Sukses

Mengenal Marinated Makeup, Tren Kecantikan Ala TikTok untuk Hasil yang Flawless

Marinated makeup telah berhasil membuat penasaran para beauty enthusiast karena populer melalui aplikasi TikTok. Jadi, apa sebenarnya marinated makeup itu?

Liputan6.com, Jakarta Dunia kecantikan yang saat ini sedang berkembang dengan sangat pesat seakan tidak lelah menghasilkan tren baru. Jika biasanya kita mengenal metode marinasi dalam memasak, namun istilah tersebut justru digunakan dalam dunia makeup, yaitu fenomena “Marinated Makeup”.

Marinated makeup telah berhasil membuat penasaran para beauty enthusiast karena populer melalui aplikasi TikTok. Jadi, apa sebenarnya marinated makeup itu?

Dalam dunia masakan, kita mengenal marinated atau marinasi sebagai teknik yang membuat bumbu bisa lebih meresap ke dalam makanan. Dengan teknik marinasi, bahan makanan yang telah dilumuri bumbu tidak langsung dimasak, melainkan didiamkan selama beberapa menit.

Tidak jauh berbeda dengan konsep tersebut, teknik marinated makeup menggunakan prinsip yang sama. Tren ini sangat cocok untuk kamu yang menggunakan makeup namun tidak suka apabila terlihat sangat ber-makeup.

Dengan menerapkan teknik ini, maka kamu bisa mendapatkan riasan yang terlihat lebih alami, mulus, dan glowing. Bukan berasal dari highlighter, efek glow ini didapat dari sebum di wajah yang sudah menyatu dengan makeup yang digunakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menerapkan Marinated Makeup

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba marinated makeup, caranya cukup mudah dan tidak memerlukan produk makeup tambahan. Kamu bisa mengaplikasikan makeup seperti biasa, kemudian tunggu selama satu atau dua jam untuk proses ‘marinasi’ itu sendiri. Setelahnya, makeup kamu pun sudah menyatu dan siap dibawa ke luar.

Menurut beberapa orang yang sudah melakukan teknik ini, proses marinasi ini dapat menjadi lebih maksimal apabila makeup dibawa tidur sebentar atau power nap. Power nap atau tidur-tidur ayam adalah tidur dalam waktu singkat yang bertujuan untuk pemulihan kesegaran.

Meskipun cukup mudah untuk dilakukan, teknik ini tidak sesuai untuk mereka yang sedang terburu-buru. Oleh sebab itu, apabila kamu ingin menerapkan teknik ini, pastikan untuk bersiap-siap beberapa jam sebelum keluar rumah.

3 dari 4 halaman

Tips Saat Menerapkan Marinated Makeup

Sebuah akun TikTok Austenite (@austeniche) membagikan satu tips dalam menerapkan marinated makeup bagi kamu yang memiliki kulit kering. Seperti yang kita tahu, produksi minyak pada orang yang memiliki kulit kering jauh lebih sedikit. Hal ini membuat hasil makeup flawless mungkin sulit untuk didapatkan.

Bagi kamu yang memiliki permasalahan serupa, kamu perlu menggunakan satu produk ini agar proses marinasi dapat berlangsung lebih cepat. 

Kamu perlu menggunakan produk two way cake sebagai pengganti setting powder. Dalam produk two way cake terdapat foundation yang bisa mempercepat marinasi. Jangan lupa untuk pilih produk two way cake yang ditujukan untuk oily skin agar dapat lebih menempel.

4 dari 4 halaman

Apakah Tren Ini Layak Dicoba?

Meskipun tampak menarik, fenomena Marinated Makeup memiliki pro dan kontra tersendiri. Bagi sebagian orang, marinated makeup bisa jadi teknik yang efisien untuk membuat hasil makeup tampak lebih menyatu dan flawless di kulit. Namun bagi sebagian yang lain, bisa saja tren ini tidak memberikan dampak yang signifikan dan cenderung membuang-buang waktu saja.

Hal yang perlu diperhatikan, bahwa tidur yang dimaksud dalam metode ini adalah tidur siang yang hanya berlangsung 1 hingga 2 jam saja. Makeup sangat tidak boleh dibawa tidur semalaman karena dapat menimbulkan permasalahan lain pada kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.