Sukses

Bitcoin Menguat, Indeks Masih Tunjukkan Ketakutan Ekstrem

Analis Pasar Senior FxPro Alex Kuptsikevich mengatakan Bitcoin berada di bawah tekanan hampir sepanjang minggu lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin merayap kembali di atas ambang USD 20.000 atau sekitar Rp 299,9 juta yang telah menjadi titik pengamatan psikologis sejak beberapa pekan bagi investor yang mengukur panjang pasar beruang saat ini. 

Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar itu baru-baru ini diperdagangkan sekitar USD 20.300, naik 5 persen selama 24 jam terakhir. Bitcoin anjlok di bawah USD 19.000 pada satu titik minggu lalu sebelum mendapatkan kembali kekuatan reli.

Indeks Crypto Fear & Greed tetap terjepit di wilayah ketakutan yang ekstrem karena industri menyerap pukulan tubuh terbarunya, dan analis masih pesimistis tentang harga setidaknya untuk jangka pendek.

Analis Pasar Senior FxPro Alex Kuptsikevich mengatakan Bitcoin berada di bawah tekanan hampir sepanjang minggu lalu. 

“Pemantulan singkat di awal hari pada 1 Juli lebih mungkin karena kegembiraan emosional dari awal periode baru (bulan, kuartal, setengah tahun) daripada perubahan mendasar dalam situasi,” kata Kuptsikevich dikutip dari CoinDesk, Selasa (5/7/2022). 

Tekanan dari Industri

CEO Binance, Changpeng Zhao baru-baru ini menyebut musim dingin kripto sebagai waktu yang tepat untuk membeli bitcoin bagi investor yang bisa menunggu pasar bull berikutnya. 

Survei dari Mastercard melaporkan lebih dari 51 persen orang Amerika Latin melakukan setidaknya satu transaksi dengan cryptocurrency antara Maret dan April tahun ini. 

Namun, industri masih dipenuhi berita buruk yang berlanjut dengan dana lindung nilai kripto Three Arrows Capital mengajukan kebangkrutan pada Jumat malam.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Latar Belakang Ekonomi yang Bermasalah

Pemberi pinjaman kripto, Celsuis, memberhentikan sekitar 150 karyawan selama akhir pekan karena memerangi krisis keuangan yang membuatnya menghentikan penarikan pelanggan bulan lalu.

Platform pinjaman kripto CoinLoan membatasi ukuran penarikan. Kemudian pemberi pinjaman kripto lainnya, Vauld yang berbasis di Singapura, menangguhkan semua penarikan, perdagangan, dan penyetoran pada platformnya karena melihat opsi restrukturisasi.

Latar belakang ekonomi yang bermasalah

Kuptsikevich mencatat latar belakang ekonomi yang bermasalah yang kemungkinan akan terus mengganggu pasar kripto.

"Gambaran global tetap bearish karena pasar saham tidak menunjukkan sekilas pengetatan kondisi keuangan oleh bank sentral," ujar Kuptsikevich. 

"Pada grafik mingguan, BTCUSD tetap di bawah rata-rata 200 minggu, setelah gagal dalam upaya malu-malu untuk naik lebih tinggi minggu lalu,” pungkas dia. 

3 dari 4 halaman

Perusahaan Pemberi Pinjaman Kripto Vauld Hentikan Penarikan dan Penyetoran

Sebelumnya, bertambah lagi deretan perusahaan kripto yang terdampak akibat penurunan harga belakangan ini. Kali ini giliran, pemberi pinjaman kripto, Vauld, pada Senin, 4 Juli 2022 waktu setempat menghentikan semua penarikan, perdagangan, dan penyetoran di platformnya. Menurut laporan, perusahaan saat ini menjajaki opsi restrukturisasi potensial.

CEO Vauld, Darshan Bathija mengatakan, dalam sebuah posting blog pada Senin perusahaan menghadapi "tantangan keuangan" karena "kondisi pasar yang bergejolak.

“Kesulitan keuangan dari mitra bisnis utama kami pasti mempengaruhi kami, dan iklim pasar saat ini yang telah menyebabkan pelanggan menarik lebih dari USD 197,7 juta (Rp 2,9 triliun) dari platform sejak 12 Juni,” kata Bathija dikutip dari CNBC, Selasa (5/7/2022).

Perusahaan yang berbasis di Singapura itu mengatakan sedang bekerja dengan penasihat keuangan dan hukumnya untuk menjelajahi dan menganalisis semua opsi yang mungkin, termasuk opsi restrukturisasi potensial, yang paling baik melindungi kepentingan pemangku kepentingan Vauld.

Langkah Vauld untuk menghentikan penarikan terjadi kurang dari tiga minggu setelah CEO Bathija mengatakan perusahaan terus beroperasi seperti biasa meskipun kondisi pasar bergejolak. 

Dalam posting blog 16 Juni lalu, Bathija mengatakan penarikan sedang "diproses seperti biasa dan ini akan terus terjadi di masa depan."

4 dari 4 halaman

Terkena Imbas Anjloknya Pasar Kripto

Namun, Vauld telah menjadi korban terbaru dari anjloknya harga cryptocurrency tahun ini. Bitcoin memiliki kinerja kuartalan terburuk sejak 2011 di kuartal kedua 2022. Miliaran dolar terhapus dari nilai pasar cryptocurrency dalam periode tiga bulan.

Perusahaan pemberi pinjaman kripto seperti Vauld telah menghadapi masalah likuiditas. Celsius bulan lalu menghentikan penarikan untuk pelanggan dengan alasan “kondisi pasar yang ekstrem.”

Vauld mengatakan sedang dalam diskusi dengan calon investor di perusahaan. Perusahaan mengatakan telah mempekerjakan Kroll Pte Limited sebagai penasihat keuangannya, serta Cyril Amarchand Mangaldas, dan Rajah & Tann Singapore LLP sebagai penasihat hukumnya masing-masing di India dan Singapura.

Keruntuhan pasar telah mengekspos kekurangan dalam sejumlah proyek cryptocurrency dan model bisnis. Sementara itu, dana lindung nilai cryptocurrency utama Three Arrows Capital jatuh ke dalam likuidasi setelah gagal membayar lebih dari USD 660 juta pinjaman dari Voyager Digital.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.