Sukses

Klub Sepak Bola Dunia Ucapkan Belasungkawa Terkait Tragedi Kanjuruhan

Klub bola besar dunia turut berbela sungkawa atas insiden di Stadion Kanjuruhan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah klub sepak bola besar dunia turut merasakan keprihatinan yang mendalam atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur, Sabtu, 1 Oktober 2022. Klub-klub tersebut mengucapkan turut berduka cita kepada masyarakat Indonesia atas tragedi Kanjuruhan. 

Tak hanya itu, beberapa pertandingan liga sepak bola dunia yang digelar setelah terjadinya insiden tersebut, melakukan penghormatan sebelum pertandingan dimulai dengan mengheningkan cipta dalam beberapa menit.

Adapun, berikut beberapa ucapan dari berbagai klub besar dunia atas terjadinya  tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur yang memakan banyak korban. 

Manchester United

Salah satu klub besar Liga Inggris, Manchester United (MU) turut berduka atas insiden tersebut. Melalui akun Twitter resmi Klub berbahasa Indonesia, @ManUtd_ID, MU mengutarakan rasa bela sungkawa kepada Indonesia. 

“Manchester United sangat berduka atas tragedi yang terjadi di Malang dan kami berduka cita yang sedalam-dalamnya untuk para korban dan keluarganya. Tidak ada sepak bola seharga nyawa manusia,” tulis klub, dikutip Senin (3/10/2022). 

Arsenal

Ucapan berbela sungkawa juga datang dari klub Liga Inggris lainnya yaitu Arsenal. Dalam sebuah unggahan di akun Instagram resmi klub, Arsenal menuliskan rasa kesedihannya atas insiden yang terjadi. 

“Kami sangat sedih mengetahui peristiwa di Malang di Stadion Kanjuruhan Indonesia hari ini. Bersama dengan semua orang yang menemukan koneksi melalui sepak bola, pikiran kami bersama semua orang yang terkena dampak tragedi ini,” tulis pihak dalam keterangan pada postingan di Instagram.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tottenham Hotspur

Real Madrid

Raksasa Liga Spanyol, Real Madrid juga turut mengungkapkan rasa dukanya soal tragedi yang terjadi di Malang. Klub tersebut juga melakukan momen mengheningkan cipta di stadion Santiago Bernabeu sebelum pertandingan dimulai.

“Santiago Bernabeu mengheningkan cipta selama satu menit sebelum kick-off untuk mengenang mereka yang tewas dalam tragedi di stadion Kanjuruhan, di pulau Jawa (Indonesia),” tulis Real Madrid dalam postingan di Instagram.

Tottenham Hotspur

Ucapan duka juga datang dari klub Liga Inggris lainnya yaitu, Tottenham Hotspur, dikutip dari akun Twitter resmi klub berbahasa Indonesia, @Spurs_ID, mereka mengungkapkan rasa duka cita tragedi di stadion Kanjuruhan.

“Tottenham Hotspur ingin menyampaikan belasungkawa kepada semua korban dan keluarga atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan,” tulis klub.

 

3 dari 3 halaman

Barcelona

Ajax Amsterdam

Lalu klub sepakbola ternama dari Belanda juga turut mencuitkan keprihatinannya dan menolak kekerasan di dalam pertandingan sepakbola.

“Kami sangat berduka atas tragedi di Malang, Indonesia. Seharusnya tidak pernah ada kekerasan di pertandingan sepak bola. Pikiran semua orang di Ajax bersama semua yang terkena dampak,” tulis akun Twitter @AFCAjax, Minggu (2/10/2022).

Barcelona

Kemudian, klub sepakbola ternama Barcelona dari Liga Spanyol juga menuturkan keprihatinannya dengan menolak kekerasan di dalam dan luar stadion.

"FC Barcelona turut  berduka atas tragedi yang terjadi di  #kanjuruhan dan kami menolak segala tindakan kekerasan di dalam dan di luar stadion. Belasungkawa sedalamnya  bagi para korban dan keluarga mereka. #Indobarça," tulis akun Twitter @fcbarcelona_id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.