Sukses

Kripto Alami Arus Keluar Rp 905,8 Miliar Sepanjang Pekan Pertama September 2023

Angka arus keluar bersih terbaru menjadikan nilai total arus keluar dalam sebulan terakhir menjadi USD 294 juta setara Rp 4,5 triliun

Liputan6.com, Jakarta Selama minggu pertama September, aset kripto mengalami arus keluar bersih sebesar USD 59 juta atau setara Rp 905,8 miliar (asumsi kurs Rp 15.354 per dolar AS) dalam aset yang dikelola (AUM), menurut data terbaru dari analisis manajer aset alternatif Coinshare.

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (13/9/2023), Coinshare juga mengungkapkan, angka arus keluar bersih terbaru menjadikan nilai total arus keluar dalam sebulan terakhir menjadi USD 294 juta setara Rp 4,5 triliun, atau 0,9 persen dari total AUM.

Seperti yang dijelaskan dalam blog tersebut, arus masuk juga terlihat pada produk investasi jangka pendek dan ini mungkin merupakan indikasi sentimen terhadap aset digital masih buruk. 

Kekhawatiran terhadap regulasi kelas aset ini dan penguatan dolar disebut-sebut sebagai beberapa alasan mengapa investor kurang tertarik berinvestasi pada aset digital.

Dalam hal aliran berdasarkan aset, data Coinshares menunjukkan bitcoin (BTC) sebagai aset digital yang memiliki arus keluar bersih tertinggi USD 69 juta atau setara Rp 1 triliun pada minggu pertama September. 

Di sisi lain, arus masuk bersih bitcoin jangka pendek selama periode yang sama mencapai USD 15 juta atau setara Rp 230,3 miliar, terbesar sejak Maret 2023.

Sementara itu, arus keluar bersih Ethereum sebesar USD 4.8 juta atau setara Rp 73,6 miliar pada periode yang sama menunjukkan arus keluar tahun ini meningkat menjadi USD 108 juta atau setara Rp 1,6 triliun yang mewakili 1.6 persen dari total AUM sebesar USD 6,9 miliar atau setara Rp 105,9 triliun. 

Dari semua aset digital yang dilacak oleh Coinshares, hanya XRP dan aset digital tak dikenal lainnya yang terbukti mencatat arus masuk positif masing-masing sebesar USD 0,7 juta atau setara Rp 10,7 miliar dan USD 0,4 juta atau setara Rp 6,1 miliar.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.