Sukses

Bakmi Karto Kasidin, Ikon Bakmi Jawa di Jogja

Hidangan yang cocok untuk di santap saat cuaca dingin biasanya hidangan yang berkuah seperti soto,soup ,bakso atau mie jowo.

Citizen6, Yogyakarta: Musim hujan gini enaknya di temani dengan hidangan yang hangat-hangat. Hidangan yang cocok untuk di santap saat cuaca dingin biasanya hidangan yang berkuah seperti soto, soup, bakso atau mie jowo.

Bicara tentang mie jowo, coba Anda mampir ke Bakmi Kadin di Kota Yogyakarta. Bakmi Kadin ini sudah sangat populer di Kota Yogyakarta, di sana Anda  akan menemukan sensasi rasa bakmi jawa yang tiada duanya. Sebuah perpaduan yang sempurna antara mie,  kuah dan ubarampe-nya.

Nama “Kadin” dipilih warung  penjaja bakmi yang terletak di seberang kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah Istimewa Yogyakarta entah secara sengaja maupun kebetulan. Kadin juga merupakan singkatan dari Karto Kasidin nama pemilik sekaligus pendiri warung terkenal tersebut. Bakmi Kadin sudah melayani penggemarnya sejak tahun 1947, tidak heran warung bakmi yang satu ini masuk kategori Legendanya Yogyakarta.

Soal rasa, pantas mendapat acungan jempol. Tekstur bakminya benar-benar kenyal berpadu dengan rasa kuahnya yang gurih. Bakmi gorengnya tidak terlalu manis, sangat pas terasa di lidah. Suwiran ayamnya yang empuk membuat kita sibuk mencarinya diantara tumpukan bakmi yang menggunung. Bagi yang suka pedas, cabai rawit utuh siap membuat Anda mendesis-desis kepedasan ,sangat cocok untuk meghangatkan tubuh saat cuaca sedang dingin.

Harga seporsi menu bakmi tanpa telur yakni Rp. 11.000,- bila ingin tambah telur harga per porsi Bakmi Goreng atau Rebus Rp. 17.000,-. Ada pula menu pilihan Istimewa dengan harga Rp.20.000,- dengan tambahan sayap ataupun paha ayam, kemudian menu spesial dengan tambahan keduanya paha dan sayap ayam dibandrol Rp.25.000,- harganya cukup terjangkau mengingat rasa yang ditawarkan memang sebanding dengan kenikmatan cita rasa yang diberikan.

Setelah menikmati sensasi rasa bakmi yang  mantap, kurang afdol rasanya kalau tidak mencoba minumannya. Minuman khas yang menjadi teman makan bakmi di tempat ini adalah bajigur yang merupakan campuran dari santan, kelapa muda yang dipotong kecil-kecil, roti tawar, kolang-kaling dan jahe. Minuman hangat ini tampaknya sudah jodoh dengan sepiring bakmi godhog atau bakmi goreng yang panas berasap. Selain bajigur, tersedia juga minuman lain, seperti es jeruk dan es teh. Segelas bajigur dan es jeruk dipatok Rp 3.500, sedangkan es teh Rp 2.000.

Lokasi Bakmi Kadin sendiri mudah di jumpai. Cari saja Jalan Bintaran Kulon. Dari jalan Malioboro ke arah Selatan, Anda bakal menemukan kantor pos besar di dekat alun-alun utara, lantas belok ke arah timur. Lurus saja. Arahkan kendaraan Anda ke kanan setelah menemui Super Indo.Di sana sudah terlihat papan nama Bakmi Kadin. Bakmi Kadin juga memiliki cabang di luar Yogyakarta yaitu di Semarang dan Jakarta. Jadi para pencinta kuliner wajib untuk mencicipi kenikmatan Bakmi Kadin.(kw)

Penulis:
Novia Widiastuti
Yogyakarta, nopianopXXX@rocketmail.com

Baca Juga:
Rumah Pohon, Sensasi Makan Di Atas Ketinggian
Gudeg Yu Djum, Kenikmatan Kuliner Khas Yogya
Sorbat, Kuliner Khas Sumatera Barat Selain Rendang

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.