Sukses

4 Langkah Ini Bisa Hilangkan Rasa Pahit pada Lobak Putih

Lobak putih sering kali memberikan rasa pahit yang tak sedap di lidah, tapi jangan khawatir! Ada beberapa cara menarik yang bisa kita coba untuk menghilangkan rasa pahitnya, yuk!

Liputan6.com, Jakarta Seringkali, lobak putih dijauhi karena rasanya yang pahit. Tapi tunggu dulu! Siapa bilang lobak itu gak enak? Dengan cara olah yang tepat, lobak bisa jadi hidangan lezat dan kaya nutrisi yang bikin kamu ketagihan!

Salah satu cara terbaik untuk menikmati lobak adalah dengan meraciknya menjadi acar. Gak perlu khawatir dengan rasa pahitnya, karena ada beberapa tips jitu untuk menghilangkan rasa pahit dan membuat lobak jadi lebih nikmat. Siap-siap ngiler! Yuk, temukan rahasia acar lobak yang bikin ketagihan di sini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pilih Lobak yang Tepat

Memilih lobak yang tepat adalah langkah awal untuk menghilangkan rasa pahit yang tidak diinginkan. Lobak muda yang memiliki kesegaran dan kekenyalan yang memikat hati harus diutamakan. Sebaliknya, lobak tua cenderung membawa rasa pahit yang memabukkan dan kelesuan yang memudarkan semangat.

Oleh karena itu, ketika membeli lobak, pilihlah yang berwarna putih cerah, kulitnya halus tanpa kerutan sedikit pun. Pastikan Anda merasakan permukaannya dengan lembut untuk mengetahui teksturnya. Jika lobak terasa keras dan bebas dari bintik-bintik hitam yang mengganggu, maka itulah lobak yang pantas untuk menjadi pilihan Anda.

3 dari 5 halaman

2. Kupas lobak

Ada satu rahasia di balik rasa pahit pada lobak, yaitu kulitnya. Jika kita tidak mengupas kulit tersebut, lobak akan memberikan sensasi pahit yang kurang menyenangkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengupas dan mencuci lobak dengan sempurna di bawah air mengalir guna menghilangkan kotoran dan getah yang menempel.

Selain itu, kita juga dapat memotong-motong lobak sebelum membilasnya beberapa kali agar getahnya benar-benar hilang. Dengan langkah ini, lobak kita akan menjadi segar dan siap dinikmati dengan kenikmatan yang luar biasa.

4 dari 5 halaman

3. Rendam dengan air garam

Setelah membersihkan lobak dengan cermat, kita bisa memotongnya dengan teliti dan merendamnya dalam air garam untuk menghilangkan getah dan aroma pahit yang tidak diinginkan. Kita bisa dengan lembut meremas-remas lobak bersama garam, memastikan garam meresap ke setiap bagian lobak dengan sempurna.

Setelah itu, kita bisa membilasnya dengan air bersih, atau untuk hasil yang lebih optimal, kita bisa membiarkan lobak terendam dalam air garam selama 10 menit untuk membantu mengeluarkan getahnya. Setelah semua langkah ini selesai, kita hanya perlu membilas lobak dengan air bersih hingga benar-benar bersih dan siap untuk digunakan.

5 dari 5 halaman

4. Rebus Lobak dengan Teknik Blanching

Loh, lobak putihmu masih pahit dan bau langu, meskipun sudah dicuci, direndam, dan direbus? Tenang, ada trik rahasia yang bisa kamu gunakan! Coba deh metode blansir alias rebus kilat.

Caranya mudah banget, panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan lobak putih ke dalam air mendidih selama 1 menit saja. Metode ini ampuh menghilangkan rasa pahit dan bau langu tanpa merusak teksturnya.

Sekarang, kamu bisa menikmati lobak putih yang lezat dan segar tanpa gangguan rasa pahit yang mengganggu! Yuk, cobain trik ini dan selamat menikmati!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini