Sukses

7 Kalimat yang Tak Boleh Diucapkan Tentang Penampilan Seseorang, Bisa Menyinggung

Walaupun Anda mungkin tidak bermaksud menyinggung, tapi sebaiknya tidak mengucapkan beberapa kalimat di bawah ini saat membicarakan penampilan orang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang kita ketahui bahwa terkadang kata-kata bisa menyakitkan. Terlebih saat mengomentari penampilan seseorang, tanpa sadar kita mudah "terpeleset" hingga mengatakan sesuatu yang tidak sensitif. Padahal bisa jadi hal tersebut menjadi niat yang baik dan tidak bermaksud tertentu.

Apalagi menjelang dan beberapa hari setelah lebaran, Anda mungkin akan bertemu banyak orang dengan perawakan yang berbeda-beda. Terutama ketika Anda jarang bertemu dengan mereka dan melihat banyak sekali perubahan yang terjadi dari penampilannya.

Untuk itu, ada baiknya sebelum Anda berbicara, pertimbangkan kata-kata Anda supaya tidak menyinggung orang lain. Maka, cobalah untuk menghentikan komentar tentang tubuh, wajah, dan selera mode seseorang, terlebih ketika ingin membuka obrolan baru.

Dilansir dari Bolde, Senin (8/4/2024), berikut kalimat-kalimat yang tidak boleh Anda lontarkan kepada seseorang tentang penampilannya.

1. Berat Badanmu Terlihat Bertambah

Kalimat yang satu ini pasti sering Anda dengar atau bahkan Anda ucapkan kepada orang lain. Entah kenaikan berat badannya terlihat jelas atau tidak, mengomentari tubuh seseorang adalah hal yang sangat tidak sopan.

Sebab, Anda tidak pernah tahu apakah seseorang sedang menghadapi kondisi medis, stres, atau perubahan metabolisme. Bagi sebagian orang, berat badan adalah masalah sensitif, dan komentar ini bisa menyakitkan dan tidak perlu.

Selain itu, kemungkinan besar mereka sangat menyadari adanya perubahan pada tubuh dan mungkin tidak perlu Anda tunjukkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kamu Lebih Cantik Kalau Kurusan

Kalimat yang satu ini sungguh menyakitkan pada berbagai tingkatan. Di mana Anda mengaitkan kecantikan dengan bentuk tubuh dan langsung mengkritik tubuh seseorang.

Jangan memberikan sugesti yang tidak diminta tentang penampilan seseorang. Alasannya karena setiap orang memiliki perjalanan citra tubuhnya masing-masing, dan melontarkan komentar seperti ini dapat merusak secara emosional.

3. Berat Badanmu Turun Banyak

Apa yang terdengar seperti pujian bisa jadi menyinggung perasaan orang lain! Hal ini mungkin menunjukkan bahwa orang tersebut sebelumnya terlihat tidak sehat, atau mungkin Anda secara halus mengisyaratkan bahwa dia perlu menurunkan berat badan.

Walaupun maksud Anda baik, sebaiknya hindari mengomentari penurunan berat badan seseorang. Jika Anda harus mengatakan sesuatu, cobalah observasi yang lebih umum seperti, “Kamu terlihat sangat sehat!”

Jika mereka menyebutkan bahwa mereka telah bekerja keras untuk kebugaran atau mengubah kebiasaan makan, Anda tentu bisa memberikan pujian. Namun, sebaiknya hindari komentar yang tidak diminta.

3 dari 4 halaman

4. Mukamu Kok Jerawatan Lagi

Mengomentari tentang jerawat seseorang adalah tindakan yang kejam. Mereka mungkin sadar akan masalah kulitnya dan mungkin merasa sangat minder karenanya.

Daripada menonjolkan kekurangannya, cobalah mengubah topik pembicaraan dan fokus pada hal lain. Ingat, tindakan kebaikan yang sederhana bisa bermanfaat ketika seseorang merasa tidak aman terhadap sesuatu.

5. Kamu Kelihatan Capek

Kalimat ini biasanya diterjemahkan menjadi “kamu terlihat jelek.” Padahal bisa jadi orang tersebut sedang berurusan dengan sulit tidur di malam hari. Jadi, komentar ini tidak menambahkan hal positif ke dalam percakapan tersebut.

Jika Anda benar-benar khawatir, coba tanyakan, “Apakah semuanya baik-baik saja?” atau “Kamu tampak sedikit sedih, apakah kamu ingin membicarakan sesuatu?”

4 dari 4 halaman

6. Kamu Ternyata Tinggi/Pendek

Tidak hanya wajah atau bentuk tubuh, mengomentari tinggi badan seseorang entah dia terlihat tinggi atau pendek sebenarnya bisa menyinggungnya. Meskipun faktanya memang demikian, tapi hal tersebut tidak ada gunanya dan justru menyoroti sesuatu yang tidak dapat diubah oleh orang tersebut.

Maka dari itu, cobalah untuk membuka topik obrolan lainnya. Apalagi kita semua tentu memiliki bentuk tubuh dan tinggi yang berbeda-beda. 

7. Untuk Usiamu, Kamu Terlihat Luar Biasa

Sebenarnya tidak apa-apa untuk memberikan pujian yang tulus kepada seseorang. Namun sayangnya, kualifikasi “sesuai usia Anda” melemahkan pujian tersebut.

Padahal penuaan adalah hal yang wajar, dan kita tidak perlu terkejut ketika seseorang terlihat cantik seiring bertambahnya usia! Anda dapat mencoba sesuatu seperti, “Kamu terlihat luar biasa!” dan berhenti di situ.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.