Sukses

Ridwan Kamil Jual Lukisan di Market NFT, Harganya Naik 8 Kali Lipat

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjual sebuah lukisan di marketplace Non Fungible Token (NFT) dan berhasil terjual dengan harga delapan kali lipat dari harga aslinya.

"LUKISAN JALANAN BANDUNG INI TERJUAL 8 KALI LIPAT DI BURSA DIGITAL @NFT,” kata Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil melalui akun Instagram miliknya, seperti dikutip Liputan6.com, Jumat (14/1/2022). 

Lukisan yang dijual oleh Kang Emil merupakan salah satu karya seorang pelukis jalanan di Jalan Braga, Kota Bandung, Jawa Barat. Menurut penjelasan dalam postingan itu, lukisan tersebut biasa dihargai Rp 500.000. Namun, harganya naik hingga 8 kali lipat ketika dijual melalui platform OpenSea dan berhasil terjual sebesar 0,09 ETH atau Rp 4,2 juta.

"Alhamdulillah, kami berhasil bereksperimen, menjualkan lukisan pelukis jalanan di Braga Bandung ini, yang biasanya 500 ribu rupiah melonjak 8 kali lipat menjadi 4,2 juta rupiah atau 0,09 ETH di bursa NFT melalui platform @opensea,” tuturnya. 

Selain itu, Ridwan Kamil menuturkan, Pemprov Jawa Barat pada 2022 ini berencana  untuk membuka akun khusus di platform digital untuk membantu para pelaku ekonomi kreatif.

"Pemprov Jawa Barat mulai tahun 2022 membuka akun khusus di platform digital ini untuk membantu menjualkan karya para pelaku ekonomi kreatif Jawa Barat menjadi lebih berlipat nilai ekonominya,” ujar dia. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

NFT Ghozali Everyday Raup Cuan Miliaran Rupiah

Sebelumnya, belum lama ini, jagat maya dihebohkan dengan akun Twitter bernama Ghozali_Ghozalu. Lantaran, dia telah berhasil meraup keuntungan dari menjual karya Non Fungible Token (NFT) milikinya yang bermodalkan foto selfie. 

Berdasarkan informasi dari akun OpenSea milikinya, Ghozali mengumpulkan foto selfie miliknya sejak 2017-2021. 

"Saya mengambil foto diri saya sejak saya berusia 18 hingga 22 tahun ( 2017 - 2021 ) itu benar-benar gambar saya berdiri di depan komputer hari demi hari,” tulis deskripsi akun OpenSea Ghozali Everyday, seperti dikutip Liputan6.com, Kamis, 13 Januari 2022.

Dari pantauan Liputan6.com, foto selfie yang diunggahnya di OpenSea itu telah laku terjual hingga 230 kali.

"Hari ini (foto selfie) terjual lebih dari 230+ dan sampai sekarang aku tidak tahu kenapa ada yang mau beli #NFT foto milikku. Tapi aku berterima kasih kepada kalian semua untuk upaya 5 tahunku yang terbayar lunas," tulis Ghozali di akun Twitternya pada Selasa, 11 Januari 2022.

Selain itu, menurut cuitan di Twitternya pada Rabu, NFT Ghozali Everyday hanya tersisa 331 dari sebelumnya total sekitar 933 NFT.

Berdasarkan volume traded dari akun OpenSea milik Ghozali, terlihat ada volume traded sebesar 277 Ethereum (ETH) atau sekitar Rp 13,3 miliar.  Satu foto milik Ghozali dihargai dengan harga terendah yaitu 0,13 Ethereum atau sekitar Rp 6 juta.