Sukses

Nokia Sebut Metaverse Bakal Gantikan Smartphone di Masa Depan

Tren smartphone akan menurun dan bakal tergantikan oleh metaverse.

Liputan6.com, Jakarta - Nokia, salah satu perusahaan pertama yang memproduksi sistem telepon seluler tingkat konsumen, percaya metaverse akan menyebabkan penggunaan telepon menjadi tidak diminati. 

Menurut Nokia, pengalaman metaverse akan didukung oleh penggunaan headset virtual reality (VR) dan kacamata augmented reality, serta memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dalam beberapa aktivitas.

Hal tersebut yang dipercaya Nokia dapat membuat jatuhnya tren ponsel yang dikenal saat ini. Meskipun begitu, menurut Nokia, telepon akan masih ada, tetapi pengalaman metaverse akan menjadi bentuk komunikasi utama di paruh kedua dekade ini.

Chief Strategy and Technology Officer Nokia, Nishant Batra mengatakan teknologi perangkat augmented reality akan alami lonjakan pengguna yang akan mendorong metaverse.

“Keyakinan kami adalah perangkat ini akan diambil alih oleh pengalaman metaverse di paruh kedua dekade ini,” ujar Batra dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (27/10/2022). 

Masa Depan Digital Nokia

Di bidang konsumen, Nokia percaya kebangkitan dunia berbasis digital ini akan bergantung pada beberapa faktor penting, termasuk dorongan yang dilakukan perusahaan seperti Meta untuk menjadikan metaverse sebagai tren. 

“Adopsi teknologi secara luas dari perusahaan dan konsumen akan sangat penting untuk benar-benar lepas landas, dan ini juga akan tergantung pada ketersediaan perangkat VR dan AR yang terjangkau dan ergonomis yang terhubung secara nirkabel,” jelas Batra.

Dalam hal ini, harga headset metaverse populer telah meningkat akhir-akhir ini, karena Meta meningkatkan biaya Headset dasarnya menjadi USD 400 (Rp 6,2 juta) pada Juli. Awal bulan ini, perusahaan juga memperkenalkan opsi premium, Quest Pro VR, yang dibanderol dengan harga USD 1.500 (Rp 23,3 juta).

Namun, monetisasi metaverse akan menjadi hal yang sulit untuk dicapai, karena perusahaan percaya akan ada fragmentasi, dengan monetisasi tergantung pada pertumbuhan kasus penggunaan yang berbeda untuk pengalaman dan perangkat metaverse. Adopsi industri akan lebih mudah dicapai, karena beberapa kasus penggunaan sudah dieksplorasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Khawatir Kejahatan di Metaverse, Interpol Luncurkan Divisi Khusus

Sebelumnya, Interpol, Organisasi Polisi Kriminal Internasional, telah mengumumkan peluncuran pengalaman metaverse polisi yang pertama. Hal ini bertujuan untuk memajukan pemahaman tentang kejahatan terkait metaverse dan membuka kemungkinan bagi pengguna untuk menerima pelatihan di berbagai bidang.

Tujuan dari pengalaman ini adalah untuk membantu penegakan hukum di seluruh dunia, memungkinkan anggota Interpol mengalami metaverse dalam bentuk yang berbeda.  Menurut direktur eksekutif teknologi dan inovasi di Interpol, Madan Oberoi metaverse adalah kunci untuk masa depan kepolisian di dunia maya. 

“Metaverse memiliki potensi untuk mengubah setiap aspek kehidupan kita sehari-hari dengan implikasi yang sangat besar bagi penegakan hukum. Tetapi agar polisi memahami metaverse, kita perlu mengalaminya,” ujar Oberoi dikutip dari Bitcoin.com, Rabu, 26 Oktober 2022.

Kejahatan di Metaverse

Interpol khawatir tentang jenis kejahatan baru yang dapat dilakukan di metaverse, termasuk kejahatan terhadap anak-anak, pencurian data, pencucian uang, penipuan keuangan, pemalsuan, ransomware, phishing, serta serangan dan pelecehan seksual. 

Karena kejahatan ini dilakukan dengan cara yang berbeda dari di dunia nyata, ini menimbulkan tantangan yang signifikan bagi organisasi.

 

3 dari 5 halaman

Pendekatan Pendidikan

Forum Ekonomi Dunia juga telah menyatakan keprihatinannya secara khusus tentang keselamatan kaum muda di metaverse, membuat rekomendasi tentang bagaimana menjaga ekosistem yang bersih.

Sebuah Pendekatan Pendidikan

Namun, ada fungsi lain yang juga ingin diberikan oleh metaverse Interpol. Kesempatan untuk menginstruksikan petugas polisi di seluruh dunia dari hub pusat. Ini berarti tugas pelatihan jarak jauh dapat lebih mendalam dan menarik bagi siswa, menurut institusi tersebut.

Selama demonstrasi langsung kemungkinan ini, Interpol menyampaikan kursus tentang verifikasi dokumen perjalanan dan penyaringan yang secara virtual membawa pengguna ke bandara, untuk membuat pelatihan lebih realistis.

Metaverse diharapkan menjadi bagian yang relevan dari pembelajaran jarak jauh di masa depan. Sebuah survei yang dipresentasikan oleh Ipsos pada Mei 2022 mengungkapkan 66 persen dari mereka yang disurvei mengharapkan aplikasi pembelajaran virtual bertenaga metaverse untuk "secara signifikan mengubah" kehidupan orang dalam 10 tahun ke depan.

 

4 dari 5 halaman

Kolaborasi Meta dan Microsoft Hadirkan Produk Office di Metaverse

Sebelumnya, Meta telah bermitra dengan raksasa teknologi Microsoft untuk menghadirkan berbagai produk Microsoft Office 365 ke dalam platform realitas virtual (VR) Meta, yang bertujuan untuk menarik perusahaan agar bekerja di lingkungan virtual.

Selama keynote Meta Connect 2022 pada 11 Oktober 2022, CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan aplikasi panggilan video Teams akan terintegrasi dengan "Quest" Meta dan headset VR "Quest Pro" yang baru diluncurkan yang memungkinkan orang untuk berkumpul di ruang virtual yang mirip dengan ruang rapat.

Aplikasi produktivitas Microsoft yang familier seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan SharePoint juga akan tersedia dalam VR Meta. Nadella menambahkan fungsionalitas masa depan akan mencakup kemampuan untuk melakukan streaming komputer Windows Cloud ke headset Meta.

“Perangkat seluler tingkat perusahaan Microsoft dan aplikasi manajemen identitas akan kompatibel dengan headset Meta's Quest dan Quest Pro,” kata Nadella dikutip dari Cointelegraph, Kamis (13/10/2022).

 

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan mengamankan headset VR di jaringan perusahaan mereka seperti halnya komputer atau telepon. 

Dalam keynote, Nadella mengatakan pandemi telah membawa kesempatan "sekali seumur hidup" di lingkungan kerja yang sebelumnya berbasis kantor, mengacu pada kebijakan kerja jarak jauh yang sedang berlangsung yang pertama kali diterapkan karena pembatasan COVID-19.

“Saat pekerjaan tatap muka meningkat, kami ingin semua orang memiliki kemampuan untuk merasa seperti mereka hadir,” kata CEO Meta, Mark Zuckerberg.

Microsoft Teams juga akan kompatibel silang dengan ruang VR Meta untuk pertemuan bisnis yang disebut Horizon Workrooms. Zuckerberg mengatakan pengalaman lintas perangkat ini akan menjadi fondasi kantor metaverse masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.