Sukses

Stablecoin Binance, BUSD Keluar dari Jajaran 10 Kripto Teratas di Dunia

Stablecoin yang dikelola Paxos juga keluar dari sepuluh aset kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar.

Liputan6.com, Jakarta Setelah Paxos mengumumkan tidak akan lagi mencetak stablecoin milik Binance yaitu Binance USD (BUSD), ada sebanyak 4,98 miliar koin BUSD telah dihapus dari peredaran hingga saat ini. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (1/3/2023), stablecoin yang dikelola Paxos juga keluar dari sepuluh aset kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, tergelincir di bawah nilai dogecoin dengan kapitalisasi pasar sekitar USD 11,12 miliar atau setara Rp 169,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.210 per dolar AS), dibandingkan dengan kapitalisasi Dogecoin senilai USD 11,24 miliar atau setara Rp 170,9 triliun.

Pada 25 Februari 2023, portofolio cadangan Binance menunjukkan pertukaran kripto memegang USD 9,01 miliar atau setara Rp 137 triliun dalam bentuk BUSD. Secara global, BUSD memiliki volume perdagangan 24 jam sekitar USD 6,84 miliar atau setara RP 104 triliun, dengan Binance menjadi bursa BUSD paling aktif, menurut data Coingecko

Mayoritas perdagangan BUSD dipasangkan dengan stablecoin tether (USDT), sedangkan lira Turki masih menyumbang 2,80 persen dari semua perdagangan BUSD pada Sabtu, 25 Februari 2023.

Saat ini, dari keseluruhan ekonomi kripto senilai USD 1,1 triliun atau setara Rp 16.739 triliun, BUSD menyumbang 1,007 persen dari nilai agregat. Dominasi itu telah menurun secara signifikan selama 12 hari terakhir sejak secara resmi BUSD dihapus dari sepuluh posisi koin kripto teratas akhir pekan ini. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Kripto Bakal Dibayangi Suku Bunga The Fed

Analis yang juga pendiri perusahaan Options Insights, Imran Lakha mengatakan arah harga bitcoin dan cryptocurrency lainnya kemungkinan bergantung pada langkah Federal Reserve AS (The Fed) dalam mengambil kebijakan untuk menaikkan suku bunga. 

Sejak awal Februari 2023, bitcoin (BTC), cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, mencapai level tertinggi sejak Agustus. Namun, bitcoin turun setelah data indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi AS (PCE) pada Jumat dari Departemen Perdagangan AS naik 5,4 persen yang tak terduga pada Januari. 

Bitcoin dan kripto lainnya jatuh setelah laporan itu dirilis. Selain itu, menurut alat FedWatch CME, kemungkinan Federal Reserve AS menaikkan suku bunga acuan fed sebesar 50 basis poin pada Maret telah meningkat berkat data indeks PCE. Hal ini memperburuk volatilitas pasar kripto. 

Lakha mengatakan volatilitas menurun secara substansial antara November dan Desember setelah jatuhnya perusahaan kripto besar termasuk pertukaran FTX. Tidak sampai volatilitas sisi bawah mereda, selera risiko kembali ke pasar Itu menyebabkan lebih banyak pembelian bullish relatif terhadap bearish di pasar opsi kripto.

3 dari 3 halaman

Prediksi Bitcoin Turun ke Rp 243,8 Juta

BTC saat ini diperdagangkan tepat di kisaran USD 23.500 atau setara Rp 358,1 juta (asumsi kurs Rp 15.239 per dolar AS), tetapi Lakha tidak menutup kemungkinan Bitcoin diperdagangkan kembali hingga USD 16.000 atau setara Rp 243,8 juta sebelum memantul kembali ke USD 28.000 atau bahkan USD 30.000. 

Secara lebih luas, pasar kripto pada umumnya bergantung pada bitcoin yang tetap berada di atas ambang batas USD 20.000 hingga USD 21.000 untuk mendukung proyek-proyek dalam industri kripto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.