Huawei, Tencent, Baidu, Netease, dan Sense Time.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah China bertujuan untuk menciptakan standar untuk platform metaverse. Dalam surat edaran yang dirilis pada 19 Januari. Standar ini bertujuan untuk menetapkan aturan untuk organisasi platform metaverse dan pengembangan Yuanverse, proyek metaverse China.

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (24/1/2024), grup standardisasi akan diintegrasikan oleh beberapa entitas termasuk universitas China, dan perusahaan seperti Huawei, Tencent, Baidu, Netease, dan Sense Time. 

Proposal tersebut, didasarkan pada kebutuhan pengembangan industri dan manajemen industri, akan menerima masukan untuk rencana publisitas kelompok tersebut pada 18 Februari 2024.

Menurut para ahli, hype metaverse telah mereda dan digantikan oleh kecerdasan buatan (AI), teknologi baru lainnya, China tampaknya fokus untuk menjadi pemimpin di bidang ini. 

Pada September, empat kementerian China, termasuk Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China (MIIT) mengeluarkan rencana tiga tahun untuk meningkatkan pengembangan dan pertumbuhan inisiatif metaverse di negara tersebut.

Rencana tersebut mengharapkan terobosan dapat dicapai pada 2025 dalam berbagai aplikasi, termasuk teknologi metaverse, industri, dan kasus penggunaan.

Para ahli memperkirakan investasi ini akan mendorong perkembangan industri metaverse di China, karena laporan memperkirakan pergerakan ini akan memposisikan negara tersebut sebagai pusat metaverse global, melampaui perkembangan di Barat.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemerintah UEA Luncurkan White Paper yang Fokus pada Regulasi Metaverse

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) baru-baru ini meluncurkan buku putih atau White Paper yang diberi nama “Kerangka Tata Kelola Metaverse yang Bertanggung Jawab.” 

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Menteri Negara Kecerdasan Buatan dan Ekonomi Digital UEA, Omar Sultan Al Olama, dokumen ini menyoroti pentingnya standar operasional terkait metaverse yang diterima secara global.

Menteri tersebut menambahkan buku putih, yang dibuat bersama dengan bursa kripto Okx, tidak hanya menggarisbawahi potensi metaverse tetapi juga area di mana komunitas global harus memperkuat kesiapannya. Namun, Al Olama memperingatkan ada beberapa hal yang masih membutuhkan dialog lebih lanjut dalam rencana ini. 

Penerimaan dan Legitimasi

Dalam buku putih setebal 35 halaman, penulis dokumen tersebut mendukung pentingnya pengaturan mandiri dan menjelaskan mengapa kerja sama internasional diperlukan.

“Penetapan prinsip pengaturan mandiri minimum bersama melalui kerja sama internasional adalah salah satu pendekatan yang mungkin dilakukan untuk mengatasi tantangan ini,” isi dokumen tersebut, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (13/11/2023).

Para penulis dokumen menambahkan ketika hal ini dilakukan akan membantu ruang angkasa mengatasi masalah penerimaan dan legitimasi. 

Sementara itu, dalam pernyataan persnya, Kementerian UEA mengakui kesenjangan yang signifikan masih ada dan hal ini disebabkan oleh tidak adanya peraturan yang seragam atau kode etik global untuk beroperasi dalam ekosistem yang sedang berkembang ini.

 

 

3 dari 4 halaman

Dear Blink, Blackpink Siap Guncang Metaverse Lewat Roblox

Sebelumnya diberitakan, Girlband asal Korea Selatan, Blackpink siap hadir di Roblox. Grup besutan YG Entertainment itu membuat sejarah tahun ini sebagai grup K-pop pertama yang menjadi headline Coachella, dan sekarang menuju metaverse melalui Roblox dengan meluncurkan 'Blackpink the Palace'.

Melansir laman DeCrypt, Selasa (22/8/2023), pengalaman ini akan memberikan Blink, sebutan bagi para penggemar Blackpink ruang interaktif untuk menikmati musik Blackpink dan berkumpul hingga menciptakan kembali koreografi terkenal mereka.

Penggemar juga dapat mengambil foto dengan avatar para member antara lain Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rosé, serta membeli serangkaian pakaian dan emoji khusus untuk avatar mereka sendiri. Pengguna juga akan dapat meningkatkan item pengalaman mereka dengan menghancurkan kristal menggunakan 'lightstick', pernak-pernik menyala yang berbentuk seperti palu.

Blackpink The Palace akan diperbarui dengan konten baru sepanjang tahun dengan serangkaian tantangan yang akan memberi pemain Robux, mata uang dalam game Roblox. Dunia Roblox bertema Blackpink akan diluncurkan 25 Agustus, dan telah dikembangkan oleh studio Inggris Karta. Setiap penggemar yang mengunjungi game dalam 24 jam pertama setelah rilis akan menerima lencana unik untuk profil Roblox mereka.

“Kami menantikan untuk menyambut para penggemar dari seluruh dunia ke istana virtual yang indah di mana mereka dapat berpesta, terhubung, dan merasakan segala sesuatu yang Blackpink melampaui batasan waktu dan ruang,” kata Kepala Divisi IPX di YG Plus, Hyojung Lee dalam sebuah pernyataan.

 

4 dari 4 halaman

Adakan Konser

Roblox memulai tahun ini dengan mengadakan konser dalam game dari boyband K-pop NCT 127. Tahun lalu, sesama bintang K-pop Stray Kids dan Sunmi membantu meluncurkan Roblox Island resmi di Spotify dengan acara temu sapa, alat produksi musik, dan merchandise virtual.

Sementara itu, Blackpink memenangkan penghargaan “Performa Metaverse Terbaik” untuk pertama kalinya di MTV VMA 2022 atas kolaborasi mereka dengan battle royale shooter PUBG Mobile. Grup ini juga berkolaborasi dengan platform metaverse Korea Selatan Zepeto, yang berekspansi ke dunia NFT dengan platform ZTX di jaringan penskalaan Ethereum Arbitrum.

K-pop dengan cepat menjadi acara reguler di dunia metaverse setelah beberapa konser virtual global terkemuka disiarkan selama pandemi ini, termasuk dari grup-grup terkenal seperti BTS dan Twice. Hal ini memungkinkan mereka menjangkau audiens global secara daring. Ini adalah langkah yang didukung oleh pemerintah Korea Selatan, yang dilaporkan menginvestasikan USD 170 juta dalam pengembangan metaverse pada 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.