Sukses

Yuga Labs Kumpulkan Dana Rp 4,1 Triliun saat Jual Tanah Virtual

Dari penjualan itu Yuga Labs menghasilkan 16.775.000 ApeCoin.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan di balik seri NFT "Bored Ape" telah mengumpulkan sekitar USD 285 juta atau setara Rp 4,1 triliun (asumsi kurs Rp 14.477 per dolar AS) dalam bentuk cryptocurrency dengan menjual token yang mewakili tanah dalam dunia virtual yang sedang digarap.

Dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (7/5/2022), tahun lalu, perusahaan Yuga Labs menciptakan NFT Bored Ape Yacht Club, token berbasis blockchain yang mewakili 10.000 kera kartun dengan berbagai model. 

NFT adalah aset digital yang mewakili file digital seperti gambar, video, atau item dalam game online menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan harga untuk NFT Bored Ape melonjak masing-masing mencapai ratusan ribu dolar Amerika Serikat.

NFT Bored Ape juga menjadi salah satu merek NFT yang paling menonjol, dengan NFT tersebut dijual di rumah lelang top dan dimiliki oleh selebritas termasuk Paris Hilton dan Madonna.

Yuga Labs  juga berhasil mengumpulkan USD 450 juta pada Maret dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh Andreessen Horowitz dan saat ini perusahaan itu telah mengarahkan pandangannya pada apa yang disebut "metaverse".

Dalam penjualan online pada 30 April, Yuga Labs menjual NFT yang disebut "Otherdeeds", yang dikatakan dapat ditukar sebagai bidang tanah virtual di lingkungan online bertema Bored Ape yang disebut "Otherside."

"Otherdeeds" hanya dapat dibeli menggunakan cryptocurrency yang juga dikembangkan oleh Yuga Labs, yaitu ApeCoin, token kripto tersebut diluncurkan pada Maret 2022 lalu.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permintaan Tinggi

Ada 55.000 Otherdeeds untuk dijual, dengan harga masing-masing 305 ApeCoin, dan perusahaan mengumumkan di Twitter NFT Otherdeeds ini telah terjual habis. 

Ini berarti penjualan itu menghasilkan 16.775.000 ApeCoin, senilai sekitar USD 285 juta, menurut perhitungan Reuters berdasarkan harga ApeCoin saat itu. Meskipun begitu, masih belum jelas bagaimana dana akan didistribusikan, namun perusahaan mengatakan ApeCoin akan "dikunci" selama satu tahun.

Penjualan tersebut menunjukkan permintaan tinggi yang berkelanjutan untuk aset kripto spekulatif dan berisiko tinggi yang terkait dengan dunia virtual online. NFT sebagian besar tidak diatur, dan laporan penipuan, pemalsuan, dan manipulasi pasar sering terjadi.

Metaverse Otherside akan menjadi lingkungan permainan multi-pemain, menurut situs webnya, yang mengatakan saat ini sedang dalam pengembangan. Yuga Labs menolak untuk mengatakan berapa banyak orang yang bekerja untuk membangun Otherside atau kapan akan diluncurkan.

Penjualan Otherdeeds Yuga Labs datang tak lama setelah akun Instagram resmi Bored Ape Yacht Club diretas dan tautan phishing diposting, memungkinkan scammer mencuri NFT korban.

3 dari 4 halaman

Nissan dan Toyota Jajaki Metaverse Pakai Dua Pendekatan Berbeda

Sebelumnya, produsen mobil Asia, Nissan dan Toyota, memasuki metaverse, menciptakan kantor dan acara virtual baru untuk komunitas. Bermain-main dengan Metaverse telah menjadi tren di antara merek dan perusahaan besar. Kali ini, telah menarik perhatian dua produsen mobil terbesar di dunia, Nissan dan Toyota.

Pada akhir April, pembuat mobil Jepang Nissan dan Toyota mengumumkan masuknya mereka ke Metaverse untuk menawarkan pengalaman virtual baru kepada penggunanya, menyelenggarakan acara digital dan membangun kantor layanan pelanggan virtual.

Menurut surat kabar Jepang Nikkei Asia, kedua perusahaan berusaha berinovasi di Metaverse, menawarkan pameran imersif mobil mereka melalui penggunaan virtual reality (VR), semua ini berkat kemitraan mereka dengan startup pengembang video game VRChat.

Nissan akan fokus menciptakan ruang virtual reality untuk pelanggannya. Sebaliknya, Toyota akan fokus pada lingkungan kerja jarak jauh, menciptakan kantor untuk personelnya, di mana mereka dapat mendiskusikan perkembangan teknis melalui penggunaan avatar mereka.

Dengan kata lain, sekarang, beberapa rapat kerja Toyota tidak akan bersifat fisik tetapi di Metaverse. Menurut perwakilan perusahaan, pembukaan area kerja baru ini akibat masalah yang ditimbulkan oleh COVID-19.

"Karena semakin banyak orang yang bekerja dari rumah karena virus corona, kami menawarkan karyawan muda dan opsi komunikasi lainnya di dalam perusahaan," pernyataan Toyota, dikutip dari CryptoPotato, ditulis Kamis (5/5/2022). 

Untuk saat ini, Nissan dan Toyota tidak secara resmi menginformasikan di Metaverse mana mereka akan meluncurkan kantor baru mereka, sehingga orang harus menunggu untuk mengetahui apakah akan memilih yang terpusat seperti Meta atau yang terdesentralisasi seperti Decentraland.

4 dari 4 halaman

Otomotif Berkembang ke Dunia Digital

Nissan dan Toyota bukanlah merek atau perusahaan otomotif pertama yang berinovasi dalam tren baru Metaverse ini. 

Perusahaan lain, seperti Volkswagen dan Mercedes Benz, meluncurkan kampanye pada awal April untuk mempromosikan entri mereka ke Metaverse, memberikan hadiah seperti PS5 terbaru dan pelajaran mengemudi lanjutan di salah satu akademi Volkswagen.

Direktur pemasaran untuk Kendaraan Penumpang Volkswagen, Bridget Harpur, mengatakan "alam semesta baru" yang ditawarkan oleh metaverse ini "membuat dampak luar biasa pada konsumen," sehingga mereka kemungkinan akan terus menciptakan acara dan pengalaman baru untuk pengguna dan basis penggemar mereka.

Selain itu, pembuat mobil mewah lainnya seperti Ferrari belum secara resmi memasuki Metaverse tetapi sudah berkecimpung dalam menciptakan NFT, bergandengan tangan dengan perusahaan blockchain seperti Velas Network.

Hal Ini berarti menunjukkan sedikit demi sedikit sebagian besar perusahaan otomotif besar bertaruh pada teknologi di balik cryptocurrency.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.