Sukses

3 Tips Mengurus Rumah Saat Ditinggal ART Mudik

Dampak paling terasa dari tidak adanya ART saat lebaran adalah meningkatnya beban kerja secara signifikan.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran Idul Fitri identik dengan tradisi mudik, dimana si “mbak” atau asisten rumah tangga (ART) yang biasa membantu di rumah kembali ke kampung halaman.

Dampak paling terasa dari tidak adanya ART saat lebaran adalah meningkatnya beban kerja secara signifikan. Harapan untuk menjaga rumah tetap bersih, menyiapkan makanan dalam jumlah besar, dan menjamu tamu bisa jadi sangat membebani.

Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi keluarga yang terbiasa menerima bantuan ART, karena mereka kini harus menyeimbangkan tugas-tugas ini dengan tanggung jawab rutin mereka.

Oleh karena itu, ketahui tips untuk menghadapi lebaran Idul Fitri tanpa ART di rumah: 

 

1. Meal prep simple untuk seminggu  

Meal prep--sering disebut sebagai meal reparation, melibatkan proses menyiapkan bahan mentah untuk berbagai makanan sekaligus. Teknik ini tidak hanya mengurangi waktu yang dihabiskan untuk memasak tetapi juga merupakan cara yang efisien untuk mengatur pengeluaran rumah tangga terkait makanan.

Menyiapkan makanan adalah strategi ampuh untuk menjalani hari-hari terakhir di bulan Ramadan tanpa repot.

Kumpulkan resep sederhana secara online atau resep yang menggunakan bumbu siap pakai untuk kenyamanan. Terkadang, menyiapkan pilihan makanan siap saji untuk anak Anda bisa menjadi pilihan yang baik, seperti membuat pasta untuk makan malam.

Para ibu juga bisa mengeksplorasi resep simple dan mudah untuk dapat  disiapkan saat sahur atau pun berbuka. Sebagai #TemanRamadan yang siap memenuhi kebutuhan pelanggan, Astro memenuhi kebutuhan makanan segar, bumbu-bumbu dan makanan siap saji yang dikirimkan dalam hitungan menit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Membagi tugas pekerjaan rumah dengan anggota keluarga

Membagi pekerjaan rumah tangga antara ibu, ayah, dan anak dapat meringankan beban kerja secara signifikan. Melibatkan seluruh anggota rumah dalam berbagai to-do-list pastinya dapat mempermudah dan meringankan beban kerja.

Anak-anak bisa membantu merapikan kamarnya, ayah bisa membersihkan ruang keluarga dan ibu memasak. Setiap anggota keluarga dapat fokus pada tugas tertentu dan melakukannya dengan lebih efisien. Pekerjaan rumah tangga dapat diselesaikan lebih cepat dan lebih baik.

Pembagian tugas membantu mengajarkan nilai tanggung jawab kepada semua anggota keluarga. Setiap orang belajar untuk bertanggung jawab atas tugas mereka sendiri. Ini mengembangkan sikap bertanggung jawab yang penting dalam kehidupan sehari-hari. 

3 dari 3 halaman

3. Maksimalkan momen quality time di rumah bersama keluarga

Kepulangan asisten rumah tangga justru menjadi momen quality time untuk keluarga di rumah. Jadikan hari libur lebaran menjadi hari untuk mempererat kebersamaan bersama si kecil. Nikmati momen hangat di rumah dengan menonton film bersama, bermain gim, atau masak bersama.

Bila tidak sempat memasak, Astro Kitchen dari aplikasi Astro hadir 24 Jam selama bulan Ramadan untuk menyediakan beragam pilihan menu yang memanjakan lidahmu.

Tersedia juga paket masak terbaru dari Astro Goods dengan berbagai pilihan makanan enak yang siap dihangatkan dan disajikan. Dengan menu-menu pilihan yang sangat variatif, lezat, dan sehat yang dijamin bisa menggugah selera seluruh anggota keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.