Sukses

Harga Bitcoin Melonjak Sentuh Rp 569,4 Juta, Ini Penyebabnya

Bitcoin menembus angka USD 37.000 atau setara Rp 569,4 juta (asumsi kurs Rp 15.392 per dolar AS), dan masih naik 2 persen selama 24 jam terakhir

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin melonjak hampir 3 persen setelah kandidat presiden Argentina pro-crypto terpilih jadi presiden baru Argentina. Dia berhasil mengalahkan menteri ekonomi Argentina dalam pemilihan presiden negara tersebut.

Bitcoin menembus angka USD 37.000 atau setara Rp 569,4 juta (asumsi kurs Rp 15.392 per dolar AS), dan masih naik 2 persen selama 24 jam terakhir, setelah Javier Milei, seorang tokoh populis yang menyebut dirinya seorang anarko-kapitalis dan libertarian, dinobatkan sebagai presiden baru Argentina. 

Milei telah mendapatkan audiensi di Argentina dan di antara para penganut kripto sebagian karena proposal ekonomi radikalnya seperti menghilangkan bank sentral negara tersebut.

Milei bersahabat dengan mata uang kripto, terutama token paling populer, Bitcoin. Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Argentina, Clarín, dia mengamuk terhadap bank sentral dan politisi, menambahkan Bitcoin adalah reaksi alami terhadap penipuan yang dilakukan oleh bank sentral.

"Yang diwakili oleh Bitcoin adalah pengembalian uang kepada pencipta aslinya, yaitu sektor swasta,” katanya, dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (21/11/2023). 

Tak Mendukung Bitcoin Jadi Alat Pembayaran

Ekonom berusia 53 tahun ini mungkin ramah terhadap Bitcoin tetapi dia tidak mendukung menjadikannya alat pembayaran yang sah seperti yang dilakukan Presiden El Salvador Nayib Bukele pada 2021. 

Milei mengatakan dia berencana untuk mendolarisasi perekonomian Argentina dalam upaya melawan lebih dari 140 negara. Beberapa tokoh kripto terkemuka telah memberi selamat kepada presiden terpilih, termasuk pendiri MicroStrategy Michael Saylor dan Arthur Hayes, salah satu pendiri pertukaran kripto BitMEX.

Meskipun pandangan libertarian Milei mengenai perekonomian terbukti populer di kalangan masyarakat Argentina, sikap radikal politisi tersebut terhadap isu-isu lain telah mengasingkan isu-isu lain. 

Milei secara aktif menentang pendidikan seks dan gerakan feminis, dan dia mengatakan manusia bukanlah penyebab perubahan iklim global, hal ini bertentangan dengan konsensus ilmiah yang hampir disepakati secara bulat.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Kripto pada 21 November 2023

Sebelumnya diberitakan, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada Selasa, (21/11/2023). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat 1,67 persen dalam 24 jam dan 2,81 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 36.993 atau setara Rp 578,2 juta (asumsi kurs Rp 15.392 per dolar AS).

Ethereum (ETH) turut menguat. ETH naik 2,66 persen sehari terakhir, tetapi masih melemah 1,50 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 31,2 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 4,17 persen dan 5,31 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 3,93 juta per koin. 

Kemudian kripto Cardano (ADA) kembali berada di zona hijau. ADA naik 1,31 persen dalam 24 jam terakhir dan 7,39 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.930 per koin.

 

3 dari 4 halaman

Harga Solana

Adapun Solana (SOL) kembali lesu. SOL melemah 5,75 persen dalam sehari, tetapi masih menguat 9,27 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 982.713 per koin. 

XRP terpantau kembali berada di zona merah. XRP ambles 0,94 persen dalam 24 jam dan 5,95 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 9.501 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali melemah. Dalam satu hari terakhir DOGE turun 1,42 persen, tetapi masih menguat 1,27 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.226 per token.

Harga kripto hari ini stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC) sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,42 triliun atau setara Rp 21.852 triliun. 

 

4 dari 4 halaman

Commerzbank AG Terima Lisensi Penyimpanan Kripto di Jerman

Sebelumnya diberitakan, Commerzbank AG pada Rabu, 15 November 2023 mengumumkan mereka telah menerima lisensi penyimpanan kripto di Jerman, yang dikatakan akan memungkinkannya meluncurkan berbagai macam layanan aset digital, dengan fokus pada aset kripto.

Dilansir dari Bitcoin.com, Jumat (17/11/2023), layanan ini akan ditujukan untuk klien institusi dan korporat, dan produk pertama adalah layanan kustodi untuk cryptocurrency bitcoin dan eter. Menurut perusahaan tersebut, akuisisi Lisensi Penitipan Kripto oleh Commerzbank adalah langkah monumental dalam perjalanan bank menuju ruang aset digital. 

Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Perbankan Jerman (KWG), lisensi ini memberdayakan Commerzbank untuk mengelola dan menyimpan aset kripto dengan aman.

Commerzbank berdiri sebagai entitas perbankan besar di Jerman. Melayani sekitar 26.000 kelompok nasabah korporat, bank ini juga memperluas layanannya ke hampir 11 juta nasabah individu dan usaha kecil di Jerman.

Lisensi ini dipandang sebagai pendorong penting bagi bank untuk menggali lebih dalam layanan aset digital, sejalan dengan meningkatnya permintaan akan solusi manajemen aset kripto yang aman dan patuh. 

Pengumuman bank tersebut menjelaskan tujuan langsung Commerzbank adalah membangun platform aman yang mematuhi standar peraturan untuk klien institusionalnya.

Platform kripto Commerzbank akan fokus pada penyediaan layanan penyimpanan aset digital, memanfaatkan teknologi blockchain. Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi bank yang lebih luas untuk mengintegrasikan inovasi digital ke dalam penawaran layanannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini