Sukses

Mercado Bitcoin Dukung Upaya CBDC Brazil

Mercado Bitcoin dilaporkan mendapatkan izin dari Banco Central do Brazil untuk mengambil bagian dalam pengembangan CBDC.

Liputan6.com, Jakarta - Mercado Bitcoin bergabung dengan perusahaan seperti Mastercard dan Sinqia atas inisiatif CBDC. Mercado Bitcoin selaku pertukaran cryptocurrency terbesar di Brazil dilaporkan akan berpartisipasi dalam proyek percontohan negara tersebut untuk meluncurkan real digital.

Melansir Cryptopotato, Minggu (25/6/2023), bank sentral berniat menerbitkan produk keuangan semacam itu pada 2024. Seperti yang dilaporkan oleh outlet media lokal, Banco Central do Brazil telah mengizinkan Mercado Bitcoin untuk mengambil bagian dalam pengembangan CBDC. 

"Partisipasi kami memvalidasi niat Bank Sentral untuk membawa inovasi ke sistem keuangan dengan mereka yang telah bekerja dengan teknologi ini dan tidak hanya dengan petahana yang menyesuaikannya," kata Direktur Bisnis Baru di Bursa Fabricio Tota.

Peserta proyek lainnya termasuk perusahaan terkenal seperti raksasa pemrosesan pembayaran Mastercard, fintech perangkat lunak keuangan Sinqia, perusahaan pialang Genial, dan lainnya.

Bank sentral Brazil sebelumnya telah menguraikan hanya lembaga keuangan teregulasi dengan akses langsung ke jaringan Sistem Keuangan Nasional (SFN) yang dapat membantu upaya CBDC.

Konsorsium bermaksud untuk berpartisipasi dalam semua aspek pengujian, termasuk negosiasi sekuritas grosir, eceran, dan Perbendaharaan Nasional.

Adapun bank sentral bertujuan untuk merilis CBDC tahun depan. Menurut rencana awal, produk moneter akan menjadi instrumen berbasis blockchain yang mendukung transaksi ritel dan didukung oleh simpanan bank nasabah.

"Ini bisa mengurangi biaya kredit, biaya meningkatkan laba atas investasi. Ada potensi besar bagi penyedia layanan baru, fintech, mendemokratisasi akses ke pasar dan menawarkan layanan baru,” kata Koordinator Proyek CBDC Fabio Araujo.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beri Layanan Kripto, Perusahaan Lokal Mesti Dapat Persetujuan dari Regulator

Selain bertanggung jawab untuk mengeluarkan real digital, bank sentral Brazil baru-baru ini ditugaskan sebagai regulator crypto negara tersebut. Undang-undang, yang ditandatangani oleh Presiden Luiz Inácio Lula da Silva dan menjadi resmi pada 20 Juni.

Menurut aturan, perusahaan lokal tidak dapat menyediakan layanan kripto tanpa mendapat persetujuan dari lembaga keuangan. Bank juga akan memantau apakah organisasi mematuhi prosedur anti pencucian uang dan apakah mereka terkait dengan kegiatan kriminal, termasuk pendanaan terorisme.

SEC Brasil juga akan berperan dalam proses regulasi. Ini akan bermitra dengan Banco do Brasil untuk mengawasi mata uang digital yang diklasifikasikan sebagai sekuritas. Perlu disebutkan bahwa undang-undang domestik saat ini tidak menetapkan aset mana yang masuk dalam kategori tersebut dan mana yang dipandang sebagai komoditas.

3 dari 4 halaman

Biaya Transaksi Bitcoin Meningkat 92% dalam 4 Hari

Sebelumnya, biaya Bitcoin telah meningkat sebesar 92 persen selama empat hari terakhir, seperti yang dilaporkan oleh bitinfocharts pada 22 Juni 2023. Menurut data tersebut, biaya rata-rata Bitcoin masih atas ambang USD 1,00 atau setara Rp 14.944 sejak 23 April.

Dilansir dari Bitcoin.com, Sabtu (24/6/2023), pada 8 Mei, biaya rata-rata mencapai level tertinggi 2023 sebesar USD 31 atau setara Rp 463.264 per transaksi.

Lonjakan biaya dapat dikaitkan dengan transfer keuangan yang sering disiarkan di seluruh rantai dan masuknya prasasti Ordinal, yang menghasilkan peningkatan jumlah transfer.

Biaya transfer ukuran rata-rata juga meningkat, bitinfocharts menunjukkan biaya median on-chain pada 22 Juni 2023, adalah 0,000053 BTC atau USD 1,60 per transfer atau sekitar Rp 23.908. 

Ini mengikuti level terendah USD 0,694 atau setara Rp 10,370 per transaksi yang tercatat pada 18 Juni, yang menunjukkan lonjakan lebih dari 130 persen dalam biaya ukuran rata-rata dalam empat hari. 

Selain itu, statistik yang diarsipkan dari mempoolspace, menunjukkan ada sekitar 339.936 transaksi yang belum dikonfirmasi sejak Kamis siang.

Sementara itu, mempoolspace mengungkapkan biaya transfer jaringan prioritas tinggi saat ini adalah USD 1,59 atau setara Rp 23.759 per transaksi.

 Sedangkan biaya prioritas menengah adalah USD 1,17 atau setara Rp 17.483, biaya prioritas rendah adalah USD 0,92 atau setara Rp 13.747, dan biaya tanpa prioritas adalah USD 0,50 atau setara Rp 7.471. 

Selanjutnya, metrik yang diarsipkan dari 19 Juni 2023 mengungkapkan dalam kurun waktu tiga hari, kapasitas Lightning Network meningkat dari 5.408,88 BTC menjadi 5.427,05 BTC saat ini, mewakili pertumbuhan sebesar 0,33 persen.

 

4 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Melesat Tembus Rp 420,3, Pertama Kali Sejak Mei 2023

Sebelumnya, harga Bitcoin sempat menembus di atas USD 28.000 atau setara Rp 420,3 juta (asumsi kurs Rp 15.014 per dolar AS) pada Rabu, 21 Juni 2023. Ini pertama kali dicapai harga Bitcoin melesat sejak sejak 8 Mei 2023 menurut data dari Coinmarketcap.

Dilansir dari Decrypt, Rabu (21/6/2023), Bitcoin berhasil naik sekitar 5 persen yang mendorongnya ke level ini. Kapitalisasi pasar Bitcoin juga naik 50 persen pada Senin setelah adanya kabar tentang perusahaan manajemen aset terbesar di dunia BlackRock yang mengajukan Bitcoin Exchange Traded Fund (ETF) baru pada Kamis mendatang.

Ini merupakan musim semi yang sibuk untuk Bitcoin, setelah sebagian besar pulih dari keruntuhan pasar yang luas setelah bencana FTX pada awal tahun dan dengan ledakan popularitas Ordinals. 

Tetapi pasar cryptocurrency secara keseluruhan telah merosot berkat tindakan baru-baru ini oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) terhadap bursa kripto raksasa Binance dan Coinbase. Namun, berita ETF Bitcoin BlackRock telah menghidupkan kembali harapan bahwa ETF Bitcoin akhirnya akan disetujui.

Tidak asing dengan pasar kripto, BlackRock telah bekerja dengan Coinbase, yang akan digunakan BlackRock untuk menjaga ETF. Pada 2022, BlackRock bermitra dengan Coinbase untuk meluncurkan platform manajemen investasi yang dijuluki Aladdin untuk memperdagangkan aset digital.

Sementara momentum kenaikan Bitcoin mungkin menjadi penyebab perayaan bagi sebagian orang, itu tidak mendekati harga tertinggi sepanjang masa di USD 68.789 atau setara Rp 1 miliar yang dicapai aset digital pada 10 November 2021.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.