Sukses

Meneropong Prospek Harga Bitcoin di Tengah Sentimen Shutdown Pemerintahan AS

Harga bitcoin telah merosot 1,6 persen. Saat ini, harga bitcoin hadapi sentimen penutupan pemerintahan Amerika Serikat atau shutdown.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin (BTC) meski masih berada di jalur untuk mengakhiri kerugian selama enam tahun berturut-turut pada September 2023, kemunduran kecil menjelang penutupan atau shutdown pemerintah federal dapat membahayakan kemajuan yang ada pada bulan ini.

Kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar berpindah tangan pada USD 26.800 selama jam Jumat sore, membukukan pengembalian 3,2 persen pada September sejauh ini. Namun, BTC telah turun 1,6 persen dari USD 27,400 yang disentuhnya dalam waktu singkat pada Kamis.

Memperpanjang aksi harga yang lemah ini hingga akhir pekan dapat membahayakan pengembalian bulanan positif sementara BTC karena kripto dimulai pada September dengan harga hanya sekitar USS 26.000.

Ether (ETH) sebagian besar diperdagangkan datar di sekitar USD 1.660, karena pelaku pasar mengantisipasi dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) berbasis berjangka untuk diluncurkan awal minggu depan.

XRP Ripple, SOL Solana, dan token asli jaringan Tron, TRON, membukukan kenaikan 3-5 persen, mengungguli pasar aset digital yang lebih luas. Indeks Pasar CoinDesk (CMI) turun 0,5 persen.

"Ketidakpastian makro yang menindas masih menjadi hambatan besar," Analis Makro Noelle Acheson, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (30/9/2023)

Dia bilang, pasar obligasi di seluruh dunia menunjukkan tanda-tanda tekanan, karena imbal hasil (yield) telah mencapai rekor multi-tahun di Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan Jepang, dan masih banyak lagi pasar lainnya.

Shutdown Pemerintah AS Menambah Ketidakpastian

Menurut ia, penutupan pemerintahan AS yang semakin dekat menambah ketidakpastian dan mencatat pertumbuhan belanja konsumen AS pada kuartal II direvisi lebih rendah, sebuah indikasi konsumen mungkin tidak begitu tangguh terhadap pengetatan kondisi keuangan.

“Meskipun hal ini terdengar menakutkan, selama 21 kali penutupan pemerintahan [di masa lalu], S&P 500 naik 55 persen, menghasilkan imbal hasil rata-rata 0,3 persen,” tulis perusahaan penasihat Asgard Markets dalam laporan pasar pada Jumat.

Perusahaan investasi aset digital NYDIG mengatakan penutupan pemerintah dapat menunda keputusan peraturan, karena staf Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) akan dikurangi secara drastis.

"ETF bitcoin spot harus menunggu sampai karyawan SEC kembali dari kemungkinan cuti,” tulis Greg Cipolaro selaku kepala penelitian NYDIG, dalam laporan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prediksi Harga Bitcoin

Bagaimana harga bitcoin (BTC) selanjutnya?

Namun, pasar kripto bertahan dengan baik baru-baru ini dibandingkan dengan aksi jual saham. Meskipun gambaran makro nya sulit, Asgard memiliki prospek aset berisiko yang lebih konstruktif pada kuartal IV.

"BTC dan ETH sekarang mencoba untuk menembus ke atas di luar kisaran yang ditetapkan dalam satu setengah bulan terakhir. Kami mencari pergerakan jangka pendek antara USD 28,500 dan USD 30,000, selama BTC tidak menelusuri kembali di bawah 26,000," kata Asgard.

Secara historis, Oktober biasanya merupakan bulan bullish bagi bitcoin. Kepala Riset Matrixport Markus Thielen menunjukkan bahwa selama 10 tahun terakhir, delapan kali pada Oktober, pasar sebenarnya naik dengan rata-rata 22 persen. Selain itu, setelah suku bunga menjadi dovish, bitcoin akan terjadi dengan cukup agresif.  

Thielen juga berpendapat penambang bitcoin, khususnya Marathon Digital, memasuki kuartal berikutnya dengan operasi yang jauh lebih efisien.

Pada saat yang sama, halving masih ada dalam pikiran semua orang: Marathon Digital, menurut Thielen, memperkirakan biaya penambangan mereka akan meningkat dari USS 24,000 menjadi USD 29,000 per bitcoin.

"Meski demikian, kita harus benar-benar mengumpulkan di atas 30.000,” ujar dia.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto pada 30 September 2023

Sebelumnya, harga kripto jajaran teratas mayoritas bergerak di zona hijau pada perdagangan Sabtu pagi (30/9/2023). Namun, harga bitcoin anjlok.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) merosot 0,70 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan sepanjang pekan terakhir, harga bitcoin naik 1,15 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 26.909 atau sekitar Rp 416,55 juta (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.480).

Sementara itu, harga Ethereum (ETH) melonjak 0,92 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga Ethereum melambung 4,59 persen. Kini, harga Ethereum berada di posisi USD 1.669,84 atau sekitar Rp 25,84 juta.

Harga binance coin (BNB) berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga binance coin naik 0,06 persen. Selama sepekan terakhir, harga BNB melesat 1,91 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 215,35.

Harga XRP melesat 1,04 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga XRP juga naik 1,04 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,5168.

Harga dogecoin (DOGE) melejit 1,17 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga dogecoin bertambah 0,97 persen. Saat ini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,06222.

Harga cardano (ADA) naik 0,37 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga cardano bertambah 1,91 persen. Kini, harga cardano berada di posisi USD 0,25.

 

4 dari 4 halaman

Harga Solana

Harga solana (SOL) melesat 2,69 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga solana melambung 4,97 persen. Saat ini, harga solana berada di posisi USD 20,41.

Harga tron (TRX) bertambah 2,13 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga tron melambung 7,02 persen. Kini, harga tron berada di posisi USD 0,08922.

Harga kripto hari ini seperti Tether USDT (USDT) berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDT turun 0,01 persen. Saat ini, harga USDT berada di posisi USD 0,9999.

Harga USDC berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga USDC naik 0,01 persen. Dalam sepekan terakhir, harga USDC naik 0,01 persen. Kini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto melemah 0,09 persen dalam satu hari menjadi USD 1,07 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.