Sukses

Harga Kripto Hari Ini 23 April 2023: Bitcoin Menghijau, XRP Pimpin Penguatan

Harga kripto jajaran teratas bergerak di zona hijau pada perdagangan Minggu, 23 April 2023. Kripto XRP memimpin penguatan pada akhir pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mayoritas harga kripto jajaran teratas berada di zona hijau dalam perdagangan 24 jam terakhir pada Minggu, 23 April 2023. Hingga pukul 06.00 WIB, XRP memimpin penguatan untuk periode tersebut.

Sayangnya, harga kripto masih tertekan dalam sepekan, dengan penurunan terdalam dicatatkan oleh Cardano (ADA). Melansir data Coinmarketcap, Minggu (23/4/2023), kripto dengan kapitalisasi terbesar, Bitcoin (BTC) terpantau berada pada level USD 27.846,56, atau setara Rp 415,92 juta (kurs Rp 14.936 per USD).

Harga bitcoin naik 2,08 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, terkoreksi 8,32 persen dalam sepekan. Harga Ethereum (ETH) naik 1,66 persen dalam 24 jam terakhir ke posisi USD 1.877,05, setara Rp 28,04 juta. Dalam sepekan, harga ethereum turun 10,48 persen. Tether (USTD) turun 0,02 persen dalam sepekan ke level USD 1,00, atau sekitar Rp 14.936.

Dalam sepekan, harga tether turun 0,06 persen. BNB (BNB) terpantau berada pada level USD 332,21, setara Rp 4,96 juta. Dalam 24 jam terakhir, BNB naik 3,63 persen. Dalam sepekan, BNB turun 0,53 persen. USD Coin (USDC) turun 0,04 persen dalam 24 jam terakhir ke level USD 1,00, atau Rp 14.936.

Selama sepekan, USDC naik tipis 0,02 persen. Harga XRP (XRP) nik 5,8 persen dalam 24 jam terakhir ke level USD 0,4719, setara Rp 7.048,30. Kenaikan ini menjadi yang tertinggi di antara kripto teratas untuk periode tersebut. Sementara dalam sepekan, harga XRP terkoreksi 9,51 persen. Cardano (ADA) terpantau berada pada level USD 0,3965, atau sekitar Rp 5.922.12. Harga cardano naik 4,13 persen dalam 24 jam terakhir.

Namun, harga kripto seperti cardano turun 13,09 persen dalam sepekan, menjadi penurunan terdalam di antara kripto teratas untuk periode tersebut. Harga Dogecoin (DOGE) naik 2,82 persen dalam 24 jam terakhir ke level USD 0,0804, atau Rp 1.200,85. Dalam sepakna, harga dogecoin turun 9,35 persen.

Polygon (MATIC) naik 0,34 persen dalam 24 jam terakhir ke level USD 1,03, setara Rp 15.384,08, dan turun 12,78 persen dalam sepekan. Terakhir, Solana (SOL) naik 0,22 persen dalam 24 jam terakhir ke level USD 21,88, atau sekitar Rp 326.799,68. Dalam sepekan, solana turun  9,35 persen.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bank Rusia Siapkan RUU yang Atur Kripto untuk Ekspor-Impor

Sebelumnya, Bank Rusia sedang mengerjakan RUU yang akan memperkenalkan "rezim hukum eksperimental" untuk cryptocurrency yang akan digunakan secara eksklusif dalam kesepakatan ekspor-impor.

Hal tersebut disampaikan oleh kepala badan pengawas, Elvira Naiullina, pada Senin, 17 April 2023, menurut kantor berita Rusia TASS. "Meskipun begitu, perdagangan dan pembayaran kripto di dalam Rusia masih akan dilarang,” kata Naiullinam dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (22/4/2023).

Pemerintah negara itu juga sedang mengerjakan RUU yang akan membentuk badan nasional untuk melisensikan dan mengawasi platform mata uang kripto yang beroperasi di Rusia, tulis surat kabar lokal Vedomosti, mengutip anggota komite kebijakan ekonomi parlemen Rusia, Sergei Altukhov,. Altukhov menambahkan kode pajak baru akan diperkenalkan untuk penambang sebagai bagian dari peraturan tersebut. 

Berbicara dengan fraksi parlemen dari partai politik "New People" pada Senin, Nabiullina mengatakan rencana bank sentral mencakup pembentukan organisasi khusus yang akan ditagih dengan menambang kripto dan memproses pembayaran untuk kesepakatan perdagangan lintas batas. 

Belum jelas seperti apa organisasi-organisasi ini. BitRiver, salah satu perusahaan pertambangan terbesar Rusia, sebelumnya bermitra dengan perusahaan minyak Gazpromneft yang berafiliasi dengan negara.

Aset digital yang diterbitkan di dalam Rusia, sesuai dengan undang-undang setempat yang disahkan pada 2020, juga dapat digunakan untuk kesepakatan lintas batas yang setara dengan cryptocurrency terdesentralisasi global, tambah Nabiullina.

Bank Rusia dan Kementerian Keuangan negara tersebut sebelumnya sepakat Rusia tidak dapat menghindari penggunaan pembayaran kripto selama situasi saat ini, mengacu pada sanksi internasional yang dikenakan pada negara tersebut untuk mengecualikannya dari infrastruktur pembayaran global bertenaga dolar AS.

 

 

3 dari 4 halaman

Diduga Curi Listrik, Polisi Rusia Tutup Penambangan Kripto Ilegal

Sebelumnya, polisi dan pemasok listrik Rusia telah melakukan penutupan dan membongkar instalasi penambangan kripto ilegal di Siberia dan Rusia Selatan. Dalam salah satu kasus, penyelenggara perusahaan pertambangan diduga mencuri listrik dalam jumlah besar.

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (20/3/2023), perusahaan listrik di kawasan itu mengumumkan pada Jumat, 17 Maret 2023, bersama dengan penegak hukum, mereka menyita 66 alat penambang. 

Seorang penduduk desa Nadezhda, yang menempatkan peralatan penambangan kripto di rumahnya dan menghubungkannya ke jaringan listrik, sekarang dapat menghadapi tuntutan pidana karena menjalankan fasilitas bawah tanah tersebut. 

Insinyur listrik memperkirakan itu membakar 954.000 kWh listrik selama lebih dari 6 juta USD 78.000 atau setara Rp 1,1 miliar (asumsi kurs Rp 15.345 per dolar AS). 

Instalasi serupa ditemukan di loteng sebuah sekolah di kota Shelekhov, ketika polisi menanggapi laporan oleh perusahaan listrik setempat tentang konsumsi listrik yang luar biasa tinggi dan kebisingan yang berasal dari atap gedung. 

Petugas menyita 25 unit alat tambang yang dipasang oleh tukang listrik sekolah dan seorang temannya yang merupakan spesialis IT.

Kasus seperti itu cukup umum terjadi di wilayah Siberia, yang dijuluki ibu kota pertambangan Rusia, di mana banyak orang menambang di ruang bawah tanah hingga garasi. 

Mereka mencoba menghasilkan uang dengan menggunakan listrik bersubsidi di daerah pemukiman. Menurut sebuah laporan pada Februari 2023, lebih dari 1.000 tuntutan hukum telah diajukan terhadap penambang kripto rumahan di Irkutsk.

Minggu ini, Kantor Kejaksaan Tomsk, oblast Siberia lainnya, mengumumkan telah menyetujui dakwaan dalam kasus pidana terhadap tujuh penduduk setempat yang mengorganisir untuk secara ilegal menghubungkan beberapa tempat dengan peralatan penambangan kripto ke jaringan listrik. Mereka dituduh menyebabkan kerusakan pada pemasok listrik sekitar USD 310.000 atau setara Rp 4,7 miliar. 

 

4 dari 4 halaman

Sejumlah Operasi Penambangan Kripto Rusak di Rusia

Sebelumnya, pihak berwenang dan utilitas listrik di berbagai wilayah Rusia telah menutup ladang penambangan kripto ilegal, menyita perangkat keras, dan membawa operator ke pengadilan.

Tindakan terhadap fasilitas pencetakan koin dilakukan di tengah diskusi tentang proposal untuk memperkenalkan tanggung jawab pidana bagi penambang yang melanggar undang-undang industri yang akan datang.

Melansir Bitcoin, Minggu (19/3/2023), polisi dan pemasok listrik telah menemukan dan membongkar instalasi penambangan crypto ilegal di Siberia dan Rusia Selatan, outlet berita crypto lokal melaporkan minggu ini, mengutip pihak berwenang. Dalam salah satu kasus, penyelenggara perusahaan pertambangan dituduh mencuri listrik dalam jumlah besar.

Karyawan Kaukasus Utara Rosseti menemukan ladang pertambangan improvisasi yang cukup besar di distrik Shpakovsky di Stavropol Krai. Bersama dengan penegak hukum, mereka menyita 66 penambang ASIC, perusahaan listrik di kawasan itu mengumumkan pada Jumat.

Seorang penduduk desa Nadezhda, yang menempatkan peralatan penambahan kripto di rumahnya dan menghubungkannya ke jaringan listrik, sekarang dapat menghadapi tuntutan pidana karena menjalankan fasilitas bawah tanah tersebut. Insinyur listrik memperkirakan itu membakar 954.000 kWh listrik selama lebih dari 6 juta rubel (USD 78.000 atau Rp 1,19 miliar).

Instalasi serupa ditemukan di loteng sebuah sekolah di kota Shelekhov, Oblast Irkutsk, ketika polisi menanggapi laporan oleh perusahaan listrik setempat tentang konsumsi listrik yang luar biasa tinggi dan kebisingan yang berasal dari atap gedung. Petugas menyita 25 unit tambang yang dipasang oleh tukang listrik sekolah dan seorang temannya yang merupakan spesialis IT.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.