Sukses

Hanya 10 Menit, Ini Cara Rebus Sagu Mutiara Matang Sempurna dan Tidak Lengket

Sagu mutiara tidak akan lengket walaupun hanya direbus selama 10 menit. Ini dia caranya.

Liputan6.com, Jakarta Sagu mutiara sering kali dijadikan pelengkap hidangan agar lebih kaya rasa, khususnya pada makanan/minuman manis seperti cendol/dawet.

Dengan tekstur yang lembut dan kenyal membuat sagu mutiara sangat nikmat saat dikunyah. Namun untuk mendapatkan tekstur yang kenyal, sagu mutiara harus direbus dengan teknik yang tepat selama kurang lebih satu jam.

Karena pada dasarnya sagu mutiara yang masih mentah cenderung keras. Jika ada bagian sagu mutiara yang masih keras, maka bisa dipastikan sagu mutiara belum matang sempurna.

Namun tenang saja, karena ada metode alternatif untuk merebus sagu mutiara yang tidak lebih dari sepuluh menit. Metode ini dibagikan oleh pengguna YouTube/Anandea Kei, yang dirangkum pada Rabu (08/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rebus Sagu Mutiara

Pertama-tama, siapkan air untuk direbus pada panci dengan takaran yang cukup untuk merendam sagu mutiara. Jika air sudah mendidih, masukkan sagu mutiara ke dalam panci lalu biarkan direbus dalam keadaan tertutup selama lima menit.

3 dari 11 halaman

Diamkan Selama 30 Menit

Setelah direbus selama tiga menit, matikan kompor. Tanpa perlu membuka tutup panci, biarkan sagu mutiara selama setengah jam. Rebusan air mendidih pada panci akan tetap membantu pematangan sagu mutiara pada tahap ini.

4 dari 11 halaman

Rebus Lagi Selama 5 Menit

Setelah didiamkan selama setengah jam, sagu mutiara sebenarnya sudah mencapai setengah matang. Agar bisa lebih matang secara sempurna, nyalakan kompor untuk merebus lagi selama lima menit.

5 dari 11 halaman

Sagu Mutiara Sudah Matang Sempurna

Jika sudah direbus sekitar tujuh menit, matikan kompor lalu diamkan sejenak paling lama sekitar satu menit saja. Sesudah itu, sagu mutiara sudah matang sempurna dan siap untuk disajikan.

6 dari 11 halaman

Pertanyaan Warganet Mengenai Sagu Mutiara

7 dari 11 halaman

Apakah Sagu Mutiara Perlu Dicuci Sebelum Dimasak?

Biasanya, sebelum dimasak, sagu mutiara sering direndam untuk mempercepat pematangannya. Namun, ironisnya, proses perendaman bisa membuat sagu mutiara menjadi lengket dan mudah hancur ketika dimasak.

8 dari 11 halaman

Kenapa Memasak Sagu Mutiara Hancur?

Meskipun telah dikeluarkan dari panci, sagu mutiara yang masih panas sesungguhnya mampu untuk mengalami proses pematangan. Akibat dari proses ini, sagu mutiara akhirnya matang berlebihan, menyebabkan teksturnya menjadi lembut dan hancur.

9 dari 11 halaman

Berapa Lama Sagu Bertahan?

Jika disimpan dengan cermat, tepung sagu dapat tetap awet hingga enam bulan dalam keadaan bersih serta bebas dari kutu dan serangga.

10 dari 11 halaman

Apakah Sagu Mutiara Bisa Basi

Apabila disimpan dalam waktu yang terlalu lama, sagu mutiara dapat menjadi rapuh mirip tepung, terutama saat terpapar oleh udara yang lembab. Setelah dimasak, lebih baik sagu mutiara segera diolah karena dapat dengan cepat menjadi basi.

11 dari 11 halaman

Sagu Mutiara Disimpan di Mana?

Sagu mutiara dapat langsung dimanfaatkan atau disimpan dalam lemari es. Untuk penyimpanan yang tepat, sebaiknya tambahkan sedikit air matang agar tidak menggumpal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini