Sukses

Harga Kripto Hari Ini 24 Mei 2023: Bitcoin dan Ethereum Kompak Melesat

Mayoritas harga kripto jajaran teratas bergerak di zona hijau pada perdagangan Rabu, 24 Mei 2023. Bitcoin dan ethereum pun kompak menguat.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kripto jajaran teratas mayoritas terpantau bergerak di zona hijau pada perdagangan Rabu pagi, (24/5/2023). Harga bitcoin dan ethereum kompak menghijau.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) menguat 1,1 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga bitcoin naik tipis 0,17 persen.

Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 27.142,36 atau sekitar Rp 404,13 juta (asumsi kurs Rp 14.889 per dolar Amerika Serikat).

Demikian juga harga ethereum (ETH) bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga ethereum melonjak 1,8 persen. Selama sepekan, terakhir, harga ethereum mendaki 1,29 persen.

Selain itu, harga binance coin (BNB) juga naik 1,11 persen selama 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga BNB naik 0,26 persen. Kini, harga BNB berada di posisi USD 312,96

Harga XRP hanya naik tipis selama 24 jam terakhir. Harga XRP bertambah 0,02 persen. Selama sepekan terakhir, harga XRP menanjak 3,11 persen. Saat ini, harga XRP berada di posisi USD 0,4616.

Harga cardano (ADA)  menguat 0,69 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga cardano melemah 0,26 persen. Kini, harga cardano berada di posisi USD 0,3694.

Sementara itu, harga dogecoin (DOGE) melemah 0,38 persen selama 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga dogecoin terpangkas 0,32 persen. Saat ini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,07267.

Harga polygon naik 1,62 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga polygon bertambah 4,13 persen. Kini, harga polygon berada di posisi USD 0,8862.

Adapun harga solana (SOL) melonjak 2,23 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga solana terpangkas 4,6 persen. Saat ini, harga solana berada di posisi USD 19,92.

Di sisi lain, harga kripto hari ini seperti tether (USDT) melemah 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga USDT bergerak di zona merah. Kini, harga USDT berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin (USDC) bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan terakhir, harga USDC berada di zona merah. Harga USDC berada di posisi USD 0,9999.

Kapitalisasi pasar kripto global naik 1,13 persen berada di posisi USD 1,14 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Regulator Malaysia Perintahkan Pertukaran Kripto Huobi Stop Operasi

Sebelumnya, Komisi Sekuritas Malaysia (SC) telah meminta pertukaran mata uang kripto Huobi Global untuk menghentikan operasinya di negara tersebut, dan menarik pertukaran tersebut dan kepala eksekutifnya Leon Li karena mengoperasikan pertukaran aset digital (DAX) tanpa mendaftar. 

Regulator juga mendesak pengguna Malaysia di platform untuk segera menghentikan perdagangan, menarik semua investasi, dan menutup akun. 

“SC memandang pelanggaran ini dengan serius, karena mengoperasikan DAX tanpa mendapatkan pendaftaran SC sebagai Operator Pasar yang Diakui (Recognized Market Operator/RMO) merupakan pelanggaran berdasarkan Pasal 7(1) Undang-Undang Pasar Modal dan Jasa 2007,” kata SC dalam sebuah pengumuman, dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (23/5/2023).

Regulator telah meminta Huobi Global untuk tidak mengedarkan, menerbitkan, atau mengirimkan iklan apa pun kepada investor Malaysia melalui email atau media sosial.

Itu juga meminta Huobi untuk menonaktifkan situs web dan aplikasi selulernya di platform termasuk Apple Store dan Google Play.

SC menunjukkan RMO terdaftar menjalani pengawasan peraturan yang ketat dan diharuskan mengikuti pedoman ketat yang memungkinkan investor dilindungi di bawah undang-undang sekuritas Malaysia.

Ini bukan pertama kalinya SC menagih bursa kripto Huobi karena beroperasi di negara tersebut tanpa registrasi. Pada 22 Agustus tahun lalu, regulator menambahkan Huobi Global ke daftar peringatan investor SC untuk beroperasi tanpa mendaftar ke SC.

 

 

3 dari 5 halaman

Tambah Investasi

Huobi mengatakan dalam perjanjian penggunanya pengguna dari sembilan yurisdiksi dilarang menggunakan layanannya, termasuk Tiongkok daratan, AS, dan Singapura, sementara pengguna dari 13 yurisdiksi dilarang berdagang turunan, termasuk Inggris, Selandia Baru, dan Tiongkok.

Huobi, yang mengumumkan rencana pada November untuk meningkatkan investasi di Asia Tenggara dan Eropa sebagai bagian dari ekspansi globalnya, mengatakan pada Januari mereka memangkas 20 persen stafnya.

Pada Februari, bursa mengatakan akan memindahkan kantor pusatnya di Asia dari Singapura ke Hong Kong, dan akan meningkatkan jumlah karyawannya dari 50 menjadi 200 di Hong Kong.

4 dari 5 halaman

Pasar Kripto Terus Tertekan, Apa Penyebabnya?

Pasar kripto tetap terjebak dalam kisaran sempit dalam perdagangan sepekan terakhir. Bahkan Bitcoin (BTC) selalu gagal untuk mempertahankan level perdagangan di posisi USD 27.000 atau setara Rp 402,3 juta (asumsi kurs Rp 14.902 per dolar AS).

Trader Eksternal Tokocrypto, Fyqieh Fachrur mengungkapkan, salah satu penyebab terbesar pasar kripto dan Bitcoin lesu adalah pandangan negatif terkait perekonomian Amerika Serikat.

“Akhir pekan lalu, Ketua The Fed, Jerome Powell, memberikan komentar baru tentang kebijakan dan prospek inflasi,” kata Fyqieh dalam analisis harian yang diterima Liputan6.com, Senin (22/5/2023).

Fyqieh menambahkan, bahasa Powell tidak memberikan sinyal yang jelas tentang aset berisiko, lantas investor diperingatkan akan banyak ketidakpastian akan terjadi. Hal ini membuat investor kripto tak bergairah kembali meramaikan pasar.

5 dari 5 halaman

Pembicaraan Utang AS

Disamping itu, pembicaraan plafon utang AS dan retorika anti-kripto dari pemerintah AS akan menguji selera investor.

Harapan pupus dari Presiden AS, Joe Biden dan Ketua DPR, Kevin McCarthy yang tidak mencapai kesepakatan pada Minggu, 21 Mei 2023 dan akan kembali bertemu pada Senin ini. 

Namun, Presiden AS membahas masalah plafon utang di G7 yang merugikan BTC dan pasar kripto yang lebih luas.

“Retorika anti-kripto, dan ancaman krisis AS yang terus berlanjut, membuat pasar kripto menjadi merah. Perkirakan berita terkait plafon utang AS akan berdampak lebih besar pada sentimen risiko pasar,” jelas Fyqieh.

Pasar saham AS juga tertekan, Senin pagi ini NASDAQ mencerminkan sentimen terhadap krisis plafon utang, turun 12,75 poin.

Sisi bawah datang meskipun reaksi pasar lebih lanjut terhadap obrolan Ketua Fed, Powell yang kurang hawkish dari hari Jumat. Di samping itu, indeks Dolar AS (DXY) juga terpantau melemah. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini