Sukses

Menguat 5 Persen, Berikut Kinerja Kripto ANC Coin Hari Ini 4 Januari 2023

ANC Coin berhasil menguat 5,63 persen dalam 24 jam terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Anchor Protocol adalah protokol peminjaman dan peminjaman yang menawarkan hasil hingga 19,5 persen pada setoran stablecoin. 

Dilansir dari Coinmarketcap, pemberi pinjaman dapat menyetorkan UST mereka dan mendapatkan tingkat bunga yang menarik untuk investasi mereka sekaligus mendapatkan keuntungan dari volatilitas yang rendah. 

Peminjam juga dapat mengubah agunan LUNA mereka menjadi aset produktif tanpa melepaskan kendalinya. 

Anchor Protocol dengan demikian dapat menarik investor menghindari risiko yang mencari investasi dengan hasil tinggi, volatilitas rendah dan meningkatkan permintaan untuk UST. 

Ini memajukan adopsi UST sebagai stablecoin dan selanjutnya adopsi proyek Terra di DeFi. Dengan meningkatnya adopsi Terra, yang pendirinya berada di balik peluncuran Anchor Protocol, harga LUNA akan meningkat. Anchor Protocol juga memiliki token kripto sendiri yaitu ANC coin. 

Di tengah pasar kripto yang sedang koreksi, ANC Coin justru berhasil mencatatkan performa cukup baik pada perdagangan hari ini 4 Januari 2023. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, harga ANC Coin adalah Rp 518,87 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar 247,6 miliar. ANC Coin berhasil menguat 5,63 persen dalam 24 jam terakhir.

Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 440. ANC Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 511,6 miliar. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 350,3 juta ANC Coin dari maksimal suplai 1 miliar ANC Coin. 

Pendiri Anchor Protocol?

Anchor Protocol didirikan pada Maret 2021 oleh Terraform Labs, sebuah perusahaan fintech Korea Selatan yang didirikan oleh Daniel Shin dan Do Kwon. Terraform Labs juga berada di belakang blockchain layer-one Terra yang telah mengambil alih ruang DeFi, naik sebesar 17.000 persen pada 2021.

Sebelum meluncurkan Terraform Labs, Mr. Kwon adalah CEO Anyfi, sebuah perusahaan rintisan yang menyediakan solusi jaringan mesh nirkabel terdesentralisasi. Selain itu, ia sebelumnya bekerja sebagai insinyur perangkat lunak untuk Microsoft dan Apple.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Kripto Rabu 4 Januari 2023

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Rabu (4/1/2023). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali bertengger di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu pagi, 4 Januari 2023, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah 0,40 persen dalam 24 jam terakhir dan 0,25 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 16.665 per koin atau setara Rp 259,8 juta (asumsi kurs Rp 15.594 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) turut melemah. ETH turun 0,50 persen dalam sehari terakhir dan 0,12 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.211 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 0,44 persen dan 0,07 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 245,67 per koin. 

 

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano, kembali bertengger di zona merah. Dalam satu hari terakhir ADA ambles 1,56  persen dan 3,21 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,2513 per koin.

Adapun Solana (SOL) masih menguat dalam satu hari terakhir sebesar 17,69 persen dan 20,41 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 13,27 per koin.

Sedangkan XRP kembali melemah hari ini. XRP ambles 1,97 persen dalam 24 jam dan 7,35 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3441 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali melemah. Dalam satu hari terakhir DOGE koreksi 3,07 persen dan 4,56 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,07 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto saat ini alami penurunan ke level USD 804,5 miliar dari sebelumnya di level 808,8 miliar.

4 dari 4 halaman

Mantan CEO FTX Sam Bankman Fried Diduga Pindahkan Kripto Rp 10,6 Miliar

Sebelumnya, menurut seorang analis bernama Bowtiediguana menerbitkan utas Twitter pada 29 Desember 2022, yang menjelaskan salah satu pendiri FTX, Sam Bankman-Fried (SBF), mungkin telah menguangkan USD 684.000 (Rp 10,6 miliar) aset kripto saat menjadi tahanan rumah. 

Jika dana dibelanjakan oleh SBF, itu bertentangan dengan ketentuan rilis pengadilan yang menyatakan mantan eksekutif FTX tidak boleh menghabiskan lebih dari USD 1.000 tanpa izin dari pengadilan.

Menurut Bowtiediguana, pada Agustus 2020, SBF setuju untuk mengambil alih sementara pertukaran desentralisasi (dex) Sushiswap, setelah pendiri anonim Chef Nomi memutuskan untuk pergi. Saat kesepakatan dibuat, SBF membagikan alamat Ethereum publik dan Chef Nomi mentransfer kepemilikan Sushiswap ke alamat SBF.

“Setelah SBF dirilis, dompetnya mengirim semua token kripto yang tersisa ke alamat Ethereum baru yang dibuat satu jam sebelumnya. Dalam 3 jam, lebih dari 100 setoran baru dilakukan ke dompet ini dari berbagai alamat, sebagian besar memiliki tautan ke hedge fund Alameda Research SBF yang sudah tidak berfungsi,” jelas Analis dikutip dari Bitcoin.com, Senin (2/1/2023)

Dalam waktu kurang dari empat jam, 570 Ethereum senilai sekitar USD 684.000 telah ditransfer dari dompet baru ini, ke berbagai tujuan. Dana dikirim ke pertukaran tanpa proses KYC yang berbasis di Seychelles dan ke jaringan Bitcoin melalui Protokol Ren, jembatan blockchain yang didanai oleh Alameda. 

Utas Bowtiediguana juga bahwa seseorang memutuskan untuk mengirimkan informasi melalui email ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) tentang pergerakan onchain terbaru.  Pengguna Twitter lain menandai regulator AS di utas Twitter tersebut.

Sejak penangkapan SBF dan pembebasannya, dana terkait FTX dan Alameda telah bergerak, dan transfer telah ditangkap oleh detektif onchain. Dana yang ditautkan ke Alameda ditransfer dua hari lalu dan dilaporkan dikirim ke Fixedfloat dan Changenow dan selanjutnya dikonversi menjadi BTC. 

Dalam contoh lain, dompet berlabel Alameda mengirim 11,37 kripto Wrapped Bitcoin (WBTC) ke dompet setelah menghapusnya dari Aave pada 29 Desember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.