Sukses

Republik Dominika Jadikan Kripto Jaringan Tron Alat Pembayaran Sah

Di Dominika, nilai tukar antara token asli Tron dan dolar Karibia Timur (XCD) akan ditentukan secara bebas oleh pasar,

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan Blockchain Tron telah menandatangani perjanjian dengan pemerintah Dominika untuk mengeluarkan token penggemar nasional untuk mempromosikan warisan dan pariwisata pulau Karibia, menurut sebuah pengumuman pada 7 Oktober 2022.

Dilansir dari CoinDesk, Jumat, 14 Oktober 2022, berdasarkan perjanjian tersebut, protokol Tron adalah "infrastruktur blockchain nasional yang ditunjuk" oleh negara pulau itu. 

Sebuah peraturan yang dikeluarkan pada hari yang sama menunjukkan token digital asli jaringan Tron diberikan "status hukum", yang berarti token tersebut sekarang diizinkan untuk digunakan sebagai alat tukar di negara tersebut. 

Pemerintah kini dapat menerima token tata kelola Tron seperti TRX, BTT dan JST, serta stablecoin yang dipatok ke dolar AS pada protokol TRC20 Tron seperti USDT dan USDD, sebagai pembayaran untuk layanan publik termasuk pembayaran pajak, kata perintah tersebut. 

Perusahaan swasta juga dapat menerima cryptocurrency ini sebagai pembayaran di mana infrastruktur yang diperlukan untuk transaksi tersedia.

Dengan pengesahan, Tron juga akan mengeluarkan koin Dominika (DMC), token penggemar berbasis blockchain untuk membantu mempromosikan kemeriahan global Dominika untuk warisan alam dan atraksi wisatanya" menurut pemerintah.

Di Dominika, nilai tukar antara token asli Tron dan dolar Karibia Timur (XCD) akan ditentukan secara bebas oleh pasar, sementara pertukaran antara token dan XCD tidak akan dikenakan pajak capital gain," kata peraturan tersebut.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gubernur Bank Sentral Inggris Sebut Bitcoin Tak Cocok Jadi Alat Pembayaran

Sebelumnya, Gubernur Bank Sentral Inggris, Andrew Bailey baru-baru ini memperingatkan dan memberikan pandangannya tentang Bitcoin dan cryptocurrency. Hal itu dia sampaikan dalam sebuah Podcast Jobs of the Future. 

Peringatannya datang setelah pasar kripto jatuh, menumpahkan hampir nilai pasar sebesar USD 500 miliar bulan ini atau sekitar Rp 7.288 triliun. Bitcoin, cryptocurrency terbesar, telah jatuh lebih dari 25 persen selama 30 hari terakhir.

Meskipun Bailey mengakui blockchain, teknologi yang mendasari cryptocurrency, adalah penting, Bailey tidak yakin tentang bitcoin sebagai alat pembayaran. Dia menambahkan bank sentral Inggris sedang merencanakan mata uang digitalnya sendiri.

“Dalam hal pembayaran, saya tidak berpikir itu akan menjadi kripto dalam arti istilah bitcoin. Saya tidak berpikir itu benar-benar alat pembayaran yang praktis,” ujar Bailey dikutip dari Bitcoin.com, ditulis Sabtu (28/5/2022). 

“Apa yang saya pikir harus ditentukan adalah, jika kita lebih mungkin hidup di dunia mata uang digital daripada metode pembayaran kuno, tepatnya bentuk mata uang digital, penggunaan digital, menjadi apa. yang menjadi norma yang diterima,” lanjut dia.

 

3 dari 5 halaman

Bitcoin Tidak Memiliki Nilai Intrinsik

Dia juga mengakui tidak memiliki kripto sendiri sebagai aset investasinya. Dia merasa dirinya tidak akan disukai oleh para pendukung Bitcoin karena menurut dia, bitcoin tidak memiliki nilai intrinsik.

"Itu dapat memiliki nilai ekstrinsik dalam arti bahwa orang ingin memilikinya. Orang mengumpulkan segala macam hal tetapi tidak memiliki nilai intrinsik,” katanya.

Bailey tidak pernah menjadi penggemar bitcoin atau kripto. Dia mengatakan bulan lalu, kripto menciptakan “peluang bagi penjahat yang benar-benar kriminal”. 

Pada Maret tahun lalu, dia mengatakan cryptocurrency berbahaya. Kemudian Pada November, Bailey menyuarakan keprihatinan tentang El Salvador yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah bersama dolar AS.

4 dari 5 halaman

Timur Tengah dan Afrika Utara Jadi Pasar Kripto dengan Pertumbuhan Tercepat

Sebelumnya, Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA) jadi pasar cryptocurrency dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dengan volume kripto yang diterima di wilayah tersebut melonjak 48 persen pada tahun ini hingga Juni, kata peneliti blockchain Chainalysis dalam sebuah laporan pada Rabu, 5 Oktober 2022. 

Sebelumnya, MENA adalah salah satu pasar kripto terkecil, tetapi sekarang pertumbuhannya mencapai USD 566 miliar atau setara Rp 8.617 triliun yang diterima dalam cryptocurrency antara Juli 2021 hingga Juni 2022. Ini menunjukkan adopsi meningkat dengan cepat.

"Sedangkan, Amerika Latin mengalami pertumbuhan terbesar kedua pada periode yang sama, sebesar 40 persen. Amerika Utara berikutnya dengan pertumbuhan 36 persen, diikuti oleh Asia Tengah dan Selatan serta Oseania dengan pertumbuhan 35 persen,” kata laporan Chainalysis, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (13/10/2022). 

Tiga negara MENA termasuk di antara 30 teratas di Chainalysis 2022 Global Crypto Adoption Index, dengan Turki di tempat ke-12, Mesir di tempat ke-14 dan Maroko di urutan ke-24.

 

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

“Di Turki dan Mesir, fluktuasi harga cryptocurrency bertepatan dengan devaluasi mata uang fiat (tradisional) yang cepat, memperkuat daya tarik kripto untuk pelestarian tabungan,” ujar Chainalysis.

Turki berada di puncak wilayah MENA dalam hal nilai kripto yang diterima sejauh ini, setelah menerima kripto senilai USD 192 miliar pada tahun ini hingga akhir Juni, meskipun hanya melihat pertumbuhan 10,5 persen tahun-ke-tahun.

Afghanistan, yang berada di urutan ke-20 dalam indeks adopsi Chainalysis tahun lalu, telah jatuh ke bagian bawah daftar karena otoritas Taliban telah "menyamakan kripto dengan perjudian," yang dilarang dalam Islam.

Dari November 2021 hingga sekarang, pengguna yang berbasis di Afghanistan menerima rata-rata kurang dari USD 80.000 per bulan dari rata-rata USD 68 juta per bulan sebelum pengambilalihan Taliban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.