Sukses

Memecoin Baru Tipu Investor pada Perayaan Bitcoin Pizza Day

Secara total, empat token baru yaitu BTCPizza, BPizza, PizzaDay, dan EthPizza yang semuanya dibuat dalam tiga hari terakhir

Liputan6.com, Jakarta Bitcoin Pizza Day seharusnya menjadi perayaan utilitas kripto, tetapi dimanfaatkan beberapa pihak untuk meluncurkan memecoin bertema pizza baru yang menipu ribuan dolar dari investor.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (30/5/2023), setiap tanggal 22 Mei, banyak pendukung kripto dan Bitcoin yang setia merayakan ulang tahun ketika, pada 2010, seorang pengembang komputer bernama Laszlo Hanyecz membeli dua pizza seharga 10.000 Bitcoin.

Sementara banyak pengguna kripto yang merayakan momen ini, beberapa yang lain justru mengumpulkan keuntungan dari menipu investor menggunakan memecoin yang baru dibuat.

Secara total, empat token baru yaitu BTCPizza, BPizza, PizzaDay, dan EthPizza yang semuanya dibuat dalam tiga hari terakhir telah mengakumulasi kapitalisasi pasar lebih dari USD 300.000 atau setara Rp 4,4 miliar (asumsi kurs Rp 14.951 per dolar AS), menurut data dari Dextools. 

Tim atau orang di belakang BPizza, memecoin baru dengan total investasi terbesar kedua, dengan cepat mengubah pajak penjualannya, menjadi 100 persen, yang berarti tidak layak bagi investor untuk menjualnya. 

Sementara itu, EthPizza mematikan transfer dan penjualan token segera setelah mengumpulkan kapitalisasi pasar sebesar USD 38.000 atau setara Rp 568,1 juta.

Koin dengan kapitalisasi pasar tertinggi, BTCPizza, masih diperdagangkan pada Rabu, 24 Mei 2023 sore dengan kapitalisasi pasar hampir USD 200.000 atau setara Rp 2,9 miliar. Harga token turun 16 persen dari harga tertingginya pada Selasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meme Coin Sangat Fluktuatif

 

Memecoin sangat fluktuatif dan hanya didukung oleh hype dan tren. Mereka tidak memiliki penggunaan praktis dan cukup sering merupakan penipuan bagi investor yang tidak menaruh curiga yang mencari hal besar berikutnya.

Salah satu memecoin terbaru, dan mungkin yang paling mengejutkan, datang dari koin Pepe, yang dengan cepat mencapai kapitalisasi pasar USD 1,6 miliar atau setara Rp 23,9 triliun sebelum anjlok. 

3 dari 3 halaman

Pasar Kripto Menguat Didorong Kesepakatan Plafon Utang AS

Harga kripto mengalami peningkatan selama akhir pekan di tengah kondisi ekonomi AS yang terguncang akibat kemungkinan gagal bayar utang.

Dilansir dari Decrypt, Senin (29/5/2023) Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy dan Presiden Joe Biden semakin mendekati kesepakatan akhir tentang plafon utang Amerika pada Minggu, 28 Mei 2023 dan menilai dukungan yang mereka miliki untuk mengesahkan undang-undang minggu ini.

Akibat hal itu, mendorong Bitcoin naik 2,9 persen selama beberapa hari terakhir menjadi sekitar USD 27.500 atau setara Rp 411,2 juta (asumsi kurs Rp 14.955 per dolar AS), menurut data CoinGecko. Ethereum juga naik 1,4 persen menjadi sekitar USD 1.850 atau setara Rp 27,66 juta.

Beberapa altcoin, termasuk Cardano dan Solana, melampaui kenaikan tersebut, masing-masing naik 3,4 persen dan 5,2 persen, menurut CoinGecko.

Satu-satunya koin 20 teratas berdasarkan kapitalisasi pasar yang berwarna merah adalah Tron TRX, turun 0,4 persen. Tapi Tron masih menjalani minggu yang baik secara keseluruhan.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen memperingatkan beberapa minggu lalu, menjelaskan AS akan terguncang oleh "malapetaka ekonomi" jika Washington gagal menaikkan plafon utang tepat waktu.

Ketidaksepakatan antara Demokrat dan Republik telah berlarut-larut selama berminggu-minggu karena negara tersebut dengan cepat mendekati apa yang digambarkan Gedung Putih sebagai "tanggal-X" Amerika, atau titik di mana pemerintah tidak dapat lagi memenuhi kewajiban utangnya. Hari itu bisa datang paling cepat 1 Juni, menurut Yellen.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini