Sukses

Menulis Bertopik ke-5: Jika Aku Punya Startup

Sumber daya manusia di Indonesia banyak yang kreatif, tak kalah keren dibandingkan dengan luar negeri. Ini terbukti banyak developer aplikasi/e-commerce dan startup lokal yang mendunia namanya di kancah internasional.

Bermimpi menjadi perusahaan kelas dunia bagi para startup lokal saat ini bukan lagi sesuatu yang jauh dari harapan. Yang penting bagaimana inovasi teknologi yang dihasilkan bisa bermanfaat dan cara menjangkau pasarnya.

Nebeng.com, NulisBuku.com, Pintails, Social Play, PicMix adalah beberapa contoh startup terkenal di Indonesia yang fokus di segmen aplikasi dan e-commerce. Sejumlah developer muda asal Madura yang baru lulus kuliah juga pernah berhasil membuat aplikasi game Save The Hamster yang kemudian mendunia. Aplikasi ini meraih juara kedua di ajang final Imagine Cup 2013 di Rusia.

Nah, program menulis bertopik edisi ke-5 ini Citizen6 bekerjasama dengan Kanal Tekno Liputan6.com untuk mengajak 6Lovers mengirimkan tulisan dalam topik "Jika Aku Punya Startup". 

Ketentuan Lomba: 

1. Peserta harus mem-follow akun Twitter @Lip6Tekno, @Citizen6_ dan Like Facebook Fan Pages Liputan6.com.
2. Lomba penulisan ini boleh diikuti oleh siapa saja, berlaku untuk semua warga di Indonesia, baik yang belum punya startup atau yang baru punya startup.
3. Jangan lupa sertakan nama, alamat lengkap dan no. telepon yang bisa dihubungi untuk keperluan hadiah bagi yang artikelnya terpilih.
4. Lomba berlangsung mulai 6 November 2013, dan akan ditutup pada 15 November 2013.
5. Artikel terpilih akan dipublikasikan di kanal Citizen6 Liputan6.com, di Facebook Page Liputan6Online, di akun Twitter @liputan6dotcom.

Syarat dan ketentuan artikel:

1. Artikel adalah hasil kaya sendiri yang masih baru dan belum pernah dimuat di media manapun.
2. Artikel minimal terdiri dari 350 kata.
3. Artikel dapat dilengkapi dengan foto dengan format jpg dan berbentuk landskap.
4. Peserta hanya boleh mengirimkan 1 artikel.
5. Artikel dikirim melalui email ke Citizen6@Liputan6.com dengan subjek: "Jika Aku Punya Startup".
6. Tidak diperbolehkan menjadikan tema "Jika Aku Punya Startup" sebagai judul artikel.

7. Di dalam artikel harus berisi beberapa poin berikut ini:
    - Aplikasi atau layanan e-commerce yang ingin Anda buat.
    - Manfaat aplikasi/e-commerce yang Anda buat untuk orang lain.
    - Apa yang akan dilakukan untuk memasarkan aplikasi/e-commerce tersebut.

8. Bagi yang sudah mempunyai startup pemula, diperbolehkan ikut dalam lomba menulis ini. Di dalam artikel harus dijelaskan:
    - Apa yang akan Anda lakukan untuk memperkenalkan hasil karya/aplikasi Anda lebih luas lagi.
    - Bagaimana cara Anda mendapatkan investor.

Hadiah

Tiga (3) pemenang yang beruntung berhak mendapatkan hadiah masing-masing berupa tiket masuk ke acara Startup Asia Jakarta 2013. Acara ini akan digelar 21-22 November 2013 di Plaza Bapindo, Jakarta. Masing-masing tiket bernilai $300 atau senilai Rp 3,3 jutaan. Hadiah disponsori oleh Tech In Asia.

Selain hadiah 3 tiket Startup Asia Jakarta, ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com untuk 6 pemenang terpilih lainnya.

Program menulis bertopik ini akan terus berlangsung dengan topik yang berganti-ganti setiap 2 minggunya. Anda boleh mengusulkan topik-topik apa saja yang menarik untuk program Menulis Bertopik selanjutnya di Citizen6.

Kami tunggu artikel Anda tentang "Jika Aku Punya Startup" dapatkan tiket Startup Asia Jakarta dan merchandise menarik dari Liputan6.com. (Tim Citizen6)