Sukses

CEO Coinbase: China Bakal Untung Gara-gara Sikap Keras SEC ke Industri Kripto AS

Menurut Armstrong, sikap terhadap kripto ini saat ini mendorong inovasi di luar negeri,

Liputan6.com, Jakarta CEO Coinbase, Brian Armstrong, salah satu bursa terbesar yang berbasis di AS, telah mengkritik kebijakan regulator AS terkait cryptocurrency, merinci efek kontraproduktif yang mungkin ditimbulkannya. 

Dalam artikel op-ed baru-baru ini, Armstrong menjelaskan sementara perusahaan telah berulang kali meminta regulator untuk menawarkan kejelasan tentang kripto, mereka malah memutuskan untuk mengatur kripto melalui penegakan hukum.

Menurut Armstrong, sikap terhadap kripto ini saat ini mendorong inovasi di luar negeri, mengisolasi AS dari mempertahankan kepemimpinan teknologinya.

Negara-negara seperti Inggris, Uni Emirat Arab, Brasil, Jepang, Uni Eropa, Australia, dan Singapura, saat ini sedang menyusun peraturan untuk menjadi pusat cryptocurrency dan menarik perusahaan.

Namun, bagi Armstrong, China akan menjadi salah satu negara yang paling diuntungkan dari kebijakan anti-kripto ini.

“Tiongkok mempromosikan platform yang kuat dan berkembang pesat ini di seluruh dunia melalui Inisiatif Jalannya, dengan sistem kredit sosialnya. Dengan peluncuran yuan digitalnya baru-baru ini, Tiongkok bertujuan untuk secara langsung menantang dolar AS dan perannya dalam perdagangan global,” kata Armstrong, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (8/6/2023).

Pentingnya Mempertahankan Inovasi Kripto untuk AS

Armstrong berkomentar tentang pentingnya mempertahankan modal inovasi mata uang kripto di AS dengan mengeluarkan peraturan yang komprehensif dan protektif yang dirancang untuk menarik adopsi dan pengembangan.

Armstrong mengatakan, sekarang adalah waktunya bagi Kongres untuk memanfaatkan peluang bersejarah yang dihadirkan oleh kripto, dan mengesahkan undang-undang komprehensif yang melindungi konsumen dan mendorong inovasi.

“Kripto memiliki potensi untuk memainkan peran penting dalam merangsang ekonomi Amerika dan mempromosikan nilai-nilai demokrasi di seluruh dunia,” jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Generasi AS

Sebagai penutup, Armstrong menyatakan jika ini terus berlanjut, generasi Amerika berikutnya akan membayar harga pemulangan industri kripto dengan cara yang sama seperti industri semikonduktor dan infrastruktur.

Perusahaan mengungkapkan telah menerima pemberitahuan Wells yang dikirim oleh Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) pada 27 April, mengkritik tindakan ini dan menyatakan SEC dapat menghentikan perusahaan untuk go public pada April 2021. 

Pada saat yang sama, pertukaran memulai tindakan hukum terhadap SEC karena kurangnya kejelasan dalam peraturan.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini