Sukses

Volume Perdagangan NFT Ikut Gonjang Ganjing Terimbas Keruntuhan Silicon Valley Bank

Perdagangan NFT harian juga hanya berjumlah 33.112, terendah penghitungan harian sepanjang tahun ini

Liputan6.com, Jakarta Federal Deposit Insurance Corp telah mengambil alih Silicon Valley Bank (SVB), setelah hal itu hanya ada 12.000 pedagang NFT aktif, menurut data dari DappRadar, jumlah yang tidak terlihat sejak November 2021. 

Dilansir dari CoinDesk, Jumat (17/3/2023), perdagangan NFT harian juga hanya berjumlah 33.112, terendah penghitungan harian sepanjang tahun ini. Sejak awal Maret 2023, volume perdagangan NFT turun 51 persen, dengan penjualan turun sekitar 16 persen, menurut data DappRadar. 

Hal ini akibat beberapa perusahaan di balik proyek NFT memiliki eksposur dengan Silicon Valley Bank yang akhirnya ikut terdampak saat keruntuhan salah satu bank terbesar itu. 

Namun, tidak semua koleksi NFT terpengaruh dengan keruntuhan SVB. Proyek-proyek dari penerbit NFT Yuga Labs, termasuk Bored Ape Yacht Club dan CryptoPunks, melihat harga dasar koleksi NFTsedikit turun, tetapi harga pulih dengan cepat. ‘

Seorang pengguna Twitter membandingkan NFT CryptoPunks dengan aset kripto stablecoin USDC, mengklaim NFT lebih stabil daripada stablecoin, yang kehilangan pasaknya terhadap dolar AS setelah keruntuhan Silicon Valley Bank. 

Bank gagal setelah menjual sebagian besar kepemilikannya dengan kerugian untuk memenuhi permintaan penarikan pelanggan yang membanjir.

Tak Semua NFT Bertahan dari Keruntuhan SVB

Tidak semua koleksi berhasil melewati keruntuhan Silicon Valley Bank tanpa cedera. Tak lama setelah berita keruntuhan SVB menyebar, Proof, perusahaan di belakang koleksi NFT populer Moonbirds, mengumumkan perusahaan memiliki sejumlah dana yang diinvestasikan di Silicon Valley Bank, memicu ketidakpastian di antara pemegangnya.

Selama akhir pekan lalu, Moonbirds kehilangan sekitar 18 persen nilainya, menurut DappRadar. Satu pemegang besar menjual 500 Moonbird pada Sabtu, 11 MAret 2023 menimbulkan kerugian antara 9 persen dan 33 persen dengan total lebih dari 700 ETH, atau sekitar USD 1,1 juta atau setara Rp 16,9 miliar (asumsi kurs Rp 15.428 per dolar AS). 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perusahaan Kripto Korban Silicon Valley Bank Bertambah, Berikut Daftarnya

Jumlah perusahaan kripto yang terdampak dari runtuhnya Silicon Valley Bank bertambah. SVB telah lama menjadi sebagai salah satu pemberi pinjaman paling terkemuka untuk startup teknologi di dunia.

Penutupan Silicon Valley Bank pada Jumat lalu oleh Departemen Perlindungan Keuangan California menandai kegagalan bank terbesar kedua dalam sejarah Amerika setelah runtuhnya Washington Mutual selama krisis keuangan 2008. 

Dilansir dari Decrypt, Rabu (15/3/2023) deretan perusahaan kripto berikut turut terdampak dari runtuhnya bank Silicon Valley. 

Avalanche

The Avalanche Foundation, yang mendukung blockchain Avalanche, mengumumkan pada Jumat malam mereka memiliki lebih dari USD 1,6 juta atau setara Rp 24,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.372 per dolar AS) dalam eksposur ke Silicon Valley Bank.

Token asli Avalanche, AVAX Coin, saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD 4,84 miliar atau setara Rp 74,4 triliun.

“Sehubungan dengan berita terbaru, kami ingin mengonfirmasi Avalanche Foundation tidak memiliki eksposur ke Silvergate dan sedikit lebih dari USD 1,6 juta eksposur ke Silicon Valley Bank. Avalanche Foundation turut berduka cita atas pemberitaan tentang SI dan SIVB, dan berharap semua deposan sembuh total,” kata perusahaan.

Yuga Labs

Yuga Labs, perusahaan senilai USD 4 miliar atau setara Rp 61,4 triliun yang juga perusahaan di balik koleksi NFT, Bored Ape Yacht Club mengungkapkan terpapar SVB. 

Salah satu pendiri Yuga, Greg Solano, mengatakan perusahaan memiliki eksposur yang sangat terbatas terhadap bank yang gagal tersebut, meskipun Yuga belum mengonfirmasi secara pasti berapa banyak.

 

 

3 dari 3 halaman

Daftar Perusahaan Lainnya

Proof

Proof, yang juga menjadi perusahaan pemimpin dalam NFT, terpukul lebih keras akibat keruntuhan SVB. Proyek Web3 yang dibuat oleh salah satu pendiri Digg Kevin Rose, yang berada di belakang koleksi NFT Moonbirds terkemuka, mengeluarkan pernyataan pada Jumat yang mengonfirmasi perusahaan tersebut memegang uang tunai sebagai Silicon Valley Bank.

“Proof memegang uang tunai di SVB. Namun Kami untungnya mendiversifikasi aset kami di ETH, stablecoin, dan juga fiat," kata perusahaan di twitter.

Proof belum mengungkapkan berapa jumlah uang tunai yang disimpan di SVB. Sementara perusahaan mengakui keruntuhan SVB "menyebalkan", itu juga menegaskan potensi kerugian tidak akan memengaruhi keamanan aset pelanggan, atau peta jalan Proof.

Nova Labs, startup di balik jaringan terdesentralisasi dan penyedia internet Helium, mengungkapkan paparan SVB Jumat malam.

"Nova Labs memiliki beberapa dolar  yang tersangkut di SVB, tetapi sebagian besar ada di institusi lain,” kata CEO Nova Labs dan salah satu pendiri Helium, Amir Haleem.

Dapper Labs

Dapper Labs, perusahaan di belakang koleksi NFT NBA Top Shot, mengatakan memiliki "saldo kas minimal" di Silicon Valley Bank, dan tidak terpengaruh secara material oleh kegagalan bank. Tapi perusahaan mengungkapkan masih dampak "minimal" yang dirasakan.

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan yang diambil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.