Sukses

Harga Kripto Hari Ini 7 Mei 2023: Bitcoin Lesu, Ethereum Pimpin Koreksi

Harga kripto jajaran teratas terpantau bergerak di zona merah pada perdagangan Minggu (7/5/2023). Harga ethereum catat koreksi terbesar.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kripto jajaran teratas terpantau bergerak di zona merah pada perdagangan Minggu (7/5/2023). Harga ethereum anjlok signifikan pada akhir pekan ini.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) merosot 1,99 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga bitcoin merosot 0,70 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 28.928,41 atau sekitar Rp 423,77 juta (asumsi kurs Rp 14.649 per dolar AS).

Demikian juga harga ethereum (ETH) bergerak di zona merah. Harga ethereum anjlok 4,07 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga ethereum naik tipis 0,09 persen. Harga ethereum kini bergerak di posisi USD 1.899,40 atau sekitar Rp 27,81 juta.

Demikian juga harga binance coin (BNB). Harga BNB susut 0,95 persen selama 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan terakhir, harga BNB bertambah 0,69 persen. Kini, harga BNB berada di posisi USD 323,26.

Harga XRP terpangkas 1,25 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga XRP turun 3,43 persen. Saat ini, harga XRP berada di posisi USD 0,4588.

Demikian juga harga cardano (ADA) yang tergelincir 3,07 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga cardano merosot 4,83 persen. Saat ini, harga ADA berada di posisi USD 0,3802.

Harga dogecoin (DOGE) susut 3,07 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga dogecoin tersungkur 5,06 persen. Harga dogecoin saat ini berada di kisaran USD 0,07693.

Harga polygon (MATIC) melemah 1,72 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga polygon terpangkas 2,17 persen. Kini, harga polygon berada di posisi USD 0,9733.

Harga solana juga berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga solana tenggelam 3,9 persen. Dalam sepekan terakhir, harga solana terpangkas 5,28 persen. Saat ini, harga solana berada di posisi USD 21,86.

Harga kripto hari ini seperti stablecoin tether (USDT) naik 0,07 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga tether bertambah 0,11 persen. Kini, harga tether berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga USDC melemah 0,01 persen. Harga USD Coin kini di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto global terpangkas 2,12 persen dalam satu hari. Saat ini berada di posisi USD 1,19 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Regulator Keuangan Inggris Tindak ATM Kripto Tak Berlisensi

Sebelumnya, regulator keuangan Inggris, Financial Conduct Authority (FCA), melanjutkan tindakan kerasnya terhadap ATM Kripto yang melanggar hukum karena tidak terdaftar atau berlisensi. 

Perangkat untuk mengubah mata uang fiat menjadi kripto itu dipandang sebagai ancaman pencucian uang, dan tidak ada yang dicatat dengan FCA seperti yang diwajibkan oleh undang-undang, kata regulator dalam sebuah pernyataan. 

"ATM Crypto yang beroperasi tanpa pendaftaran FCA adalah ilegal. Kami akan bertindak untuk menghentikan aktivitas ilegal,” kata Direktur Eksekutif Penegakan dan Pengawasan Pasar FCA Therese Chambers, dikutip dari CoinDesk, Sabtu (6/5/2023).

FCA mengatakan sedang meninjau bukti yang diperoleh dari pemeriksaannya, tetapi tidak merinci tindakan lebih lanjut apa, jika ada, yang mungkin diambil. Penggerebekan tersebut mengikuti tindakan penegakan hukum di Leeds dan London Timur yang diumumkan pada Maret.

Ada 17 ATM kripto di Inggris, menurut situs web CoinATMRadar, tetapi FCA mengatakan tidak satu pun dari 40 atau lebih perusahaan kripto yang terdaftar diizinkan untuk menawarkan layanan itu.

Jumlah ATM Kripto di Dunia

Data yang dikumpulkan oleh Crypto Presales, menunjukkan sekitar 6.100 mesin ATM kripto dan bitcoin yang dipasang dalam sebelas bulan pertama 2022. Ini hampir tiga kali lebih sedikit dari yang dipasang pada periode yang sama tahun lalu. 

Perlambatan nyata dalam jumlah ATM yang baru dipasang berbeda dengan peningkatan pesat dalam jumlah pemasangan baru yang terlihat pada 2021. 

Seperti yang dijelaskan dalam laporan Crypto Presales, pada 2021 instalasi ATM kripto dan bitcoin paling banyak sejauh ini sekitar 20.300 mesin yang baru dipasang. Rekor jumlah instalasi baru tahun itu menjadikan jumlah total ATM kripto di dunia menjadi 32.600.

