Sukses

Manfaatkan Hobi untuk Mendapatkan Penghasilan

Apa hobi Anda? Manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Simak artikel lengkapnya kiriman dari Daffa Argy.

Citizen6, Surabaya: Semakin banyak pekerjaan yang kita lakukan semakin banyak pula pikiran didalam otak kita. Untuk menyegarkan pikiran yang dibebani dengan berbagai kesibukan sehari-hari dapat disegarkan dengan berlibur atau dengan hobi. Hobi adalah kegiatan positif yang dilakukan disela kegiatan sehari-hari atau kegiatan rutin. Hobi memang menyenangkan jika kita menyukainya terlebih hobi dapat memberikan berbagai macam manfaat yang dapat kita peroleh.

Hobi dapat berupa hal-hal positif bahkan berolahraga pun bisa disebut sebagai hobi. Pemikiran ini berbeda dengan orang yang tidak mempunyai pekerjaan tentunya. Banyak waktu yang dapat terbuang dengan sia-sia. Namun jika mereka yang tidak mempunyai pekerjaan bisa jadi hobi yang dimiliki mereka adalah potensi yang dimilikinya. Jika hobi mereka dapat dikembangkan maka dapat memberikan manfaat lebih.

Manfaat lebih dari hobi adalah penghasilan mengapa bisa mendapatkan penghasilan? Kita lihat orang menyukai hobi basket sejak sekolah. Sejak sekolah sangat senang dengan hobinya namun setelah lulus dari bangku sekolah tidak bisa melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi yakni pendidikan tinggi. Dengan kemampuan yang dimilikinya yaitu basket yang dilakukannya dengan rutin sejak bersekolah dapat dimanfaatkan. Seperti ilmu yang dimilikinya dapat ditularkan dalam arti menjadi pelatih basket. Nah dari mengajarkan trik basket dapat mendapatkan penghasilan.

Di dalam contoh yang saya berikan tadi menunjukan benar bahwa hobi itu bisa dijadikan sebagai penghasilan. Terlebih jika kita memiliki hobi lebih dari satu tentunya penghasilan yang kita dapatkan pun menjadi banyak. Contoh lain dari hobi dapat memberikan penghasilkan adalah seorang yang gemar menulis atau hobi menulis. Setiap hari disela-sela kesibukan dimanfaatkannya untuk menulis. Apapun yang dia dapat bisa ditulisnya dia tulis baik novel, cerpen, bahkan kritik pemerintah ditulisnya. Hingga pada akhirnya tulisan yang ditulisnya dijadikan menjadi buku. Nah dari buku itu dapat menghasilkan uang. Sebenarnya hobi jika dijalani dengan serius dan sungguh-sungguh serta diiringi dengan kesenangan maka akan mendapatkan nilai lebih yakni sebagai penghasilan itu pun tanpa diduga.  

Dari kedua contoh yang saya tuliskan adalah benar bukan hanya contoh belaka. Masih banyak lagi contoh yang menunjukkan bahwa hobi itu bisa dijadikan sebagai penghasilan. Bahkan pengusaha, atlit, dan pekerjaan lain bisa jadi berawal dari hobi yang ditekuninya dan menjadi bagian yang menyanangkan dari hidupnya.

Temukankanlah kesenangan Anda atau bisa jadi hobi yang Anda sukai itu dikembangkan bisa jadi itu adalah potensi anda selama ini, jika potensi itu anda kembangkan maka dapat menghasilkan produk dalam arti karya dan karya Anda inilah yang dapat memberikan penghasilan.

Jadi hobi dapat pula dijadikan sebagai penghasilan selain dari manfaat-manfaat lain yang diperoleh dari hobi. Hobi memang menyenangkan karena hobi berawal dari kesenangan atau cinta jika kesenangan kita manfaatkan akan dapat memberikan manfaat lebih. Jadi jika kita mempunyai kesenangan, kembangkanlah dan manfaatkanlah kesenangan anda hingga mendapatkan manfaat lebih yakni mendapatkan penghasilan. (bnu)

Penulis
Daffa Argy
Surabaya, daffxxx@gmail.com.          

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini