Sukses

Kenali Manfaat Luar Biasa Ginger Shot yang Diminum Saat Perut Kosong

Minum ginger shot saat perut kosong ternyata dapat mengatasi masalah pencernaan. Simak manfaat yang bisa didapatkan yang diinfokan dari para ahli.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, menjalani kehidupan sedentari atau sedentary lifestyle sudah menjadi hal yang lumrah dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan modern. Padahal, tidak bisa dipungkiri kalau ada banyak dampak buruk yang menghantui jika dibiarkan terus-menerus.

Salah satunya meningkatnya tren penyakit kronis yang dialami oleh orang-orang, terutama yang berusia muda.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, sangat penting untuk meninjau kembali rutinitas harian kita. Termasuk dengan mengikuti tips diet dan kebugaran yang bermanfaat dalam membantu mengurangi efek samping dari gaya hidup yang tidak aktif.

Salah satunya dengan mengonsumsi tanaman herbal yang mengadopsi dari pengobatan kuno. Seperti misalnya mengonsumsi ginger shot. Ya, jahe yang biasa dimanfaatkan sebagai pelengkap masakan, ternyata memiliki manfaat kesehatan yang bisa didapatkan.

Di mana dapat membantu mengatasi mual, sakit perut, serta masalah pencernaan lainnya. Jahe juga dapat ditambahkan ke dalam berbagai makanan untuk mengontrol kadar gula darah, mendukung kesehatan jantung, serta meningkatkan kekebalan tubuh. 

Nah, untuk mendapatkan manfaat itu, Anda bisa mencoba mengonsumsinya saat perut kosong. 

Sebagaimana dilansir dari Hindustan Times, Selasa (7/5/2024), untuk membuat ginger shot, Anda bisa menggunakan ekstrak jus jahe mentah dan campur dengan jus lemon. Anda bisa menambahkan lada hitam atau madu untuk menambah rasa.

Pastikan untuk mengonsumsi 1 ginger shot sekaligus untuk mencegah efek samping seperti mulas, keasaman, diare, bersendawa, dan masalah perut lainnya.

Jus jahe mentah kaya akan antioksidan dan sifat anti-inflamasi, yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Ini juga mengandung seng, fosfor, zat besi, Vitamin C, Vitamin B3 dan B6, serat makanan, protein, dan lain-lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Ginger Shot yang Diminum Saat Perut Kosong

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari ginger shot oleh Ahli Diet, Ambica Dandona, Pendiri Formula Fitness, antara lain:

1. Meningkatkan energi

Apakah Anda merasa lelah dan mengantuk di pagi hari, bahkan setelah tidur sepanjang malam? Anda memerlukan ginger shot untuk memulai hari Anda untuk mendapatkan dosis energi tambahan.

Hal ini juga dapat membantu sirkulasi darah dan mendetoksifikasi tubuh Anda dari semua racun jahat yang masuk ke dalam tubuh. Setelah rajin mengonsumsinya, Anda merasa segar dan terisi kembali.

Selain itu, ginger shot juga dapat mengganti secangkir kopi Anda dengan minuman jahe tanpa khawatir dan tentunya menjadi alternatif yang lebih sehat.

3 dari 4 halaman

2. Membantu mengatasi mual

Ginger shot membantu mengatasi mual dan muntah. Gingerol yang ada dalam jahe mentah sangat bagus untuk mengurangi gangguan pencernaan atau masalah perut lainnya.

Oleh karena itu, ginger shot secara efektif bekerja untuk menenangkan perasaan mual. Ibu hamil seringkali meminum ginger shot untuk meredakan mual.

3. Mengontrol kadar gula darah

Selain itu, ginger shot efektif untuk pasien diabetes karena dapat mengatur kadar gula darah. Karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi, jahe menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Selain itu, diabetes juga seringkali menyebabkan penurunan kondisi jantung Anda. Ginger shot juga berguna dalam situasi ini karena dapat mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

4 dari 4 halaman

4. Meredakan gangguan pencernaan

Jahe membantu memindahkan makanan ke dalam tubuh Anda secara efektif. Kondisi ini dapat mengobati sakit perut dan kembung.

Orang dengan masalah lambung juga dapat mengonsumsi ginger shot untuk sistem pencernaan yang lebih baik. Enzim dalam jahe membantu pencernaan makanan dengan baik, sehingga meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda.

5. Meredakan nyeri otot dan nyeri haid

Jahe mengandung paradol, gingerol, dan shogaol yang bersifat anti inflamasi. Peradangan dapat menyebabkan nyeri otot, nyeri sendi, dan pembengkakan; ginger shot dapat membantu meredakan rasa sakit ini.

Selain itu, ini juga sangat efektif dalam mengatasi kram menstruasi. Bertindak sebagai stimulator darah dan meredakan mual, sakit kepala, dan sakit perut saat menstruasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.