Sukses

Uniknya Naik Delman di Hongkong

Andong atau delman ternyata tidak hanya ada di Indonesia tetapi juga terdapat di kawasan Discovery Bay, Hongkong.

Citizen6, Sai Kung: Di Indonesia kehadiran andong atau delman adalah hal yang lumrah. Kita bisa menemui delman di kota-kota Pulau Jawa seperti Kuningan, Jawa Barat. Dengan ongkos dibawah Rp 5.000, wisatawan bisa berkeliling sesuai arah tujuannya. Andong sebagai alat transportasi yang murah meriah dengan bantuan seekor kuda juga menginspirasi terciptanya lagu anak-anak berjudul `Naik Delman`.

Selama ini kita ketahui, sistem transportasi di Hongkong sudah tertata rapi dengan adanya MTR, KCR, Trams Ways, bus, minibus, taxi, dan fery. Tapi pasti tidak ada yang menyangka kalau di Hong Kong sebagai `Negara Beton` mempunyai Andong. Apabila berkunjung ke Hongkong jangan lupa mendatangi Discovery Bay. Dikawasan tersebut wisatawan akan menemukan sebuah andong yang akan mengantar berkeliling daerah Discovery Bay.

Dengan Andong itu wisatawan akan puas melihat - lihat sekeliling Discovey Bay yang terkenal dengan panorama alamnya yang sangat indah seperti yang terlihat pada, Selasa (25/06/2013). Tapi jangan kaget kalau harus merogoh kocek yang cukup tebal apabila dibandingkan membayar ongkos transport via MTR atau taxi dan bus.

Setiap wisatawan yang ingin naik andong dikenakan biaya $ 380 per orang, apabila dikalikan dengan Rp 1.237 maka jumlah yang dikeluarkan adalah Rp 483.740 untuk sekali perjalanan. Ongkos menaiki andong sangat mahal, karena alat transportasi unik ini hanya satu - satunya daya tarik wisata di Hongkong.

Alasan kedua, Discovery Bay adalah sebuah pulau yang memiliki panorama alam sangat indah di huni oleh para expatriat (pekerja asing) maupun campuran perkawinan expatriat dan masyarakat lokal berkantong tebal. Para expatriat di kawasan tersebut terkenal dengan gaya hidup `western stylenya` sehingga patokan harga - harganya menjadi super mahal dibandingkan dengan expatriat lainnya di Sai Kung.

Kawasan yang didesign antara perpaduan alami dan western style menjadikan Discovey Bay sebagai tempat tinggal pilihan pertama para expatriat sebelum menjatuhkan pilihan ke Sai Kung yang lebih bernuansa pedesaan. Namun baik Discovery Bay maupun Sai Kung sama - sama indah dan dikelilingi lautan yang sangat luas. (Andrealica Nhordeeniz/YSH)

Andrealica Nhordeeniz adalah pewarta berita

*Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.