Sukses

Binance US Batalkan Akuisisi Broker Kripto Bangkrut Voyager Digital

Keputusan itu diambil setelah perselisihan berbulan-bulan dan intervensi dari berbagai regulator federal.

Liputan6.com, Jakarta Anak perusahaan Binance di AS, Binance US mengakhiri perjanjian untuk membeli broker kripto yang bangkrut Voyager Digital. Pembatalan ini terjadi setelah regulator federal membatalkan upaya mereka untuk menghentikan kesepakatan di pengadilan.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (26/4/2023), keputusan itu diambil setelah perselisihan berbulan-bulan dan intervensi dari berbagai regulator federal dan negara bagian atas kesepakatan itu. 

Dalam sebuah pernyataan, Binance US mengatakan iklim peraturan yang tidak bersahabat dan tidak pasti di Amerika Serikat telah memperkenalkan lingkungan operasi yang tidak dapat diprediksi yang berdampak pada seluruh komunitas bisnis Amerika.

Ini adalah kesepakatan kedua yang gagal untuk Voyager Digital, yang telah berusaha keluar dari kebangkrutan dan membayar kembali pelanggannya sejak mengajukan perlindungan Bab 11 tahun lalu. 

Pada Selasa, 25 April 2023, Binance US mengirimi Voyager pemberitahuan hukum empat paragraf yang memberitahu perusahaan transaksi dibatalkan. Surat itu tidak menjelaskan mengapa itu mundur, merujuk hanya pada bagian dari perjanjian yang telah menetapkan 18 April sebagai batas waktu Voyager untuk menutup kesepakatan.

Tekanan Peraturan Binance US

Binance US telah menghadapi tekanan peraturan yang signifikan terhadap kesepakatan tersebut, termasuk keberatan dari Dewan Sekuritas Negara Bagian Texas, Komisi Sekuritas dan Bursa AS, dan Komisi Perdagangan Federal AS. 

Regulator Texas menyatakan keprihatinan tentang independensi Binance US dari Binance.com, raksasa pertukaran kripto global yang dimiliki oleh Changpeng Zhao.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Bank Sentral Korea Selatan Diberi Hak untuk Selidiki Perusahaan Kripto Lokal

Bank of Korea (BoK) atau bank sentral Korea Selatan telah diberi lampu hijau untuk meningkatkan pengawasannya terhadap operator dan penerbit layanan cryptocurrency di tengah diskusi lebih lanjut tentang undang-undang aset virtual di negara tersebut.

Melansir Cointelegraph, Senin (24/4/2023), pada 20 April 2023, outlet media lokal The Korea Herald melaporkan bahwa Bank of Korea akan diberikan hak untuk menyelidiki operator bisnis terkait cryptocurrency.

Bank sentral Korea Selatan telah bersaing dengan regulator keuangan negara itu, Komisi Jasa Keuangan (FSC), atas yurisdiksi kripto. Namun, FSC akan memiliki keputusan akhir dalam mengatur regulasi sektor aset digital.

Bank of Korea menyatakan keprihatinan atas risiko stabilitas keuangan dari stablecoin dan sekarang akan dapat meminta data transaksi dari pertukaran kripto.

Hak BoK untuk meminta data dari operator mata uang digital dikonfirmasi oleh seorang pejabat dari Komite Urusan Politik Majelis Nasional pekan lalu. FSC akan mengungkapkan posisi resminya pada pertemuan sub komite pada 25 April.

Pertemuan tersebut akan mempercepat peluncuran undang-undang aset virtual Korea Selatan, menurut laporan tersebut.

"Komisi Jasa Keuangan mengakui bahwa Bank Korea perlu memiliki hak untuk meminta data, tetapi menolak untuk memasukkannya ke dalam tagihan," kata Anggota parlemen Partai Demokrat Kim Han-gyu, yang mengusulkan peraturan kripto negara itu.

Pemerintah Korea Selatan telah mencoba untuk mendorong undang-undang kripto tetapi ada argumen antara bank sentral dan FSC tentang siapa yang harus mengendalikannya.

Namun, FSC memperingatkanjika bank sentral mengatur kripto, itu akan mengirimkan pesan aset digital memiliki kedudukan yang sama dengan keuangan tradisional. Ketua FSC sebelumnya mengatakan bahwa dia tidak menganggap kripto sebagai aset keuangan.

3 dari 3 halaman

Bakal Punya Wewenang Selidiki Operator Kripto

Kedua institusi telah berselisih selama tiga tahun terakhir karena peraturan kripto. FSC telah dituduh oleh pejabat dari Komite Urusan Politik, sebuah divisi dari Komisi Urusan Negara, mencoba memonopoli posisinya sebagai regulator kripto.

Perkembangan terbaru berarti bank sentral Korea Selatan dan regulator keuangannya akan dapat menyelidiki operator kripto dan memiliki akses penuh ke data transaksi.

FSC baru-baru ini aktif dengan tindakan penegakan terhadap perusahaan kripto dan mengambil posisi yang sama dengan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat dalam hal menganggap sekuritas aset kripto.

Layanan Pengawas Keuangan Korea Selatan, yang beroperasi di bawah FSC, mengumumkan badan investigasi yang disebut Komite Aset Digital pada pertengahan 2022.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini