Sukses

Salesforce Perkenalkan Inovasi Terbaru Teknologi AI di Innovation Day Jakarta, Ada Einstein Copilot

Salesforce memperkenalkan inovasi-inovasi terbaru mereka terkait teknologi AI di Innovation Day Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Pada Innovation Day di Jakarta, Rabu (17/4/2024), Salesforce memperkenalkan inovasi-inovasi terbaru mereka terkait teknologi AI yang tengah booming, yakni Einstein Copilot, Einstein 1 Studio, dan Data Cloud Spring '24. Menurut Senior Vice President dan General Manager Salesforce ASEAN Sujith Abraham, seiring dengan bisnis di Indonesia yang menavigasi pasar yang semakin kompleks dan dinamis, AI yang terpercaya akan menjadi pembeda yang dibutuhkan bisnis untuk tumbuh dan sukses dan lebih memahami pelanggan mereka.

"Inovasi terbaru kami memungkinkan pelanggan kami menyatukan data CRM mereka dengan data pelanggan yang ada di sistem perusahaan dan sistem lama, pusa, dan penyimpanan data, tanpa harus memindahkan atau menyalin data tersebut," ungkapnya.

Menurut dia, teknologi terbaru tersebut akan mendorong AI yang lebih baik dalam proses kerja yang lebih natural sehingga akan menghasilkan interaksi yang lebih mendalam dengan pelanggan.

"Hal ini membuat proses selanjutnya menjadi lebih efektif untuk menciptakan manfaat bagi pelanggan yang sama dan dengan cara yang tepercaya," tambahnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data survei Salesforce pada tahun 2023, sebanyak 86% pemimpin TI di Indonesia mengharapkan AI generatif segera memainkan peran besar dalam organisasi mereka. Bahkan dengan kemajuan dalam bidang AI, PDB Indonesia diperkirakan akan mendapat manfaat hingga 366 miliar dolar AS darinya.

Karenanya, AI menjadi sangat penting bagi dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas, memperdalam hubungan dengan pelanggan, dan mendorong keuntungan yang lebih tinggi.

"Kami ingin membantu setiap perusahaan menjadi perusahaan pelanggan. Kami ingin membantu memanfaatkan teknologi luar biasa ini yang benar-benar mempunyai manfaat yang baik, kami ingin membantu perusahaan di Indonesia dan di mana pun menerapkannya secara etis, aman, dan dapat dipercaya," ujar Vice President dan Chief Technology Officer for Solutions Salesforce ASEAN Gavin Barfield terkait teknologi-teknologi yang mereka perkenalkan di Innovation Day tersebut.

Pada Innovation Day Jakarta, Salesforce memperkenalkan inovasi-inovasi AI baru mereka termasuk Einstein Copilot, Einstein 1 Studio, dan merilis Data Cloud Spring '24.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Einstein Copilot

Salesforce memperkenalkan ketersediaan beta publik dari Einstein Copilot, asisten AI baru yang dapat personalisasikan, berbasis percakapan, dan generatif untuk CRM. Einstein Copilot telah terintegrasi di seluruh aplikasi Salesforce untuk memberikan pengalaman pengguna yang konsisten yang dapat menjawab pertanyaan, menghasilkan konten, dan secara dinamis mengotomatiskan tindakan apa pun untuk memberikan produktivitas yang lebih baik, hubungan pelanggan yang lebih mendalam, dan keuntungan yang lebih tinggi.

Tidak seperti asisten atau kopilot AI lainnya yang kurang memiliki data perusahaan yang memadai untuk menghasilkan respons yang berguna, Einstein Copilot memungkinkan pengguna Salesforce menghasilkan respons dengan menggunakan data pribadi dan tepercaya milik mereka sendiri, sambil tetap menjalankan tata kelola data yang ketat dan tanpa memerlukan pelatihan model AI yang mahal.

Anda dapat mengakses Einstein Copilot dengan melakukan upgrade ke Einstein 1 Editions yang mencakup Data Cloud, AI, dan CRM dalam satu penawaran.

 

3 dari 4 halaman

Einstein 1 Studio

Einstein 1 Studio dilengkapi Copilot Builder untuk membuat sejumlah tindakan AI khusus guna menyelesaikan berbagai tugas bisnis tertentu, Prompt Builder untuk membangun dan mengaktifkan perintah khusus dalam alur kerja, dan Model Builder, di mana pengguna dapat membuat atau mengimpor berbagai model AI.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk memberikan pengalaman AI tepercaya di seluruh Platform Einstein 1 milik Salesforce yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan mereka. 47% tim TI di Indonesia mengalami kesulitan dalam memenuhi tuntutan transformasi. Untuk meningkatkan kapasitas, 74% tim TI di Indonesia telah mengadopsi teknologi low-code atau tanpa kode.

Pelanggan dapat mengakses Einstein 1 Studio dengan membeli Einstein 1 Editions atau dengan menambahkannya ke Enterprise atau Unlimited Editions.

 

4 dari 4 halaman

Rilis Data Cloud Spring '24

Salesforce juga mengumumkan Rilis Data Cloud Spring ‘24, yang mencakup fitur-fitur inovatif terbaru untuk menjadikan data di Data Cloud menjadi lebih mudah digunakan di seluruh aplikasi CRM dan layanan platform Salesforce.

Fitur seperti Data Cloud Related Lists memungkinkan perusahaan untuk segera menambah prospek dan kontak pelanggan, serta catatan akun mereka dengan data interaksi secara real-time, sementara Data Cloud Copy Fields memungkinkan perusahaan untuk mengekspos wawasan yang dihasilkan di Data Cloud dalam CRM inti, sehingga tidak memerlukan integrasi data yang rumit.

Data Spaces memungkinkan pelanggan untuk secara logis memisahkan data, metadata, dan proses untuk kebutuhan departemen, peraturan, dan kepatuhan. Model Builder memungkinkan perusahaan untuk membangun model AI prediktif mereka sendiri yang dilatih pada data Data Cloud atau memilih dari LLM yang dikelola oleh Salesforce atau membawa model mereka sendiri untuk AI generatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.