 

3 dari 5 halaman

Argentina Larang Aplikasi Pembayaran Tawarkan Layanan Kripto ke Pelanggan

Sebelumnya, Bank sentral Argentina mengeluarkan aturan yang menekan kripto. Dalam sebuah pernyataan pada Jumat, 5 Mei 2023, bank sentral mengatakan platform pembayaran di Argentina sekarang dilarang menawarkan aset digital seperti Bitcoin kepada pelanggan.

Bank Sentral mengatakan alasannya adalah untuk mengurangi penyebaran risiko dari aset digital. Sejumlah perusahaan populer termasuk raksasa fintek Uala dan pasar online Mercado Libre yang menawarkan perdagangan kripto kepada klien.

"Penyedia layanan pembayaran yang menawarkan akun pembayaran tidak boleh melakukan atau memfasilitasi transaksi dengan aset digital, termasuk aset kripto, yang tidak diatur oleh otoritas nasional yang berwenang dan disahkan oleh Bank Sentral Republik Argentina (BCRA) kepada pelanggan mereka,” kata Bank Sentral, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (6/5/2023).

Bank tidak menjelaskan alasannya, selain untuk melindungi pelanggan, dalam pengumuman tersebut. 

Penggunaan Kripto di Argentina

Argentina sebagai negara dengan perekonomian terbesar ketiga di Amerika Latin, saat ini menderita salah satu akibat tingkat inflasi terburuk di dunia. Inflasi di Argentina melambung melewati 100 persen bulan lalu untuk pertama kalinya dalam tiga dekade.

Sejumlah startup kripto di negara tersebut dan bahkan satu calon presiden populer telah mengabarkan penggunaan Bitcoin sebagai penyelamat bagi rakyat biasa Argentina yang tidak bisa menabung atau terpuruk dalam kemiskinan karena runtuhnya peso.

Meskipun cryptocurrency tidak diatur di negara Amerika Selatan, mereka menjadi populer. Perusahaan data Blockchain, Chainalysis, mengatakan Argentina adalah salah satu pasar cryptocurrency dengan pertumbuhan tercepat. Tahun lalu peringkatnya di nomor 13 dalam Indeks Adopsi Crypto Global 2022.

 

4 dari 5 halaman

Cegah Penipuan, Argentina Bakal Atur Iklan Terkait Kripto

Sebelumnya, Argentina, salah satu negara di mana adopsi cryptocurrency telah berkembang, telah mulai mempertimbangkan pembentukan undang-undang periklanan terkait kripto. Hal ini merupakan tindakan dalam mencegah penipuan kripto melalui iklan

Diskusi, yang dipromosikan oleh Senator Argentina, Eduardo Andrada dan lainnya, akan berfokus pada mendidik calon pengguna cryptocurrency tentang aset ini. 

Dengan cara yang sama, tujuan lain dari proyek potensial ini adalah untuk melindungi investor agar tidak jatuh ke dalam skema kripto palsu dan berbasis Ponzi.

Pertemuan yang dihadiri anggota Komisi Sekuritas Argentina, Sebastian Negri dan Martín Breinlinger, mempresentasikan beberapa skema cryptocurrency yang memiliki promosi dan iklan melalui media yang berbeda.

Salah satu ide yang disajikan mengusulkan agar publisitas terkait kripto harus menyertakan slogan yang menjelaskan risiko yang dibawa oleh investasi semacam itu.

Senator dan asisten lainnya memiliki pandangan berbeda mengenai proyek yang diusulkan. Negri menjelaskan manfaat dari pengesahan undang-undang tersebut bagi calon investor. 

 

 

5 dari 5 halaman

Senator Tak Setuju Pengaturan Iklan Kripto

“Dengan kenaikan Bitcoin dari 10.000 menjadi 69.000 dolar, yang mereka lakukan adalah menjanjikan kepada orang-orang bahwa profitabilitas yang terjadi pada tahun sebelumnya akan terulang kembali bagi mereka yang masuk sekarang. Itu adalah iklan palsu,” kata Negri dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (30/12/2022).

Adapun, Negri menyatakan lembaga keuangan tradisional, seperti bank, tidak dapat melakukannya, tetapi kripto dapat melakukannya karena rendahnya regulasi ekosistem di negara tersebut. 

Namun, Senator Angela Negri menyatakan ketidaksetujuannya terhadap gagasan mengatur iklan kripto, menyatakan hal ini dapat menyebabkan Senat terjebak dalam masalah terkait kripto lainnya.

Negara-negara lain telah menetapkan peraturan tentang hal ini. Pada Januari, Spanyol menetapkan aturannya sendiri untuk mengontrol publisitas kripto, dengan menargetkan influencer terlebih dahulu. 

Dengan cara yang sama, Inggris mengumumkan pada Juli akan meningkatkan kewaspadaaan terhadap kampanye kripto yang menyesatkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.