Sukses

Tipu Investor, Pendiri Penambangan Kripto Ponzi Dijatuhi Hukuman 12 Tahun Penjara

Jaksa Amerika Serikat untuk Distrik Selatan New York Damian Williams mengatakan, Pablo Rodriguez “memangsa” investor yang tidak canggih dengan janji palsu dana mereka diinvestasikan kripto yang sah.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pendiri AirBit Club telah dijatuhi hukuman 12 tahun penjara. Tujuh bulan sebelumnya, salah satu pendiri AirBit Club, Pablo Rodriguez, mengaku bersalah atas tuduhan konspirasi penipuan di Pengadilan Distrik Amerika Serikat pada Maret.

Pelaku telah menipu investor lebih dari USD 100 juta. Jaksa Amerika Serikat untuk Distrik Selatan New York Damian Williams mengatakan, Rodriguez “memangsa” investor yang tidak canggih dengan janji palsu dana mereka diinvestasikan ke dalam operasi perdagangan dan penambangan kripto yang sah.

"Alih-alih berinvestasi atas nama investor, Rodriguez menyembunyikan uang korban dalam skema pencucian yang rumit menggunakan Bitcoin, rekening perwalian pengacara, dan perusahaan cangkang dan depan internasional serta menggunakan uang korban untuk memenuhi kantongnya sendiri," kata dia dikutip dari Cointelegraph, Rabu (27/9/2023).

Hakim Pengadilan Distrik George B. Daniels menjatuhkan tambahan tiga tahun pembebasan dengan pengawasan untuk Rodriguez, yang akan mengikuti hukuman penjara 12 tahun yang dijatuhkan padanya.

Terdakwa penipu diperintahkan untuk membayar denda sebesar USD 65 juta dan kehilangan barang-barang lainnya, termasuk total 3.800 Bitcoin (BTC) (senilai USD 100 juta), kediaman Rodriguez di Irvine di California, USD 900.000 yang disita dari properti dan hampir USD 1 juta yang sebelumnya disimpan di escrow untuk Gulfstream Jet.

Terdakwa lainnya Dos Santos, Scott Hughes, Cecilia Millan dan Karina Chairez juga telah mengaku bersalah dan sedang menunggu putusan hukuman.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Peroleh Keuntungan dari Penambangan

AirBit Club diluncurkan pada 2015. Calon investor diberitahu AirBit Club memperoleh keuntungan dari penambangan dan perdagangan mata uang kripto dan bahwa korban akan mendapatkan keuntungan harian yang pasif dan terjamin dari setiap keanggotaan yang dibeli.

Namun, pada awal 2016, anggota klub yang ingin menarik dananya dihadapkan pada alasan, penundaan, dan biaya tersembunyi serta diberitahu bahwa mereka harus merekrut anggota baru jika ingin menerima keuntungannya.

Operator klub, termasuk Rodriguez didakwa melakukan penipuan dan pencucian uang oleh DOJ pada Agustus 2020 setelah penyelidikan oleh Investigasi Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat.

Pada 2022, dana senilai USD 7,6 miliar hilang karena skema ponzi dan piramida mata uang kripto, menurut laporan pada 28 Juni oleh perusahaan intelijen blockchain TRM Labs.

 

3 dari 6 halaman

Regulator Filipina Berkolaborasi dengan SEC AS Untuk Memerangi Penipuan Kripto

Sebelumnya. untuk memerangi penipuan kripto, Komisi Sekuritas dan Bursa Filipina (SEC) telah bekerja sama dengan SEC AS dan Bank Pembangunan Asia. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Jumat (22/9/2023), untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan penegakan hukum, ketiga organisasi tersebut menyelenggarakan Lokakarya Organisasi Internasional Komisi Sekuritas (IOSCO) dan Lokakarya Pelatihan Investigasi dan Penegakan Hukum. 

Komisi Sekuritas dan Bursa Filipina baru-baru ini menandatangani Nota Kesepahaman Multilateral IOSCO tentang kejahatan kripto. Kemitraan kelompok ini merupakan langkah maju yang besar bagi Filipina dalam hal tata kelola aset digital. 

SEC Filipina bekerja sama dengan organisasi internasional untuk menjalankan misinya melindungi masyarakat dari penipuan sekuritas dan jenis penipuan investasi lainnya. 

Kemitraan SEC Filipina dengan mitranya di AS dan Bank Pembangunan Asia bertujuan untuk menindak penjahat yang menggunakan mata uang kripto untuk melakukan penipuan dan kejahatan keuangan lainnya. 

SEC Filipina berkomitmen untuk melindungi dan menghormati data pribadi yang dikumpulkan dari kliennya sesuai dengan Undang-Undang Privasi Data 2012. SEC mengambil langkah-langkah keamanan untuk melindungi informasi dari kehilangan, akses, penggunaan, atau pengungkapan yang tidak sah.

SEC AS sepanjang 2023 telah melakukan langkah keras untuk industri kripto di AS. Beberapa bursa kripto besar seperti Binance hingga Coinbase tak luput dari pantauan SEC. 

Di sisi lain, Filipina menjadi salah satu negara Asia yang cukup keras dalam melindungi konsumen dari penipuan kripto. Pada Agustus 2023, unit penanggulangan kejahatan dunia maya di Kepolisian Nasional Filipina telah meminta warga untuk mewaspadai hadiah yang dijanjikan oleh game play-to-earn (P2E) karena dapat digunakan untuk mencuri aset kripto senilai jutaan dolar. 

Unit tersebut mengatakan pemain dapat mengurangi kemungkinan kehilangan uang untuk scammers dengan melakukan penelitian mereka sendiri sebelum melakukan penyetoran atau penarikan dana.

 

4 dari 6 halaman

Mantan Pegawai Deutsche Bank Mengaku Bersalah Atas Penipuan Kripto

Sebelumnya diberitakan, seorang mantan bankir investasi Deutsche Bank, yang didakwa pada April dengan penyelewengan dana dari investor yang ia bujuk dengan janji keuntungan besar dari perdagangan mata uang kripto, mengaku bersalah pada Selasa, 19 September 2023.

Mantan bankir investasi Deutsche Bank Rashawn Russell menghadapi hukuman hingga 30 tahun penjara ketika dijatuhi hukuman, kata Departemen Kehakiman dalam sebuah pernyataan. Sebagai bagian dari perjanjian pembelaannya, Russell akan diminta untuk membayar ganti rugi sejumlah lebih dari USD 1,5 juta atau setara Rp 23 miliar (asumsi kurs Rp 15.368 per dolar AS).

“Russell memanfaatkan minat investor di pasar mata uang kripto untuk melakukan skema menipu klien yang mempercayainya,” kata Jaksa Amerika Serikat Breon Peace, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (22/9/2023). 

Russell adalah bankir investasi dari Juli 2018 hingga November 2021 di sebuah lembaga keuangan yang tidak disebutkan dalam dakwaannya. Profil LinkedIn-nya menyatakan ia menjadi analis perbankan investasi Deutsche Bank pada Juli 2018 dan dipromosikan menjadi rekanan pada Juli 2020.

Russell mengatakan kepada calon investor dia adalah broker berlisensi yang bekerja di perbankan investasi dan dapat membantu mereka memperoleh keuntungan besar dan terkadang terjamin dari R3, dana kripto yang dia klaim dijalankan.

Jaksa mengatakan Russell mentransfer sejumlah dana ke rekening perdagangan tetapi menyedot sisanya, dan mengirimkan dokumentasi palsu kepada investor tentang bagaimana kinerja uang mereka. Dia meminta investasi dari teman dan koleganya tetapi menggunakan dana tersebut untuk perjudian dan pengeluaran pribadi lainnya, menurut jaksa federal.

 

5 dari 6 halaman

Polisi Hong Kong Tangkap Influencer Kripto Terkait Kasus Penipuan

Sebelumnya, pihak berwenang Hong Kong menangkap enam orang sehubungan dengan pertukaran kripto JPEX, termasuk influencer kripto Joseph Lam (Lin Zuo) dan Chan Wing-yee. Empat pria dan dua wanita telah ditangkap, setelah polisi Hong Kong menerima lebih dari 1.400 panggilan yang mengadu tentang penipuan di JPEX.

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (21/9/2023), polisi Hong Kong dilaporkan menangkap Lam, yang juga dikenal sebagai "jolamchok" di Instagram, dan menggerebek kantornya, menyita kotak barang bukti, termasuk kantong plastik berisi uang tunai.

Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) baru-baru ini menerbitkan pernyataan yang menuduh JPEX secara aktif mempromosikan layanan dan produknya kepada penduduk Hong Kong melalui influencer online dan penukaran uang yang dijual bebas.

 

6 dari 6 halaman

Krisis Likuiditas

Lam dilaporkan telah memperkenalkan "skema" kripto ke grup obrolan investasi mata uang kripto, mendorong salah satu tersangka korban, Nona Chen, untuk menginvestasikan USD 12.800 atau setara Rp 196,8 juta (asumsi kurs Rp 15.382 per dolar AS) dalam mata uang kripto.

JPEX menyalahkan krisis likuiditas pada regulator dan pembuat pasar pihak ketiga. Pertukaran tersebut mengurangi batas penarikan menjadi USD 1.000 atau setara Rp 15,3 juta dan menaikkan biaya pemrosesan menjadi USD 975 atau setara Rp 14,9 juta.

Perusahaan mengklaim akan memulihkan likuiditas dan menyesuaikan biaya penarikan kembali ke tingkat normal. Penangkapan Lam dan penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap JPEX telah memicu perhatian luas.

Hanya Ada 2 Platform Kripto Terdaftar di Hong KongSaat ini, hanya ada dua platform berlisensi di Hong Kong. Meskipun platform perdagangan aset digital tidak ilegal, JPEX tidak ada dalam daftar berlisensi dan pelanggan tidak dilindungi.

SFC telah mengumumkan mereka akan mengingatkan investor tentang platform perdagangan tidak berlisensi dan iklan mereka di masa depan, dan investor juga harus memeriksa daftar platform perdagangan berlisensi SFC sebelum melakukan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini