Sukses

Pengguna Proyek Kripto Worldcoin Melonjak di Argentina

Tingginya permintaan ini dengan minat warga Argentina terhadap kripto dan alat teknologi inovatif.

Liputan6.com, Jakarta - Worldcoin, proyek kripto yang melakukan id biometrik dan dompet digital, baru-baru ini mengalami lonjakan popularitas di Argentina. Menurut data yang diberikan oleh proyek tersebut, Argentina mencapai rekor pendaftaran selama Agustus, mendaftarkan lebih dari 9.500 verifikasi dalam satu hari.

Salah satu pendiri proyek Worldcoin dan CEO Tools for Humanity Alex Blania mengaitkan tingginya permintaan ini dengan minat warga Argentina terhadap kripto dan alat teknologi inovatif. 

“Saya pikir hal besar pertama yang menonjol adalah Argentina secara khusus adalah salah satu negara yang paling maju dalam bidang kripto di dunia,” kata Blania di panggung Mainnet Ethereum Argentina, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (6/9/2023). 

Lebih lanjut, Blania menjelaskan kombinasi pemikiran maju kripto dan kemajuan teknologi menjadikan Argentina lahan subur untuk inisiatif semacam ini. Blania merinci negara ini dianggap sebagai landasan pembangunan yang eksplosif untuk gelombang inovasi berikutnya di bidang ini.

Tingginya popularitas proyek di Argentina juga mendorong World App, aplikasi dompet digital dari proyek Worldcoin, untuk sementara menempati posisi pertama di Apple App Store, diikuti oleh aplikasi seperti Mercado Pago, Whatsapp, dan Tiktok.

Tantangan Hukum Berbagai Negara

Meskipun demikian, tingginya popularitas proyek ini di Argentina telah membuat Worldcoin menjadi perhatian para regulator, yang memerintahkan penyelidikan terhadap proyek tersebut dan prosedur pengolahan datanya.

Pada 7 Agustus 2023, Badan Akses Informasi Publik (AAIP), organisasi pengawas data di negara tersebut, mengirimkan surat kepada Worldcoin Foundation, meminta mereka untuk mematuhi Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi Argentina, yang mengamanatkan setiap proyek yang memerlukan data pelanggan untuk mendaftar ke organisasi dan melaporkan tindakan yang diambil proyek untuk menjaga kerahasiaan penggunanya.

Di negara lain, Worldcoin juga menghadapi pengawasan ketat dari pemerintah. Regulator data Kenya, Bavaria, dan Prancis sedang mempersiapkan tindakan terhadap Worldcoin.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investor Besar Bitcoin Tambah Kepemilikan hingga Rp 22,8 Triliun

Sebelumnya, investor besar bitcoin atau sering disebut “paus” dalam dunia kripto tampaknya tidak terpengaruh oleh pelemahan harga baru-baru ini. Bahkan investor besar justru meningkatkan kepemilikannya.

Data oleh perusahaan analisis kripto IntoTheBlock menunjukkan alamat yang menyimpan setidaknya 0,1 persen dari pasokan bitcoin bernilai lebih dari USD 500 juta atau setara Rp 7,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.225 per dolar AS) meningkatkan simpanan mereka dengan total USD 1,5 miliar atau setara Rp 22,8 triliun dalam dua minggu terakhir Agustus.

Kepala penelitian di IntoTheBlock, Lucas Outumuro mengatakan dalam sebuah laporan, peningkatan tersebut terjadi ketika arus masuk ke bursa terpusat mendekati nol, menunjukkan ada permintaan pembelian organik, bukan hanya dana yang berpindah ke alamat bursa.

“Pembelian tersebut terjadi pada periode ketika harga BTC merosot ke level terendah dalam dua bulan, untuk sementara dicabut oleh keputusan pengadilan penting dalam kampanye Grayscale untuk mendaftarkan dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin di AS,” kata Outumuro, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (6/9/2023).

Paus adalah entitas yang mengendalikan aset digital dalam jumlah besar. Pembelian dan penjualan mereka dapat memberikan dampak yang cukup besar pada pasar, sehingga pengamat kripto memantau dengan cermat perilaku mereka untuk mengantisipasi pergerakan pasar.

Pemegang saham besar pertama kali melakukan investasi setelah 17 Agustus, ketika BTC anjlok lebih dari 10 persen hingga di bawah USD 26.000 atau setara Rp 395,8 juta, harga terendah sejak Juni, menurut data IntoTheBlock.

3 dari 4 halaman

SEC Dakwa Petugas Masyarakat di New Jersey Akibat Penipuan Kripto

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) mengumumkan pada 23 Agustus 2023 telah mendakwa John DeSalvo, mantan petugas pemasyarakatan di New Jersey, Amerika Serikat (AS) dengan penipuan mengumpulkan dana melalui penawaran token blazar yang tidak terdaftar. 

SEC menuduh DeSalvo dengan menjual token yang sekarang sudah tidak berfungsi, DeSalvo mampu mengumpulkan USD 620.000 atau setara Rp 9,4 miliar (asumsi kurs Rp 15.246 per dolar AS) dari sekitar 220 investor.

"Mantan petugas pemasyarakatan ini terutama menargetkan aparat penegak hukum dan petugas pertolongan pertama,” kata SEC dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (3/9/2023).

Selain secara salah mengklaim kripto tersebut terdaftar di SEC, DeSalvo mengatakan kepada investor koin blazar akan menggantikan sistem pensiun negara yang ada. 

Untuk lebih memikat para korbannya, DeSalvo dikatakan telah menjanjikan jaminan pengembalian yang tinggi kepada investor yang setuju untuk membeli token melalui pemotongan “otomatis” dari gaji mereka.

Namun, alih-alih menggunakan modal yang diperoleh untuk menopang proyek tersebut, mantan petugas pemasyarakatan tersebut diduga menyalahgunakan dana tersebut. Dia juga mentransfer sebagian dana ke dompet kripto yang dia kendalikan.

Sementara itu, selain menipu investor dengan token blazar, DeSalvo juga dituduh menyalahgunakan USD 78.000 atau setara Rp 1,1 miliar dari USD 95.000 atau setara Rp 1,4 miliar yang ia kumpulkan dari peserta usaha investasi lain. Sisa USD 17.000 atau setara Rp 259,1 juta hilang dalam investasi spekulatif.

4 dari 4 halaman

SEC Tunda Keputusan ETF Bitcoin Milik 6 Perusahaan

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) telah menunda hingga Oktober untuk mengambil keputusan atas semua permohonan ETF yang diajukan oleh pemohon. 

Dilansir dari CoinDesk, Jumat (1/9/2023), ada enam perusahaan yang ditunda permohonannya oleh SEC yaitu BlackRock, WisdomTree, Invesco Galaxy, Wise Origin, VanEck, Bitwise, dan Valkyrie Digital Aset awal tahun ini, menurut pengajuan agensi pada Kamis.

Penundaan ini berdampak pada harga bitcoin (BTC) yang semakin turun karena pengumuman tersebut. Bitcoin sekarang turun 4,1 persen selama 24 jam terakhir menjadi USD 26.005 per koin atau setara Rp 396,2 juta (asumsi kurs Rp 15.238 per dolar AS).

SEC mulai meninjau daftar aplikasi terbaru, baik dari perusahaan keuangan crypto-heavy dan tradisional seperti Wise Origin (Fidelity), BlackRock dan Invesco Galaxy, bulan lalu. 

Para pemohon berharap untuk meluncurkan ETF bitcoin spot pertama, yang menurut para pendukungnya akan memungkinkan investasi ritel yang lebih besar di ruang bitcoin sekaligus menyelamatkan investor dari kesulitan menyiapkan dompet atau harus membeli bitcoin secara langsung.

Perintah hari ini membuat SEC menunda keputusan tegas apa pun, malah memperpanjang periode komentar yang ada dan memungkinkan masukan publik yang lebih besar terhadap permohonan tersebut. 

Batas waktu baru untuk Wise Origin, Galaxy, dan WisdomTree adalah 17 Oktober, dan dua hari kemudian untuk Valkyrie. Bitwise sekarang memiliki batas waktu 16 Oktober.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini