Sukses

Anda Sedang Berdiet? Cobalah Bubur Lezat Ini

Bubur Sum Sum. Bubur yang terbuat dari tepung beras ini sangat baik sebagai sumber tenaga di pagi hari.

Citizen6, Jakarta: Bubur Sum Sum. Masih ingatkah Anda dengan santapan masa kecil ini? Ya, bubur sum sum atau bubur putih memang identik dengan makanan bayi karena teksturnya yang lembut, sehingga cocok untuk perut si kecil. Namun, bubur ini sebenarnya tidak hanya baik untuk bayi, karena orang dewasa pun mengonsumsi bubur ini terutama di pagi hari.

Bubur yang terbuat dari tepung beras ini sangat baik sebagai sumber tenaga di pagi hari. Apalagi di tambah santan kelapa dan gula merah yang terkenal mengenyangkan dan menyehatkan. Selain itu, bubur ini juga dapat digunakan untuk alternatif diet, karena dengan memakannya sedikit saja sudah merasa kenyang.

Apabila Anda tidak punya banyak waktu untuk membuatnya sendiri, Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional atau di warung-warung. Tapi, sekali-sekali tidak ada salahnya Anda mencoba membuat bubur lezat ini sendiri. Cara membuatnya cukup sederhana dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Anda cukup menyediakan tepung beras, santan, daun pandan, dan garam sebagai bahan pembuat bubur.

Untuk kuahnya cukup sediakan gula merah yang telah disisir halus, daun pandan serta air putih. Cara membuat bubur sum-sum ini mudah. Sebelum dimasak larutkan terlebih dulu tepung beras dengan sedikit santan, kemudian aduk merata. Sementara itu masak santan dan beri garam secukupnya. Lalu masukkan daun pandan yang telah disimpul agar aromanya lebih terasa. Aduk-aduk hingga merata. Selanjutnya masukkan larutan tepung beras, dan aduk hingga mengental. Setelah mengental angkat bubur dan sajikan di mangkuk.

Untuk kuahnya, cairkan gula merah dalam air panas bersama simpulan daun pandan hingga gula larut dan mendidih. Setelah mendidih, angkat cairan gula dengan hati-hati kemudian saring. Cairan gula yang telah disaring kemudian didiamkan hingga dingin. Untuk penyajiannya, siram bubur dalam mangkuk dengan kuah gula, kemudian garnish dengan daun pandan. Jika Anda suka, bubur sum-sum ini juga dapat Anda padukan dengan bubur cadil sesuai selera Anda. Jadilah semangkuk bubur sum-sum siap santap untuk sarapan pagi Anda. Mudah bukan membuatnya? (mar)

Penulis
Nur Umi Anizah
Jakarta, anizahnurxxx@yahoo.co.id

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini