Sukses

China Bakal Pakai Yuan Digital dalam Pembayaran Lintas Batas

Penggunaan Yuan Digital ini menjadi salah satu langkah China untuk tidak menggunakan dolar Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - China adalah salah satu negara pertama yang mulai mengerjakan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau Mata Uang Digital Bank Sentral. Meski pembangunannya telah selesai, pemerintah China belum secara resmi meluncurkan CBDC.

Dilansir dari Cointelegraph, Sabtu (6/5/2023), dalam lanjutan proyek tersebut, China bakal memperluas kasus penggunaan untuk CBDC, yang disebut yuan digital untuk Belt and Road Initiative dan perdagangan lintas batas. 

Yuan Digital adalah salah satu CBDC pertama yang dikembangkan dan diuji secara luas. Meskipun belum ada peluncuran resmi, pemerintah telah memperluas parameter pengujiannya dengan menyertakan beberapa kota dan jutaan orang.

Sebuah rencana mempromosikan penggunaan mata uang digital China dalam perdagangan lintas batas dikeluarkan di kota Xuzhou, yang berfungsi sebagai titik keberangkatan banyak kereta barang dari China menuju Eropa. 

Ada 18 koneksi kereta api lintas batas reguler dari kota ke 21 negara di Asia dan Eropa, lapor South China Morning Post.

Xuzhou adalah pusat perdagangan dan berencana untuk mempromosikan penggunaan yuan digital untuk membayar layanan dan biaya penyimpanan barang yang dibawa oleh kereta lintas batas. 

Eksperimen berencana untuk memperluas penggunaan yuan digital untuk membayar pajak dan layanan utilitas di kota di masa mendatang.

Provinsi Jiangsu, khususnya, cukup proaktif dalam mempromosikan kasus penggunaan yuan digital. Changshu, kota lain di provinsi itu, mengumumkan akan membayar pegawai negeri dan orang-orang yang bekerja untuk lembaga publik menggunakan yuan digital.

Menjauhi Standar Dolar AS

Pemerintah China telah meningkatkan upaya CBDC pada saat pasar perdagangan internasional menjauh dari standar dolar AS. Baru-baru ini, China menyelesaikan beberapa perjanjian perdagangan dengan Rusia dan India berdasarkan mata uang nasional mereka atas dolar AS.

Chan menambahkan bahwa proyek lintas batas lainnya yang melibatkan Thailand dan Uni Emirat Arab sedang dijajaki China dan dua negara lain untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya transaksi lintas batas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perusahaan Milik China Bantu Kucurkan Dana untuk Investasi Kripto

Sebelumnya, sebuah perusahaan yang berbasis di Hong Kong, bagian dari grup China Pacific Insurance Company (CPIC), telah bergabung dengan Waterdrip Capital dan mendirikan dua dana investasi kripto di wilayah administrasi khusus yang akan berkonsentrasi pada industri yang dibangun di seputar teknologi blockchain dan aset kripto.

Dilansir dari Bitcoin.com, Sabtu (8/4/2023). CPIC adalah perusahaan asuransi milik negara terbesar ketiga di China, sedangkan Waterdrip adalah lembaga investasi internasional yang mendukung proyek berorientasi blockchain dan startup kripto seperti Polkadot. 

Menurut penjelasan situs webnya, Waterdrip didirikan pada 2017 oleh pelopor blockchain Tiongkok yang berpikiran maju.

Perusahaan telah meluncurkan dua dana untuk investasi di sektor kripto, dana modal ventura yang disebut Pacific Waterdrip Digital Asset Fund I dan Pacific Waterdrip Digital Asset Fund II, juga disebut sebagai Dana Peningkatan Pendapatan Token POS.

Yang pertama akan berinvestasi pada tahap awal proyek baru yang berfokus pada pengembangan infrastruktur blockchain, aplikasi keuangan terdesentralisasi, aplikasi Web3, metaverse, dan non-fungible token (NFT), sedangkan yang kedua terutama akan memegang aset digital berdasarkan bukti mekanisme konsensus proof of stake (POS) atau bukti kepemilikan.

Tujuan utama di balik inisiatif ini adalah untuk memberi investor pilihan investasi yang lebih terdiversifikasi dan inovatif. Kelompok target dana akan mencakup investor institusi seperti perusahaan dan kantor keluarga serta investor individu bernilai tinggi.

Pemerintah pusat di China telah menindak aktivitas terkait kripto di Republik Rakyat, tetapi ada indikasi rencana Hong Kong untuk menjadi pusat utama aset digital mendapat dukungan dari Beijing. 

Sebuah laporan baru-baru ini oleh Bloomberg mengungkapkan bank-bank milik negara China telah membuka pintu mereka untuk perusahaan kripto yang datang ke wilayah tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Ukraina Bongkar Penipuan Kripto, Tipu 1.000 Orang dan Kantongi USD 40 Juta

Sebelumnya, penegak hukum Ukraina mengungkap piramida keuangan terkait kripto yang berasal dari Rusia yang diduga menghasilkan ratusan juta dolar AS.

Penipuan tersebut meyakinkan para korban untuk mengirim uang fiat dan cryptocurrency dengan janji investasi yang menguntungkan di perusahaan besar di seluruh dunia.

Melansir laman cryptosaurus.tech, Jumat (7/4/2023), Pejabat Dinas Keamanan Ukraina (SBU) telah membongkar skema investasi palsu yang disebut 'Life is Good'.

Penipu ini menawarkan calon pelanggan untuk melipatgandakan kekayaan mereka dengan mengakuisisi saham perusahaan global.

Penyelenggara skema piramida besar dilaporkan menerima sekitar USD 40 juta dari lebih dari 1.000 orang yang berhasil mereka tipu. Para korban diinstruksikan untuk mentransfer uang langsung ke dompet crypto dan rekening bank penipu.

Life Is Good memiliki platform online yang mengelola akun investor palsu. Pelanggan dijanjikan kesepakatan yang akan menghasilkan keuntungan tetap dalam bentuk dividen dan bonus "dijamin" jika mereka mampu menarik peserta baru ke proyek.

Menurut penyelidik Ukraina, organisasi kriminal tersebut terdiri dari lebih dari 10 orang, kebanyakan warga negara Rusia. Piramida Keuangan, yang diluncurkan di Federasi Rusia pada 2017, memiliki cabang lokal di Ukraina.

Setelah invasi besar-besaran ke Rusia yang dimulai pada akhir Februari 2022, penyelenggara berusaha menyembunyikan keterlibatan mereka dalam skema tersebut dengan mengembangkan mekanisme untuk mengumpulkan cryptocurrency melalui jaringan pertukaran yang beroperasi di seluruh Ukraina.

Bekerja dengan rekan mereka dari polisi dan jaksa Ukraina, petugas SBU menggeledah kantor Life Is Good di Kiev, menyita komputer, ponsel, dokumen akuntansi, dan catatan lain yang menunjukkan aktivitas kriminal serta materi iklan. disita.

 

4 dari 4 halaman

Kenya Bakal Tarik Pajak 3 Persen untuk Transaksi Kripto dan NFT

Sebelumnya, anggota parlemen Kenya sedang mempertimbangkan pengenalan pajak 3 persen pada cryptocurrency dan transfer token nonfungible (NFT), serta pajak 15 persen pada konten online yang dimonetisasi.

Diperkenalkan ke parlemen Kenya pada 4 Mei, RUU Keuangan 2023 Kenya akan memberlakukan pajak aset digital atas pendapatan yang diperoleh dari transfer atau pertukaran aset digital.

Melansir Cointelegraph, Jumat (5/5/2023), perusahaan pertukaran atau pihak yang memulai transaksi NFT akan diminta untuk memungut pajak dengan mengurangi 3 persen dari nilai transfer yang harus dibayarkan kepada pemerintah. Pertukaran yang tidak terdaftar di Kenya harus terlebih dahulu mendaftar di bawah otoritas pajak setempat.

RUU tersebut juga berupaya untuk mengenakan pajak atas monetisasi konten digital, memungut pajak 15 persen atas pembuat konten yang dibayar untuk mempromosikan dan mengiklankan produk dan layanan online termasuk tetapi tidak terbatas pada sponsor, pemasaran afiliasi, penjualan barang dagangan, dan langganan berbayar.

Beberapa pihak cukup antusias memantau perkembangan regulasi ini lantaran crypto dan NFT tampaknya mulai diakui secara resmi di negara tersebut. Sebelumnya, Bank Sentral Kenya telah memperingatkan agar tidak menggunakan crypto tetapi tidak ada larangan langsung yang diberlakukan.

Kenya pertama kali melakukan upaya untuk mengatur crypto pada November lalu, memperkenalkan amandemen undang-undang pasar modal yang mewajibkan mereka yang memiliki atau berurusan dengan crypto untuk melaporkan informasi tentang aktivitas mereka kepada pihak berwenang. Kenya berada di 20 negara teratas dalam hal adopsi crypto. Laporan bulan September dari perusahaan analitik blockchain, Chainalysis, menempatkan negara tersebut di urutan ke-19 dalam adopsi crypto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini