Sukses

Itau Unibanco, Perusahaan Brazil Bakal Tawarkan Layanan Kripto

Itaú Unibanco, perusahaan keuangan Brazil mulai mendiversifikasi penawaran dengan memasukkan blockchain dan layanan terkait kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Itaú Unibanco, salah satu perusahaan induk terbesar di Brasil, telah mengumumkan sedang mempertimbangkan untuk menawarkan layanan perdagangan cryptocurrency kepada pelanggannya.

Dilansir dari Bitcoin.com, ditulis Minggu (17/7/2022),  perusahaan menginformasikan akan menawarkan layanan tokenisasi melalui unit aset digital, yang akan memungkinkan pelanggan untuk menerbitkan token yang didukung oleh aset dunia nyata, bertindak sebagai platform untuk memfasilitasi perdagangan mereka.

Perusahaan keuangan mulai mendiversifikasi penawaran dengan memasukkan blockchain dan layanan terkait kripto.

Kemudian, untuk tujuan ini, perusahaan akan membuat unit baru dalam strukturnya, yang disebut Aset Digital Itaú, yang akan memberikan kemampuan tokenisasi dan bertindak sebagai perantara antara perusahaan yang ingin membawa aset mereka ke blockchain dan pasar. 

Perusahaan akan menggunakan platform yang disebut Hyperledger Besu untuk tujuan tokenisasi, dan token yang dibuat hanya akan dapat diperdagangkan di dalam bursa perusahaan.

Sedangkan, menurut laporan lokal, perusahaan telah melakukan tes tokenisasi, mengeluarkan token untuk beberapa pelanggan pribadi dan karyawan bank, meskipun tidak ada laporan resmi yang dibuat tentang uji coba ini. Vanessa Fernandes, seorang eksekutif senior di perusahaan, akan memimpin upaya baru sebagai kepala Unit Aset Digital.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perseroan Belum Rinci Detil Masuk ke Cryptocurrency

Sementara fokus unit baru ini adalah untuk membawa layanan tokenisasi kepada pelanggannya, Fernandes percaya perusahaan mungkin dapat menawarkan lebih dari itu di masa depan.

Eksekutif berkomentar perusahaan sedang mempertimbangkan untuk menawarkan layanan perdagangan cryptocurrency kepada pelanggan di masa depan, tetapi tidak menawarkan rincian lebih lanjut.

Itaú hanyalah yang terbaru dari serangkaian perusahaan Brazil yang melihat peluang di arena perdagangan cryptocurrency.

Baru-baru ini, Picpay, salah satu penyedia dompet dan pembayaran digital paling populer, mengumumkan akan mulai menawarkan layanan perdagangan dan pembayaran cryptocurrency pada Agustus. Dengan cara yang sama, Nubank, bank digital Brazil lainnya, juga meluncurkan layanan perdagangan serupa pada bulan Mei.

Bank Sentral Brazil telah menyatakan akan melakukan tes pada mata uangnya sendiri  mata uang digital bank sentral (CBDC)  tahun ini. Regulasi aset kripto juga mengalami kemajuan, dengan Senat Brasil telah menyetujui RUU kripto untuk dibahas oleh ruang wakil.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Minggu Pagi 17 Juli 2022

Sebelumnya, memasuki akhir pekan ketiga Juli 2022, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Minggu, 17 Juli 2022. Pergerakan harga pasar kripto berhasil menguat dan bertengger di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Minggu (17/7/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis 1,26 persen dalam 24 jam, tetapi melemah 2,41 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 21.192 per koin atau setara Rp 317,8 juta (asumsi kurs Rp 14.996 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil meroket pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 7,39 persen dan 9,90 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.344 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) berhasil bertahan di zona hijau. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat 4,27 persen dan 2,24 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 249,47 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini turut menguat. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 2,61 persen. Namun masih melemah 5,41 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4564 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) turut rebound pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL naik 4,51 persen dan 2,57 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 39,42 per koin.

XRP juga berhasil naik ke zona hijau. XRP menguat 5,09 persen dalam 24 jam terakhir dan 1,66 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3525 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9998 dan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,14 persen dalam 24 jam terakhir, yang membuat harganya bertahan di level USD 1,00

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam terakhir berhasil menguat cukup besar yaitu di level USD 964,5 miliar dari sebelumnya di level USD 897,7 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.