Sukses

5 Musuh dalam Animasi Disney Ternyata Bisa Berubah Menjadi Sosok Baik, Siapa Saja?

Film-film Disney sering menyelipkan tokoh jahat atau musuh dalam ceritanya. Namun, di balik itu semua ternyata mereka memiliki kompleksitas moral dan kapasitas untuk berubah.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi jika dalam setiap filmnya, Disney selalu menyelipkan tokoh-tokoh jahat dan menjadi ikonik tersendiri sejak beberapa dekade sebelumnya. Namun rupanya, mereka yang sering kita anggap musuh dan penjahat ternyata tidak seburuk kelihatannya.

Bahkan, ada beberapa musuh dalam animasi Disney yang ternyata sering disalahpahami. Beberapa di antara mereka pun bisa berubah pikiran menjadi karakter yang lebih baik dan bisa berubah seiring berjalannya waktu.

Dilansir dari Screenrant, Selasa (7/5/2024), berikut beberapa musuh yang menumbangkan ekspektasi kita untuk menunjukkan bahwa tidak semua orang seburuk kelihatannya. Ada siapa saja?

1. Te Kā - Moana (2016)

Pencarian Moana untuk mengembalikan jantung Te Fiti membawanya ke Te Kā, iblis vulkanik yang pengaruh gelapnya menghancurkan pulaunya dan mendatangkan malapetaka di lautan.

Awalnya tidak banyak yang diketahui tentang Te Kā, tetapi Moana mengetahui bahwa iblis itu muncul ketika Maui mencuri hati Te Fiti dalam upaya untuk menghadiahkan kekuatan penciptaan kepada manusia. Namun, rencana ini menjadi bumerang secara spektakuler, dan Te Fiti lenyap.

Moana akhirnya mengetahui bahwa Te Kā dan Te Fiti adalah satu dan sama. Di mana Te Fiti bisa berubah menjadi Te Kā ketika Maui mencuri hatinya. Ini berarti bahwa kekacauan yang terjadi di Te Kā bukannya tidak ada artinya.

Sebab, itu adalah perpaduan antara pertahanan diri dan balas dendam yang benar. Segera setelah Moana mengembalikan jantungnya, Te Fiti mendapatkan kembali penampilan normalnya dan menyembuhkan lautan dan pulau-pulau di sekitarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Anton Ego - Ratatouille (2007)

Anton Ego adalah kritikus makanan paling berpengaruh di Paris. Namun, ia juga dipandang sebagai penentu utama santapan lezat di kota tersebut.

Ulasan darinya dapat menentukan keberhasilan atau kehancuran sebuah restoran, dan staf di Gusteau's mengetahui hal tersebut. Reputasinya yang menakutkan tidak serta merta menjadikannya penjahat. Akan tetapi, ia menunjukkan kesediaan untuk menyalahgunakan kekuasaan yang dimilikinya.

Dia memastikan bahwa Linguini tahu bahwa dia akan mendapat ulasan buruk. Hal ini menunjukkan bahwa dia adalah seorang elitis sombong yang ingin menginjakkan kaki di dongeng Linguini untuk mencapai puncak.

Anton Ego akhirnya membuktikan bahwa dia bukanlah penjahat. Setelah mencicipi ratatouille yang disiapkan oleh Remy, dia dibawa kembali ke masa kecilnya, dan dia menemukan kembali kecintaan terhadap makanan yang pertama kali menginspirasinya untuk mengejar karier sebagai kritikus.

Ini adalah pengalaman yang merendahkan hati bagi Ego, yang tetap memberikan pujiannya kepada sang koki. Dia akhirnya menyadari gagasan Gusteau bahwa siapa pun bisa memasak.

3 dari 5 halaman

3. Emmitt Otterton - Zootopia (2016)

Judy Hopps dan Nick Wilde hanya bekerja sama terlebih dahulu sehingga mereka dapat melacak Emmitt Otterton. Istrinya pergi ke kantor polisi untuk melaporkan kepergiannya. Namun, dia segera berubah dari calon korban menjadi calon penjahat.

Semua petunjuk menunjukkan Emmitt terlibat dalam bisnis gelap, saat ia dilacak ke limusin Mr. Big, bos kriminal paling terkenal di Zootopia. Kenyataannya bahkan lebih meresahkan. Alasannya karena Emmitt menyerang pengemudi itu dengan sangat marah.

Emmitt bukan satu-satunya karnivora yang berubah menjadi buas, tapi pada akhirnya dia bukanlah penjahat. Sebenarnya Emmitt dan predator buas lainnya menjadi korban "Night Howlers", obat psikotropika yang menyebabkan agresi ekstrem.

Penjahat sebenarnya jauh lebih mengejutkan. Emmitt akhirnya kembali ke dirinya yang berwatak lembut, dan kecil kemungkinannya dia akan muncul di sekuel Zootopia, yang akan hadir pada akhir tahun 2025.

4 dari 5 halaman

4. Namaari - Raya and the Last Dragon (2021)

Raya adalah putri dari Heart Tribe, dan hal ini otomatis membuatnya waspada terhadap Namaari dari suku Fang. Hubungan mereka mewakili ketidakpercayaan yang ada di seluruh Kumandra.

Meskipun mereka terlihat seperti bisa berteman saat pertama kali bertemu saat masih anak-anak. Namaari lebih mementingkan perluasan pengaruh suku Fang daripada mengalahkan Druun, tapi hal ini segera berubah.

Raya dan Namaari menyadari bahwa konflik mereka menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada yang mereka persiapkan. Setelah Sisu terjebak dalam baku tembak dan Druun mulai menimbulkan kekacauan, mereka setuju untuk mendamaikan perbedaan mereka dan bekerja sama untuk memulihkan Dargon Gem.

Raya cukup memercayai Namaari untuk memberinya permata terakhir. Meskipun dia tahu dia akan dikutuk, yang menggarisbawahi bagaimana karakter Namaari benar-benar mengubah cara berpikirnya.

5 dari 5 halaman

5. The Beast - Beauty and the Beast (1996)

Beauty and the Beast adalah salah satu kisah animasi Disney yang hebat. Banyak film klasik Disney yang memiliki pahlawan dan penjahat yang jelas.

Akan tetapi, Beauty and the Beast lebih kompleks secara moral, sehingga menunjukkan bahwa kejahatan lebih merupakan produk dari lingkungan individu daripada karakteristik yang melekat. Seperti The Beast dikutuk dengan penampakan monster raksasa, jadi dia mundur ke dalam isolasi di mana dia aman dari penilaian masyarakat.

Latar belakang tragis Beauty and the Beast mengungkapkan bahwa Beast sebenarnya tidak seburuk yang pertama kali muncul. Meskipun dia menculik ayah Belle, Maurice, dan dia menukarnya dengan Belle, Beast hanya melakukan itu untuk melindungi kehidupannya.

Dia tidak ingin memberi preseden bahwa orang bisa terlalu dekat dengan istananya, tapi ini adalah reaksi yang menakutkan, bukan reaksi yang benar-benar jahat. Akhirnya, hubungan Beast dengan Belle mengembalikannya ke bentuk aslinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.