Sukses

Superstate Kumpulkan USD 14 Juta untuk Modernisasi Investasi Pakai Alat Bergaya Kripto

Superstate berencana pakai uang tersebut untuk bangun tim dan mengembangkan dana swasta yang akan memungkinkan investor institusional pakai fitur-fitur yang dapat diprogram yang akrab dengan kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Robert Leshner adalah pionir kripto, yang dikenal karena meluncurkan protokol DeFi Compound yang sangat sukses dan memperkenalkan banyak orang ke dunia perdagangan otomatis dan terdesentralisasi. Ia sedang membangun usaha baru, Superstate, yang bertujuan memanfaatkan fitur-fitur terbaik DeFi dan menerapkannya pada dunia keuangan arus utama.

Pada Rabu, Superstate mengumumkan telah mengumpulkan putaran Seri A senilai USD 14 juta yang dipimpin oleh Distributed Global dan CoinFund. Perusahaan menolak untuk mengungkapkan penilaian, yang terjadi setelah Superstate mengumpulkan putaran awal senilai USD 4 juta pada Juni.

Melansir Yahoo Finance, ditulis Jumat (17/11/2023), Superstate berencana menggunakan uang tersebut untuk membangun timnya dan mengembangkan dana swasta yang akan memungkinkan investor institusional memanfaatkan fitur-fitur yang dapat diprogram yang akrab dengan dunia kripto.  

Dalam praktiknya, hal ini mengharuskan investor memperoleh versi token dari obligasi atau aset umum lainnya, dan memperdagangkan atau meminjamkannya pada platform mirip Uniswap, layanan yang mengandalkan kontrak pintar untuk melakukan transaksi berbunga.

Leshner mengatakan, akan memakan waktu berbulan-bulan atau lebih sampai produk tersebut dapat dipasarkan. Untuk saat ini,ia menjelaskan, Superstate tidak hanya fokus pada pembangunan saluran keuangan untuk mewujudkan hal ini, tetapi juga mendapatkan izin peraturan yang diperlukan untuk menawarkan produk di AS.

Ide untuk menerapkan blockchain dan alat bergaya DeFi pada keuangan konvensional bukanlah hal baru. Pada 2018, startup seperti Harbour menyebut “token keamanan” aset digital yang didukung oleh aset dunia nyata sebagai aplikasi pembunuh untuk kripto yang akan memudahkan perdagangan real estat dan berbagai macam aset lainnya di blockchain.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Timbulkan Pertanyaan

Meskipun gagasan ini mungkin memiliki daya tarik intuitif, gagasan ini tidak pernah diterima pada saat itu, sehingga menimbulkan pertanyaan apakah Superstate akan memberikan hasil yang lebih baik.

Leshner yakin hal itu akan terjadi, sebagian besar karena lanskap kripto dan investasi sangat berbeda dibandingkan lima tahun lalu. Dia mengatakan banyak investor tidak hanya akrab dengan manfaat pertukaran aset di blockchain tetapi juga ingin menggunakannya untuk perdagangan arus utama.

Leshner menambahkan, di masa lalu, investor tradisional yang akrab dengan blockchain menjauhinya karena infrastruktur perdagangan blockchain terbatas dan karena aset yang tersedia untuk diperdagangkan biasanya terbatas pada token kripto eksotik.

"Saat ini, jumlah pengembang 100 kali lipat dibandingkan saat itu. Dunia siap menerima dana tokenisasi,” kata Leshner.

Perkembangan terkini dalam dunia perbankan menunjukkan kemungkinan besar dia benar. Hal ini termasuk perusahaan seperti JPMorgan dan HSBC yang membangun layanan blockchain untuk memperdagangkan ekuitas dan komoditas. Kecepatannya masih bersifat bertahap tetapi mendukung tesis Leshner bahwa investor profesional lebih terbuka untuk mengintegrasikan alat bergaya kripto sebagai bagian dari operasi mereka.

 

 

3 dari 4 halaman

Tujuan Superstate

Superstate bertujuan meluncurkan yang pertama pada awal tahun depan asalkan dapat memperoleh izin SEC yang diperlukan. Leshner mengatakan rangkaian produk awalnya akan dibangun di atas Ethereum tetapi mungkin akan menambahkan blockchain lain di kemudian hari.

"Pendekatan Superstate terhadap tokenisasi akan menjembatani kesenjangan antara produk keuangan berkualitas tinggi dan keuntungan besar serta inovasi yang siap ditawarkan DeFi kepada keuangan tradisional,” kata CEO CoinFund Jake Brukhman dalam sebuah pernyataan.

Investor lain di Seri A Superstate termasuk Breyer Capital, Galaxy, Arrington Capital, Road Capital, CMT Digital, Folius Ventures, Nascent, Hack VC, Modular Capital, dan Department of XYZ.

4 dari 4 halaman

Uni Eropa Tetapkan Aturan Modal dan Likuiditas Penerbit Stablecoin

Sebelumnya diberitakan, pengawas perbankan Uni Eropa menetapkan proposal yang mewajibkan penerbit stablecoin untuk memiliki dana yang cukup untuk menebus investor sepenuhnya dan mengusulkan persyaratan modal dan likuiditas minimum untuk penerbit stablecoin dan jenis token digital lainnya.

EBA meluncurkan konsultasi publik mengenai persyaratan likuiditas untuk cadangan aset yang mendukung stablecoin, yang berarti hanya aset yang memenuhi syarat dengan kualitas cukup tinggi yang dapat digunakan.

Tujuannya adalah untuk memastikan aset-aset tersebut dapat dijual dengan cepat guna mengumpulkan uang tunai untuk membayar penebusan bahkan di pasar yang sedang tertekan, yang merupakan kunci untuk menghentikan penjualan dan penularan krisis

EBA mengatakan penerbit stablecoin yang didukung oleh suatu mata uang harus dapat menawarkan penebusan penuh yang setara dengan investor..

“Setelah penerapan pedoman tersebut, pengawas dapat memperkuat persyaratan likuiditas emiten terkait untuk menutupi risiko-risiko tersebut berdasarkan hasil stress test likuiditas,” kata EBA dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (15/11/2023).

Stablecoin yang didukung oleh aset seperti emas, hanya perlu menawarkan penebusan sesuai harga pasar yang berlaku untuk aset tersebut pada saat penebusan. 

Bank-bank dikecualikan dari persyaratan likuiditas dalam beberapa kasus, mengingat bank-bank tersebut telah memiliki penyangga likuiditas berdasarkan peraturan permodalan dan likuiditas bank UE yang ada, kata EBA.

Aturan likuiditas yang diusulkan memastikan penerbit stablecoin, yang dapat berupa lembaga non-bank, memenuhi perlindungan yang sama, dan juga menghindari keuntungan modal atau likuiditas yang tidak adil terhadap bank.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.