Sukses

Seorang Ibu Alami Serangan Jantung dan Stroke Lantaran Emosi saat Ajari Anak Matematika

Menemani anak-anak belajar khususnya mata pelajaran sukar seperti matematika memang membutuhkan kesabaran ekstra. Terlebih bagi seorang ibu, emosi yang berlebih akibat menemani anak belajar matematika dapat memicu hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti halnya yang terjadi pada seorang ibu di Tiongkok. Yuk, simak fakta lengkap seorang ibu terkena serangan jantung dan stroke saat menemani putranya belajar!

Liputan6.com, Jakarta Seorang ibu di Tiongkok dilaporkan mengalami serangan jantung dan stroke karena stres yang dideritanya, yang diduga disebabkan oleh tekanan emosional yang berlebihan saat membantu putranya dengan pekerjaan rumah, terutama dalam mata pelajaran matematika. Kejadian semacam ini tampaknya bukanlah kasus yang terisolasi, melainkan telah terjadi beberapa kali di Tiongkok dengan penyebab yang serupa.

Berikut ini fakta lengkap tentang kejadian seorang Ibu di Tiongkok yang mengalami serangan jantung dan stroke saat ajari anaknya matematika, dilansir dari odditycentral.com (05/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Kronologi Seorang Ibu Alami Serangan Jantung dan Stroke Saat Membantu Putranya Belajar Matematika

Pada suatu malam di bulan Januari, Dong, seorang ibu berusia 40 tahun dengan dua orang anak dari Hangzhou, tengah membantu salah satu putranya menyelesaikan tugas matematika. Namun, ketika putranya kesulitan memahami masalah dalam tugas tersebut, Dong mulai kehilangan ketenangan dan emosinya mencapai puncak. Akibatnya, ia merasakan sakit kepala yang hebat dan muntah-muntah. Meskipun mencoba beristirahat beberapa jam, kondisinya tidak kunjung membaik, hingga akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke rumah sakit. Setelah melalui pemeriksaan menyeluruh dan CT scan, hasilnya menunjukkan bahwa Dong mengalami pendarahan subarachnoid spontan, yang kemungkinan disebabkan oleh stres jangka panjang dan terus-menerus.

3 dari 9 halaman

Skenario Serupa yang Terjadi di Tiongkok

Pada tahun 2019, beredar berita mengenai seorang ibu berusia 36 tahun yang mengalami serangan jantung karena merasa sangat emosional ketika melihat anaknya kesulitan menyelesaikan soal matematika. Fenomena semacam ini sebelumnya jarang terjadi atau bahkan hampir tidak pernah ada. Namun, pada tahun berikutnya, kejadian serupa kembali terjadi. Seorang pria Tiongkok yang berusia 45 tahun dilaporkan mengalami serangan jantung setelah marah kepada putranya yang sedang mengerjakan tugas rumah. Sejak itu, kejadian orang tua mengalami stroke atau serangan jantung saat membantu anak-anak mereka dengan tugas rumah menjadi semakin umum.

4 dari 9 halaman

Pendapat Pakar Kesehatan

Menurut para ahli kesehatan, perempuan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami masalah kesehatan seperti ini. Hal ini disebabkan oleh tekanan yang terus menerus dari pekerjaan, tanggung jawab rumah tangga, dan bahkan tekanan dari teman sebaya. Selain itu, tugas-tugas rumah tangga yang berhubungan dengan anak-anak juga menjadi salah satu faktor tambahan yang menyebabkan tingkat stres mereka semakin meningkat.

5 dari 9 halaman

Apakah Stroke Sama dengan Serangan Jantung?

Mirip dengan serangan jantung, stroke bisa terjadi akibat adanya masalah dalam suplai darah. Tapi, berbeda dengan serangan jantung, stroke disebabkan oleh terhambatnya aliran darah menuju otak. Gangguan pasokan darah ini biasanya disebabkan oleh sumbatan atau kerusakan pembuluh darah di otak.

 

6 dari 9 halaman

Apa Hubungan Jantung dengan Stroke?

Tekanan darah dan ritme jantung sangat berpengaruh terhadap kejadian stroke. Tiga dari empat orang yang mengalami stroke pertama kali, memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Sedangkan ritme atrium jantung yang tidak teratur, yang biasa disebut atrial fibrilasi (AF), terjadi pada 1 dari 5 kejadian stroke.

7 dari 9 halaman

Jelaskan Apa Perbedaan Antara Penyakit Stroke dan Jantung?

Perbedaannya adalah stroke disebabkan oleh penyumbatan aliran darah ke otak, sedangkan serangan jantung disebabkan oleh penyumbatan pada jantung.

8 dari 9 halaman

Kenapa Bisa Serangan Stroke?

Penyakit stroke terjadi ketika suplai darah ke bagian otak berkurang karena penyumbatan atau ketika pembuluh darah di otak pecah. Serangan stroke dapat terjadi secara tiba-tiba dan harus ditangani segera karena dapat menjadi kondisi yang membahayakan.

 

9 dari 9 halaman

Serangan Jantung Ringan Itu Seperti Apa?

Serangan jantung ringan adalah kondisi ketika pembuluh darah arteri koroner menyempit sehingga aliran darah ke otot jantung berkurang. Kondisi ini tidak menyebabkan kerusakan otot jantung yang separah serangan jantung umumnya. Namun, penanganan sedini mungkin tetap harus segera diberikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini