Sukses

Patut Dicoba, 3 Cara Efektif Mengatasi Kesedihan

Kesedihan dan kehilangan berbeda bagi setiap individu dan tidak dapat dibandingkan dalam kondisi apa pun.

Liputan6.com, Jakarta - Kesedihan menjadi respons emosional yang alami dan penting yang dipicu oleh hilangnya seseorang atau sesuatu yang sangat berharga dalam hidup kita.

Kesedihan muncul dalam berbagai tingkat dan bentuk emosi, mulai dari kesedihan yang mendalam hingga momen-momen penting berupa kemarahan, depresi, kecemasan, rasa bersalah, atau mati rasa yang parah.

Kesedihan dan kehilangan berbeda bagi setiap individu dan tidak dapat dibandingkan dalam kondisi apa pun. Bisa jadi karena kematian orang yang dicintai, berakhirnya hubungan cinta, perubahan hidup yang besar, atau situasi lainnya.

Penting untuk dipahami bahwa kesedihan adalah pengalaman universal yang bisa sangat menantang untuk dilalui.

Setiap individu memiliki mekanisme dan strategi penanganan yang berbeda untuk maju dan melewati masa-masa sulit untuk mencapai bagian kehidupan yang lebih baik dan memulai babak baru, meninggalkan masa lalu.

Namun, mekanisme penanganan ini bisa positif, membantumu mengatasi kesedihan dengan cara yang positif, atau negatif yang memberikan kelegaan sementara tetapi mungkin membuatmu merasa lebih hancur.

Untuk membantumu lebih baik, berikut beberapa cara yang sehat dan efektif untuk mengatasi kesedihan, seperti melansir dari Times of India, Rabu (10/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Akui dan ungkapkan perasaanmu

Langkah pertama dan paling penting dalam mengatasi kesedihan yakni dengan membiarkan dirimu dengan tulus mengekspresikan emosi yang menyertainya.

Ini berarti tidak menekan perasaan Anda, melainkan membiarkan diri Anda merasakannya secara terbuka, meskipun itu sulit.

Ketika Anda mengakui dan merasakan emosimu itu adalah langkah pertama menuju penerimaan, yang merupakan kunci dalam proses berduka.

Anda dapat mengekspresikan emosi ini melalui jurnal, berbicara dengan teman tepercaya atau konselor profesional, atau terlibat dalam aktivitas kreatif seperti seni atau musik.

 

3 dari 4 halaman

2. Mencari dukungan dari orang lain

Selama situasi sulit seperti ini, penting untuk tidak mengasingkan diri. Kelilingi dirimu dengan individu yang pengertian, berempati, penuh kasih, suportif, dan penuh kasih sayang yang dapat memberikan dukungan emosional yang Anda butuhkan selama masa ini.

 

4 dari 4 halaman

3. Jaga kesehatan fisikmu

Kesedihan, dengan emosi yang sulit seperti kesedihan, kemarahan dan kecemasan, dapat memengaruhi kesehatan fisikmu.

Anda mungkin merasa kurang nafsu makan, kurang motivasi untuk melakukan aktivitas seperti olahraga, dan merasa ingin mengisolasi diri di tempat tidur.

Namun, selama masa-masa seperti itu, sangat penting dan perlu untuk mempertahankan rutinitas yang sehat yang mencakup praktik-praktik penting seperti nutrisi yang tepat, olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Kesehatan fisikmu secara langsung terkait dengan kondisi emosional dan ketahananmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.